PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDIF (GUIDED DISCOVERY DENGAN MEDIA INTERAKTIF) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD

Authors

  • Yulius Kristini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Henny Dewi Koeswati Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Sri Giarti Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.376

Keywords:

Guidif, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Abstrak: : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran Guidif untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD. (2) mengetahui seberapa tinggi tingkat validasi produk model pembelajaran Guidif dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas 3. (3) mengetahui efektivitas pembelajaran Guidif dalam meningkatkan hasil belajar IPA SD.  Hasil validasi pakar desain pembelajaran memperoleh persentase 80% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan hasil validasi pakar media diperoleh hasil persentase 90% dengan kategori sangat tinggi. Kemudian hasil pertest dan posttest mengalami kenaikan yaitu dari nilai rata-rata pretest 63,7 menjadi 79 untuk rata-rata posttest. Berdasarkan hasil respon guru diperoleh persentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik dan tingkat keterimaan siswa sebesar 92,96% dengan kategori Baik.

                                                                                               

Abstrak: This study aims to (1) develop Guidif learning model to improve the learning outcomes of SD science. (2) to know how high the validation level of Guidif learning model products in improving the learning outcomes of science class 3. (3) to know the effectiveness of Guidif learning in improving the learning outcomes of SD science. The results of validation of the design of learning designs get the percentage of 80% with very high category, while the results of media expert validation obtained by the percentage of 90% with very high category. Then the results of pertest and posttest increased from the average value of pretest 63.7 to 79 for the average posttest. Based on teacher response result obtained by percentage equal to 87,5% with very good category and student acceptance level equal to 92,96% with Good category.

Downloads

Published

2018-04-09