PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA MATERI PYTHAGORAS BAGI SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Rendy Wijayanto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sutriyono Sutriyono Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.284

Keywords:

Flashcard Pitagoras Pengembangan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media flashcard  valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga sebanyak 26 siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flashcard  valid dengan nilai validitas materi sebesar 90.00% (sangat baik) dan validitas tampilan sebesar 84.74% (sangat baik) serta praktis dengan nilai kepraktisan sebesar 81.54% (baik). Selain itu, flashcard juga dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0.66 yang termasuk kategori peningkatan sedang dan mendapat respons positif dari siswa sehingga flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran.

Abstract:  This research is aimed to know whether flashcard is valid,practical, and effective to be used in Math learning. The subject of this research is eight grade student of SMP N 3 Salatiga. The kind of the research is ADDIE model development. The result of the research showed that flashcard is valid with the material validity of 90.00% (very good) and the display validity of 84.74% (very good) also practical with the practicity score of  81.54% (good). Besides, flashcard can also improve the learning outcomes with N-Gain score of 0.66 which is included into medium improvement category and gets the positive responds from students so flashcard is effective to be used in the teaching and learning.

Downloads

Published

2018-04-02

Issue

Section

Articles