MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN METODE WORD SQUARE

Authors

  • Bhuana Dewati SMP Negeri 1 Karangkobar

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i1.2850

Keywords:

Word square Vocabulary English English Vocabulary

Abstract

Abstrak: Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa kelas IX SMP. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan tingkat penguasaan kosakata Bahasa Inggris di SMPN 1 Karangkobar masih rendah. Berdasarkan kondisi tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara penggunaan model pembelajaran word square yang dapat meningkatkan pembelajaran penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui model pembelajaran word square. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karangkobar semester 1 sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran word square dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas IX SMP.

Abstract:  Mastery of English Vocabulary is a competency that must be possessed by grade IX Junior High School students. However, the reality in the field shows the level of mastery of English vocabulary in SMP N 1 Karangkobar is still low. Based on these conditions, the purpose of this study is to describe how to use the word square learning model that can improve the learning of mastery of English vocabulary and mastery of English vocabulary through the word square learning model. This research uses Class Action Research techniques. Class action research procedures in the form of planning, implementation, observation, and reflection. The implementation of the action is carried out in three cycles. The research subjects of grade IX students of SMP Negeri 1 Karangkobar semester 1 a total of 28 students. His data collection techniques are observations, interviews, and tests. The results showed the use of word square learning models can improve the mastery of English vocabulary of middle school grade IX students.

References

Arikunto, S. (2002). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Vol. 4).

Astuti, I. A. D., Dewati, M., Okyranida, I. Y., & Sumarni, R. A. (2019). Pengembangan Media Smart Powerpoint berbasis Animasi dalam Pembelajaran Fisika. Navigation Phyisics, 1(1), 1–6.

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Rahmawati, E. Y. (2020). Improving Students’ Problem Solving Ability Through Learning Based Videoscribe. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 61. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i2.1595

Desa, P. E. K., Rosnaningsih, A., & Nurjaman, I. (2018). PERBEDAAN METODE SCRAMBLE DENGAN METODE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI PARTS OF HUMAN BODY. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 3(2), 225–233.

Fawzyah, F. P. (2019). The Comparison Of Cognitive Learning Among Students Of Class VII In Applying Cooperative Learning Word Square And Scramble Using Handout. Jurnal Jeumpa, 6(1), 196–209.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Hidayati, E. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS MELALUI GAMES KATA BERANTAI PADA SISWA. KOLANO: Journal of Multi-Ddisiplinary Sciences, 1(01), 96–103.

Limbong, C., Flora, F., & Ikhtiarti, E. (2019). Efektivitas Word Square untuk Meningkatakan Kosakata Bahasa Prancis Kelas X Perhotelan SMKN 3 Bandarlampung. PRANALA: Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis, 2(1).

Mawar, S., Harida, E. S., & Siregar, F. R. (2017). Improving Students’ Vocabolary Mastery Through Word Square Modeling at Grade VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 3(2), 235–250.

Partoyo, R. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS FUNGSIONAL PENDEK MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN FOUR SQUARE. METAFORA, 1(2).

Qonitah, F., Mulyani, B., & Susilowati, E. (2013). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tgt (Teams Games Tournament) Dengan Permainan Word Square Dan Crossword Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Sma Batik 2 Surakarta T. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(2), 125–131.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Ulfah, A., Bintari, S. H., & Pamelasari, S. D. (2013). Pengembangan LKS IPA Berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected. Unnes Science Education Journal, 2(1), 239–244.

Uno, H., & Mohamad, N. (2010). Belajar dengan pendekatan PAILKEM.

Widiyanti, F., Purwantoyo, E., & Irsadi, A. (2013). EFEKTIVITAS METODE OBSERVASI DENGAN LKS WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 107–115.

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles