Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Dasar

Authors

  • MELLY DZULIFAH TURNIP PASCASARJANA PENDIDIKAN DASAR UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Keywords:

Media Sosial Tiktok, Prestasi belajar, Pendidikan Dasar

Abstract

Sering kita dengar kata media sosial. Media sosial adalah salah satu maha karya alat modern yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan untuk kepentingan tertentu. Tik Tok merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang ada di media sosial yang juga paling banyak digunakan, sebut saja oleh siswa. Tik Tok ialah aplikasi berbasis internet yang memuat fitur–fitur unik untuk membuat video dan diiringi segudang musik dari berbagai jenis musik yang ada di dunia yang dapat dipilih sesuai keinginan. Media sosial ini dapat membuat para penggunanya ketagihan, karena suguhan fitur yang ada di dalamnya juga dapat melihat video–video hasil editing dari orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan ketika menjadi pengguna aktif media sosial Tik Tok terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan wawancara, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan aplikasi Tik Tok.

Author Biography

MELLY DZULIFAH TURNIP, PASCASARJANA PENDIDIKAN DASAR UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan

References

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. METAFORA, VI(2), 1–23.

Asdiniah, E. A. L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Vol. 5 No. 1 (2021): 2021), 1675–1682. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1156/1036

Bulele, Yohana Noni; Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(no1), 565–572. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Tik Tok. 7 No. 3(2), hal. 80.

Nurhayati, E. (2022). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 145–150.

Putra, A. (2018, August 16). Tik Tok – Sosial Media Berbasis Video Yang Sedang Sangat Populer. Retrieved August 8, 2018, from https://gadgetren.com/2018/03/16/apa-itu-tik-tok-video-media-sosial/

Ramdani, N. S., Hadiapurwa, A., & Nugraha, H. (2021). POTENSI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 425–435.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Wijaya, M. H. dwi, & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170–191. https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734

Downloads

Published

2023-04-15