UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE

Authors

  • Siti Arfa Halisa Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mahsup Mahsup Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Vera Mandailina Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Abdillah Abdillah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syaharuddin Syaharuddin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Dewi Pramita Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2875

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Lightening The Learning Climate, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan strategi Lightening the Learning Climate. Strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate adalah sistem pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengungkapkan ide dan pendapatnya pada saat proses pembelajaran dengan bimbingan dan pengawasan oleh guru. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian adalah siswa kelas VII SMP yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh informasi pada siklus I terdapat 68% siswa dinyatakan tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 80% siswa dinyatakan tuntas secara individu. Hal ini membuktikan pelaksanaan PTK sudah memenuhi kriteria ketuntasan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Lightening the Learning Climate dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP.

Abstract: The purpose of this research is to learn students learning outcomes through the application of Lightening The Learning Climate Strategy. The Learning Climate Lightening Learning Strategy is a learning system that gives learners the freedom to express their ideas and opinions during the learning process with guidance and supervision by the teacher. This type of research is Class Action Research (CAR) with objects is a class VII junior high school that amounted to 25 people. Based on the results of data analysis obtained information in the first cycle there are 68% students completed, while in the second cycle there are 80% students completed individually. This proves that the implementation of CAR has fulfilled the criteria of submission. It can be concluded that the application of Lightening The Learning Climate strategy can improve the learning outcomes of grade VII junior secondary students.

References

Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Bakhri, S. (2018). Pendidikan Global Dan Globalisasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).

Denia, A., Mandailina, V., & Syaharuddin. (2018). Pengembangan LKS Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Aritmatika. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 214–219.

Kadiyono, A. L., Anjani, S. A., & Deliana, S. (2018). Membangun Teacher Learning Climate Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(2), 153. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i2.5746

Komalasari, A., & Darmasih, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Pada Materi Operasi Aljabar. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 46. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.757

Mandailina, V., & Syaharuddin. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berbasis OSM Tingkat SMP/MTs. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 77–82.

Mappalotteng, A. M. (2011). Global Dan Tantangannya Di Masa Depan. Jurnal Medtek, 3(1), 1–6.

Pramita, D., & Rusmayadi, M. (2018). Pengaruh Strategi Heuristik Pada Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 157. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.722

Syaharuddin, Mandailina, V., & Anwar, Y. S. (2015). Pengembangan Software Matematika SMP/MTS Berbasis Solutif Menggunakan Borland Delphi. Jurnal Beta, 8(2), 183–192.

Untung, U. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Siswa Kelas V SDN 06 Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 193. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4588

Yanti, I. N., Nahwiyah, S., & Mailani, I. (2018). Penerapan Strategi Prediction Guide Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.5856

Published

2019-09-23

Issue

Section

Articles