KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA

Authors

  • Siti Fatimah SD Negeri 116255 Aek Tobang, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2832

Keywords:

Supervisi Akademik, Peningkatan Mutu, Pembelajaran Guru dan Siswa.

Abstract

Abstrak : Keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran kepala sekolah sebagai peneliti dalam kepemimpinan pembelajaran terhadap para guru. Kepala sekolah pada satuan pendidikan memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan guru dalam pembelajaran yang di dalamnya ada sistem evaluasi pembelajaran. Sesuai dengan perencanaan yang telah disusun diawali dengan sosialisasi kepada seluruh guru SD Negeri 116255 AEK Tobang   tentang penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dalam rangka on training Diklat penguatan kepala sekolah dan pengawas yaitu tindakan supervisi akademik yang akan dilaksanakan dalam 2 siklus kegiatan. Tindakan supervisi akademik siklus 1 dilaksanakan oleh Kepala Sekolah tindakan yang dilakukan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Dalam analisis hasil penulis penilaian supervisi dikelompokkan dalam tiga aspek penilaian yaitu administrasi pembelajaran proses pembelajaran penggunaan LCD proyektor dan penilaian peserta didik terhadap proses pembelajaran melalui angket Bimbingan berkelanjutan  dapat meningkatkan motivasi guru dan siswa dalam menyusun administrasi mengajar dengan lengkap dan perencanaan mengajar melalui supervisi akademik sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih bermutu.  Guru maupun siswa menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun administrasi mengajar apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan administrasi mengajar/ RPP dari peneliti sehingga terjadinya peningkatan, Kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu pembelajaran. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dan siswa dalam prosesbelajar dan mengajar dari siklus ke siklus sehingga terjadinya peningkatan rata-rata dalam perencanaan pembelajaran sebesar 17,91%.

 

Abstract: The success of education in educational units is strongly influenced by the role of the principal as a researcher in learning leadership for teachers. The principal in the education unit has a strategic role in determining the success and failure of teachers in learning in which there is a learning evaluation system. In accordance with the plan that has been prepared, it begins with socialization to all teachers of SD Negeri 116255 Aek Tobang about action research carried out by the principal in the context of on training for strengthening school principals and supervisors, namely academic supervision actions that will be carried out in 2 cycles of activity. Cycle 1 academic supervision action is carried out by the principal. The actions taken include planning the implementation of observation and reflection. In the analysis of the author's results, the supervision assessment is grouped into three aspects of assessment, namely the learning administration of the learning process using LCD projectors and students' assessment of the learning process through continuous guidance questionnaires can increase teacher and student motivation in compiling complete teaching administration and teaching planning through academic supervision so as to produce better quality learning. Teachers and students show seriousness in understanding and arranging teaching administration, especially after receiving teaching administration development guidance / RPP from researchers so that there is an increase, Academic supervision activities can increase the competence of teachers and students in preparing lesson plans which in turn improve the quality of learning. This can be proven from the results of observations which show that there is an increase in the competence of teachers and students in the learning and teaching process from cycle to cycle so that the average increase in learning planning is 17.91%.

Author Biography

Siti Fatimah, SD Negeri 116255 Aek Tobang, Sumatera Utara

SD NEGERI 116255 AEK TOBANG

References

Ab. Halim Tamuri, & Siti Muhibah Haji Nor. (2015). Prinsip Pembelajaran Aktif Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Islam. Julnal Pendidikan Fakulti Pendidikan, 2(3), 28–42. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dalanggo, H. (2019). Strategi Perencanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 381. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.226

Hariadi, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI).

Hernawan, A. H. (2018). Hakikat Strategi Pembelajaran. Strategi Pembelajaran Di SD, 1.1–1.18.

Maemunah, Sri Maryani, Abdul Sakban, Syaharuddin Syaharuddin, Agus Herianto, I. S. (2020). Pendidikan dan Latihan Penguatan Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah di Kota Mataram. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 1–7.

Maswan. (2015). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Tarbawi, 12(2), 579–587.

Nurhadi, A. (2018). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 1. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.832

Nurindarwati, R. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Administrasi Pembelajaran. Jurnal Kajian Keislaman, 8(4), 14–34.

Nursyaidah. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik. Forum Pedagogik, (Edisi Khusus Juli - Desember), 70–79.

Oliver, J. (2013). Hakikat Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Prabowo, S., & Yoga, D. S. (2016). Supervisi Kunjungan Kelas Sebagai Upaya Membina Profesional Guru SLTP/SLTA. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 96. https://doi.org/10.12962/j24433527.v9i1.1281

Rifqi, A. (2016). Peran kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah mandiri. Prosiding Seminar Nasional, 169=179.

Rohmad, H. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Eksistensi SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 167. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3324

Saiful Bahri. (2014). Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Visipena Journal, 5(1), 100–112. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236

Tanendha, A., Trisno, S., & Efendi, A. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Lcd Proyektor Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 2(2). https://doi.org/10.20961/ijcee.v2i2.22770

Vera Mandailina, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berbasis OSM Tingkat SMP/MTs. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 77–82.

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Wati, S. (2019). Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMP. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 1(1).

WIDAYATI, A. (2012). Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v3i1.836

Yunus, G. A., Lestari, W., & Raharjo, T. J. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri bagi Guru SMA. Educational Management, 5(1), 12–22.

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles