PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA KARTU SOAL PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SIDOREJO LOR 03 SALATIGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Damasus Fajar Nugroho Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Nyoto Harjono Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.359

Keywords:

Problem Based Learning, Kartu Soal, Proses Pembelajaran, Hasil Belajar, Volume Kubus dan Balok

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian adalah bahwa penerapan model PBL berbantu media kartu soal dapat memperbaiki proses dan hasil belajar matematika. Pada siklus I, persentase ketercapaian aktivitas guru sebesar 81% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92% dan ketercapaian aktivitas siswa pada siklus I sebesar 82,67% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 93,33%. Peningkatan hasil belajar matematika dilihat dari aspek kognitif persentase ketuntasan untuk siklus I mencapai 64,29% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33%.

 

Abstract:  This research is a classroom action research (PTK). The result of this research is that the application of PBL model assisted by media of problem card can improve the process and result of learning mathematics. In cycle I, the percentage of achievement of teacher activity was 81% which then increased in cycle II to 92% and the achievement of student activity in cycle I was 82.67% which then increased in cycle II to 93,33%. Improvement of learning mathematic content is seen from the cognitive aspect of the percentage of completeness for cycle I reaches 64.29% and increases in cycle II to 83.33%.

Downloads

Published

2018-04-05