EKSISTENSI NILAI SOSIAL BUDAYA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER MASYARAKAT KAMPUNG TANAH TINGGI

Authors

  • Tika Amanda Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ihsan Ihsan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9128

Keywords:

Nilai Sosial Budaya, Virgin Coconut Oil (VCO), Karakter Masyarakat.

Abstract

Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter masyarakat yang terkandung dibalik adanya pengolahan produksi Virgin Coconut Oil (VCO) di Kampung Tanah Tinggi. Sebelum penulis melakukan kajian ini, telah dilaksanakan pengabdian selama dua (2) tahun melalui Program Holistik Pembinaan & Pemberdayaan Desa dan Program Pengembangan & Pemberdyaan Desa terkait Pengolahan Virgin Coconut Oil (VCO). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui sumber data berupa dokumentasi, kuisioner, dan wawancara telah memperlihatkan bahwa terdapat  perubahan-perubahan yang terjadi selama masa pengabdian tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa eksistensi nilai sosial budaya dalam menumbuhkan karakter masyarakat Kampung Tanah Tinggi, nilai karakter tersebut ialah religius, toleransi, disiplin, kerjakeras, tanggungjawab, peduli lingkungan, dan kreatif. Dari adanya perbedaan Suku, Agama, Ras, dan antar golongan sangat berdampak kepada karakter-karakter yang tumbuh dari hidup bersosial melalui mempertahankan nilai sosial budaya yakni Virgin Coconut Oil (VCO). Hal ini perlu dilestarikan agar tetap eksis sehingga mampu membentuk nilai-nilai karakter pada kehidupan bermasyarakat.

Abstract:  This study aims to determine the community character values contained behind the processing of Virgin Coconut Oil (VCO) production in Tanah Tinggi Village. Before the author conducted this study, two (2) years of service had been carried out through the Holistic Village Development & Empowerment Program and the Village Development & Empowerment Program related to Virgin Coconut Oil (VCO) Processing. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. Through data sources in the form of documentation, questionnaires, and interviews, it has been shown that there were changes that occurred during the service period. The results of this study are the existence of socio-cultural values in growing the character of the Tanah Tinggi village community, the character values are religious, tolerance, discipline, hard work, responsibility, environmental care, and creativity. The existence of differences in ethnicity, religion, race, and inter-group greatly impacts the characters that grow from social life through maintaining socio-cultural values, namely Virgin Coconut Oil (VCO). This needs to be preserved in order to continue to exist so as to be able to form character values in social life.

References

Abdul Gani. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan (Aik) Di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong. Jurnal PAIDA, 1(8.5.2017), 3.

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidkan Islam. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 1–26. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Amanda, T., Rahma, F. A., Annisa, M., Al-hamid, S., Pandu, S., Aryadinantan, Y., Wahab, N. S., Kadek, N., & Ariska, N. (2020). Mengoptimalkan Pemanfaatan Buah Kelapa Menjadi Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Metode Fermentasi Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kampung Tanah Tinggi Kab. Sorong Papua Barat. 3(2).

Chairul Basrun Umanailo, M. (2016). Ilmu sosial budaya dasar Penulis.

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503

Masruroh, M. (2018). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 130. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13461

Najib, Am. (2005). Pendidikan Nilai. ثبثبثب, ث ققثق(ثق ثقثقثق), ثقثقثقثق.

Pendidikan, U., Unimuda, M., & Amanda, T. (n.d.). VIRGIN COCONUT OIL ( VCO ) Tim PHP2D Khafilah Jenderal Soedirman. 1.

Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan bagi Siswa Tunagrahita. 5(1), 59–72.

Rasid, Y. (2013). Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa (Penelitian Studi Kasus Budaya Huyula di Kota Gorontalo). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 65–77.

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

sylvia Oktaviany. (2013). STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN USAHA PEMBUATAN MINYAK KELAPA MURNI (VCO) DI LUWUK, SULAWESI TENGAH. Calyptra, 2(2), 1–12.

Wuri Wuryandani. (2021). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Widya, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Yuniarti, D., & YL Sukestiyarno. (2020). Pembentukan Karakter Kerja Keras dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Berbantuan Modul Etnomatematika dan Pendampingan dengan Teknik Scaffolding. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 279–284.

Downloads

Published

2022-07-13

Issue

Section

Articles