PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD

Authors

  • Dyah Anggraini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Stefanus Relmasira Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Agustina Tyas Asri Hardini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis Model STAD Ular Tangga

Abstract

Abstrak: : Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS peserta didik kelas 2 SDN Kutowinangun 07 dengan menggunakan model STAD berbantuan media pembelajaran ular tangga. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, yang awalnya pra tindakan 1,49 (kurang kritis), siklus I menjadi 2,22 (cukup kritis) dan siklus II menjadi 2,85 (kritis). Demikian juga dengan hasil belajar peserta didik yang semula pada pembelajaran pra tindakan 4 peserta didik (26,67%) yang tuntas di siklus I terdapat 11 peserta didik (73,33%) yang tuntas dan siklus II ada 14 peserta didik (93,33%) yang tuntas.

Abstract: : This type of research is a classroom action research that aims to improve the ability of critical thinking and learning outcomes of 2nd grade students of SDN Kutowinangun 07 by using STAD model assisted by learning media of snake ladder. The results showed an increase in students' critical thinking skills, initially pre-action 1.49 (less critical), cycle I to 2.22 (critical enough) and cycle II to 2.85 (critical). Similarly, the learning outcomes of learners who initially on the pre-action learning 4 students (26.67%) completed in the first cycle there are 11 students (73.33%) is complete and cycle II there are 14 students (93.33 %) thoroughly.

Downloads

Published

2018-04-10