EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN TGT DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD

Authors

  • Roy Hermawan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Theresia Sri Rahayu Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Wasitohadi Wasitohadi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.362

Keywords:

STAD TGT Keaktifan Belajar Matematika

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran TGT ditinjau dari keaktifan belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Hasil Uji-T menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD. Hal ini dapat dibuktikan dari data yang diperoleh Uji-T menunjukkan t hitung > t tabel yaitu  2,216 > 2,021, maka Ho ditolak dan  Ha diterima. Dengan demikian keaktifan belajar matematika dalam penerapan model pembelajaran TGT lebih efektiv daripada model pembelajaran STAD.

Abstract:T The purpose of this study to determine the difference in effectiveness between STAD learning model with TGT learning model in terms of the activity of learning mathematic grade 4 elementary school. This type of research is a quasi experiment (quasi experiment). The T-Test results show that TGT learning model is more effective than STAD learning model. This can be proven from the data obtained T-test shows t arithmetic> t table is 2.216> 2.021, then Ho is rejected and Ha accepted. Thus the active learning of mathematic in the application of TGT learning model is more effective than STAD learning model.

Downloads

Published

2018-04-06