PENGARUH PELAKSANAAN ORIENTASI STUDI DAN PENGENALAN KAMPUS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA

Authors

  • Adelva Nakya Restri Program Studi Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jody Fathir Muhammad Program Studi Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Abrar Asaady Program Studi Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurul Fitriani Program Studi Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Aini Putri Program Studi Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.20305

Keywords:

Students, OSPEK, Character Building.

Abstract

Abstrak: Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau disingkat OSPEK merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Himpunan Mahasiswa di bawah pengawasan pembantu rektor dengan tujuan memberi pengetahuan mengenai kehidupan di kampus terhadap mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak pelaksanaan OSPEK pada pembentukan karakter mahasiswa kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang menggunakan data melalui angket dalam bentuk Google Form. Analisis data menggunakan metode statistik inferensial, yakni mengumpulkan data untuk menghasilkan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan OSPEK berdampak signifikan pada pengembangan manajemen waktu, kepedulian terhadap lingkungan, tanggung jawab terhadap tugas, dan keterampilan kerja dalam tim. Berdasarkan hasil penelitian, Universitas harus menjadi tempat pembentukan karakter serta OSPEK harus mencakup kegiatan membangun karakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan OSPEK dapat menjadikan cara yang efektif untuk mempromosikan pengembangan karakter di antara mahasiswa.

Abstract: Study Orientation and Campus Introduction, or abbreviated OSPEK is an activity carried out by the Student Executive Body or the Student Association under the supervision of the assistant rector with the aim of giving knowledge about life on campus to new students. This study aims to understand the impact of the implementation of OSPEK on the formation of the character of a chemist student. The research method used is a quantitative method that uses data from a Google Form. Data analysis uses inferential statistical methods, i.e., gathering data to produce conclusions. The subjects in this study are students of chemistry and chemical education. The results of this study were that the implementation of OSPEK had a significant impact on the development of time management, care for the environment, responsibility for tasks, and teamwork skills. Based on the results of the research, the university should be a place of character formation, and OSPEK should cover character-building activities. The conclusion of this study is that the implementation of OSPEK can be an effective way to promote character development among students.

 

References

Ardila, R. M., Nurhasanah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 79–85.

Fadli, M. R., & Osmawati, Y. (2022). Budaya Senioritas sebagai Penyebab Kekerasan Pelajar (Studi Kasus SMA X Jakarta Selatan). 4, 130–149.

Fatimah, F. N., Larasati, S. A., Sari, S. A., & Nasution, F. (2023). Peranan Psikologi dalam Pengembangan Sikap Positif Belajar Peserta Didik. 6(2), 88–92. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar

Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133

Haniyfa, R. S., Rizki, M. N., & Maulana, M. R. (2019). Analisis Pragmatis Urgensi OSPEK: Drama Sosial yang Wajib Dilestarikan. Jurnal KSM Eka Prasetya UI, 1(2), 1–8.

Irfan, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pendidikan Karakter terhadap Etiket Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 18–36. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.56

Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00

Marom, A. (2014). 101226-ID-kebijakan-pemberian-pendidikan-karakter.pdf (pp. 37–44).

Masyudi, A. R., Damayanti, W., & Lushinta, I. P. (2023). Peran Guru dalam Mengurangi Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja melalui Pendidikan Karakter Moral , Spritual , dan Sosial. 6(3), 192–197.

Maulidiah, R. H., Nasution, T. A., Nita, Y. S. S., Sitorus, K. A. N., & Armadhan, S. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Hayya dan Implementasinya Bagi Peserta Didik. Jurnal Pena Edukasi, 9(1), 17. https://doi.org/10.54314/jpe.v9i1.874

Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif / Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1), 1–9. https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1351

Ningrum, A. I. (2018). Bullying dan Kekerasan ( Studi Kualitatif Ospek Fakultas di Universitas Airlangga ). Jurnal Sosiologi Universitas Airlangga, 37.

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. Jipsindo, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954

Paramono, D., Ristiono, H., & Bhakti, C. P. (2019). Model Program Pengenalan Kampus Untuk Mengembangkan Kesiapan Karir Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 308–314. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/3275

Safi’i, I. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Alat Evaluasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 74–83. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21676

Saputri, R. A. (2019). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Basic Education, 8(15), 1424–1433. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15187

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.466

Wita, S., & Ummami, W. (2021). Peran Bahan Ajar Berbasis Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup di Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3755–3764. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1262

Yuniarti, R. (2022). Kesalahan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif Dan Statistika Inferensial. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 8(1), 46. https://doi.org/10.24014/jsms.v8i1.13312

Published

2023-12-18

Issue

Section

Articles