PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER FORMAT KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEJUJURAN SISWA

Authors

  • Futihat Futihat SMP N 1 Karangkobar, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2818

Keywords:

Pendidikan karakter, Format kelompok, Kejujuran, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Abstrak: Kejujuran merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa. Sebagian besar siswa di SMP N 1 Karangkobar masih terbiasa mencontek dan bertindak tidak jujur ketika pembelajaran di kelas. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran untuk mengubah kebiasaan tersebut. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pendidikan karakter format kelompok. Penelitian kali ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.  Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata tingkat kejujuran siswa sebesar 63,75 %, dan pada siklus II sebesar 79,37, dan pada siklus III sebsar 100%.  Ini menunjukkan bahwa setiap siswa sudah mulai menanamkan sikap jujur dalam berbagai aspek.

Abstract:  Honesty is an important thing that students should have. Most students at SMP N 1 Karangkobar are still accustomed to sucking and acting dishonestly when learning in class. Therefore, learning innovation is needed to change the habit. One of them is by applying character education group format. This research includes a type of class action research consisting of three cycles. The data collection technique used is observation.  Based on the results of the study in cycle I obtained an average student honesty rate of 63.75 %, and in cycle II of 79.37, and in cycle III as basic as 100%.  This shows that every student has begun to instill an honest attitude in various aspects.

References

Astuti, I. A. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Pada Mata Kuliah Filsafat Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 68. https://doi.org/10.24127/jpf.v4i2.538

Bakri, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Boyolangu. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.208

Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Al Ulum, 14(1), 269–288.

Julia, P., & Ati, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Dan Kejujuran Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(2), 112–122.

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3.

Juwairiah. (2016). Meuen Galah: Permainan Tradisional Aceh Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kesehatan Dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, I, 119–133.

Nuerani, & Muzanni, A. (2018). Pengembangan Subject Spesific Pedagogy Tematik Untuk Meningkatkan Kejujuran Siswa Kelas I SD. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 95–100.

Nur Ainiyah. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. In Jurnal Al-Ulum (Vol. 13).

Paimun, P., & Masruri, M. S. (2014). Pengembangan Subject Spesific Pedagogy Tematik Untuk Meningkatkan Kejujuran Dan Kedisiplinan Siswa Kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 194. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2719

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Sahlan, A. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan Islam). El-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, IX(2), 242410.

Saleh, A. H. (2017). Tinjauan Kritis Pendidikan Karakter Di Indonesia Perspektif Peradaban Islam. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 4(2), 276. https://doi.org/10.19105/islamuna.v4i2.1591

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Sujadi, E., Alam, M., Noviani, Y., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Kerinci, I. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (Bki) Institut Agama Islam Negeri (Iain) Kerinci. 13, 13(01), 12.

Syarifudin, S., & Yudhyarta, D. Y. (2019). Pengembangan Spiritual Leadership dan Pengaruhnya terhadap Lembaga Pendidikan Islam. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.19

Wahyudi, D., & Agustin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 37. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2605

Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Yakub, Y. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 165–174. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1601

Published

2020-08-28

Issue

Section

Articles