PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS 5 DAN 6 SD DALAM PENGGUNAAN TIKTOK

Authors

  • Dewi Purwanti UIN Sultan Hasanudin Banten
  • Oman Farhurohman UIN Sultan Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i2.6913

Keywords:

Peran PKn, Karakter, Peserta didik, Tiktok.

Abstract

Abstrak: Pada era globalisasi sekarang ini banyak sekali teknologi yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat yang mana dapat memberikan informasi-informasi secara audio ataupun visual. Kecanggihan aplikasi menjadi salah satu trend dalam masyarakat dunia. Banyak  jenis aplikasi yang menjadi trend masa kini salah satunya aplikasi tiktok yang dimainkan oleh banyak kalangan bukan hanya remaja ataupun dewasa namun banyak anak-anak dibawah umur yang menggemari aplikasi tiktok ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran PKn bagi peserta didik sekolah dasar yang mengikuti trend penggunaan aplikasi tiktok karena dengan adanya aplikasi tersebut akan berdampak bagi karakter peserta didik tentunya menjadi sebuah tantangan bagi pendidikan untuk terus membangun karakter peserta didik di era modern ini.

Abstract: In the current era of globalization, there are many technologies that are increasingly developing rapidly which can provide information audioly or visually. The sophistication of applications becomes one of the trends in the world community. Many types of applications that are a trend today one of them tiktok application that is played by many people not only teenagers or adults but many minors who love this tiktok application. This research aims to find out how the role of PKn for elementary school students who follow the trend of using tiktok applications because with the application will have an impact on the character of learners is certainly a challenge for education to continue to build the character of learners in this modern era.

Author Biography

Dewi Purwanti, UIN Sultan Hasanudin Banten

mahasiswi

References

Damyati & Mudjiyono.(2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta.

Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675-1682.

Nazhifah, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Perilaku Adicted Siswa SLTA Di Kota Pekanbaru. Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 5(1).

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran mendemonstrasikan teks drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120-128.

Agis, D. P. (2021). Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dan Efeknya Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Islam Di Kelurahan Waydadi Baru Kecamatan Sukarame (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG).

Sukartiningsih, W. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sdn Trosobo II.

Downloads

Published

2022-03-08

Issue

Section

Articles