Pengaruh Ukuran perusahaan, Kebijakan deviden, Manajerial ownership dan Institutional ownership terhadap nilai perusahaan

Authors

  • Nana Novita Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nursiam Nursiam Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

NilaioPerusahaan, UkuranoPerusahaan, KebijakanoDeviden, ManajerialoOwnership, InstitutionaloOwnership

Abstract

Penelitian iniomemiliki tujuan untuk menganalisisodan menguji pengaruhoukuran perusahaan, kebijakanodeviden, manajerialoownership, dan institutionaloownership terhadaponilai perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaanomanufaktur sektoroindustri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Pengambilanosampel dalam penelitianoini menggunakan teknik purposiveosampling, dan didapatkanosebanyak 46 sampel yang sesuai denganokriteria. Analisisodata menggunakanoanalisis regresi linier berganda denganotingkat signifikansi alpha 5%. Hasilopenelitian ini menunjukkan bahwa variabelomanajerial ownership memiliki pengaruh yangosignifikan terhadap nilaioperusahaan, sedangkan variabeloukuran perusahaan, kebijakanodeviden, dan institutionaloownership tidak memiliki pengaruh yangosignifikan terhadap nilaioperusahaan.

References

Adriani, I., & Syafruddin, M. (2011). Pengaruh Investment Opportunity Set dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2009). Doctoral Dissertation.

Anita, A., & Arief, Y. (2016). Pengaruh kepemilikan manajerial dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Management Analysis Journal, 5(1).

Damayanti, N. P. W. P., & Suartana, I. W. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 9(3), 575–590.

Firmanda, R., Raharjo, K., & Oemar, A. (2015). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional. Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Cash Position terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Universitas Pandanaran Semarang, 2(4), 1–20.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10(2), 333–348. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649

Pamungkas, H. S., & Puspaningsih, A. (2013). Pamungkas & Puspaningsih,2013. Jaai, 17(2), 156–165.

Perwira, A. A. G. A. N., & Wiksuana, I. G. B. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Pertumbuhan Aset Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 7(7), 3767–3796.

Rai Prastuti, N., & Merta Sudiartha, I. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. None, 5(3), 254202.

Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Modal Intelektual Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4394–4422.

Sukirni, D. (2012). Kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kebijakan deviden dan kebijakan hutang analisis terhadap nilai perusahaan. Accounting Analysis Journal, 1(2).

Downloads

Published

2023-04-15