DISASTER SANSITIVE STUDENTS

Authors

  • Vivin hardina cahyani universitas muhammadiyah mataram
  • Ibrahim Ibrahim universitas muhammadiyah mataram

Keywords:

bencana korban anak

Abstract

: Artikel ini mencoba membahas mengenai resiko korban anak dalam bencana alam sehingga melalui DISENS ini kedepannya akan dapat meminimalisir korban anak dalam bencana alam. Berdasarkan informasi dan data mutakhir tentang pengalaman bencana dan potensi bencana yang mungkin terjadi di masa mendatang, yang terukur melalui indeks risiko bencana yang telah dipublikasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan bencana lainnya.Melihat kondisi yang demikian, maka diperlukanlah Disens: Disaster Dansitive Students Untuk meminimalisir korban anak dalam bencana alam. Dengan mengadakan komunitas Si Pena (siswa peka bencana) dapat meminimalisir korban bencana alam khususnya anak-anak Pada masyarakat ,di mana target utama Si Pena ini adalah anak-anak dengan memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai bencana, anak-anak yang berumur 4 sampai 7 tahun di berikan pelatihan dan pemahaman melalui lagu ,  permainan dan gambar sedangakan anak-anak yang berumur di atas 7 tahun di berikan pemahaman dan pelatihan berupa materi yang menarik yang bisa di tangkap di usia tersebut, sehingga anak-anak dapat mengetahui tanda-tanda akan datangnya bencana dan dapat mengurangi resiko korban anak dalam bencana alam.

References

Dwidiyanti, M., Hadi, I., Wiguna, R. I., & Ningsih, H. E. W. (2018). Gambaran Risiko Gangguan Jiwa pada Korban Bencana Alam Gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat. Holistic Nursing and Health Science, 1(2), 82. https://doi.org/10.14710/hnhs.1.2.2018.82-91

Khairul Rahmat, H., & Alawiyah, D. (2020). Konseling Traumatik: Sebuah Strategi Guna Mereduksi Dampak Psikologis Korban Bencana Alam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 6(1), 34–44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i1.372

Nurjanah, S., & Mursalin, E. (2021). Pentingya Mitigasi Bencana Alam Longsor Lahan: Studi Persepsi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 515–523. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1937

Downloads

Published

2023-04-15