ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUTNICK DALAM MENGERJAKAN SOAL OLIMPIADE OLEH SISWA SMP

Authors

  • Trimahesti Trimahesti Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Kriswandani Kriswandani Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.267

Keywords:

Geometri ruang Krulik-Rudnick Pemecahan masalah Olimpiade

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dalam mengerjakan soal olimpiade SMP bagi siswa kelas IX SMP N 8 Salatiga. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil tes dan wawancara diketahui semua subjek tidak memenuhi kelima tahap Krulik & Rudnick pada soal nomor 1. Pada langkah awal tahap membaca dan berfikir (read and think) subjek  telah melakukan kesalahan dalam memahami soal/masalah. Sedangkan untuk soal nomor 2 hanya 1 subjek yang tidak mampu melewati tahap kelima pada tahap teori Krulik dan Rudnick yaitu refleksi dan pengembangan (reflect and extend).

 

Abstract:  This is a qualitative descriptive research. The purpose of this research is to know the ability of mathematics problem solving in doing Junior High Olympics for students of grade IX SMP N 8 Salatiga. The research subjects consist of 4 students selected by purposive sampling technique. Based on the results of tests and interviews are known that all subjects did not meet the five stages of Krulik & Rudnick in question number 1. In the first step of reading and thinking phase, the subject has made a mistake in understanding the problem. Meanwhile, in question number 2 only 1 subject who is not able to pass the fifth stage at the stage of Krulik and Rudnick theory, that is reflect and extend.

Downloads

Published

2018-04-01

Issue

Section

Articles