Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi SDGs di SDN 101867 Paya Gambar

Authors

  • Irawati Br Sembiring UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Wisman Hadi UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Isda Pramuniati UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Keywords:

Learning, technology, SDGs

Abstract

Penulisan ini adalah untuk mengetahui serta memaparkan mengenai Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dalam Mendukung Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) di SDN 101867 Paya Gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kajian kualitatif atau menggunakan pendekatan secara deskriptif yang dimana dasar dari pembahasannya yaitu dari hasil studi literature melalui beberapa sumber buku, artikel ilmiah dari sumber jurnal yang relevan dari hasil penelitian sebelumnya yang sesuai dengan topik pembahasan. Penulisan pada penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana penerapan teknologi dalam pembelajaran di SDN 101867 Paya Gambar dalam mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDGs).  Pembelajaran dengan menerapkan teknologi didalamnya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang merupakan suatu negara berkembang yang masih memiliki beberapa masalah dalam kondisi dan kualitas pendidikannya yang belum sepenuhnya memadai dan merata. Diharapkan dengan adanya program SDGs dapat mengatasi permasalahan pendidikan yang masih belum merata serta dapat meningkatkan kualitasnya demi menjadikan bangsa Indonesia lebih maju.

References

Alfaien, N. I., Kosim, A. M., Fadil, K., & Khaldun, I. (2023). AGAMA ISLAM DI INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS ( SDGS ). 7(2), 127–142. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i2.2513

Arthana, I. K. R., Dantes, G. R., & Dantes, N. (2018). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam bidang pendidikan melalui penerapan smart school. Jurnal Widya Laksana, 7(1), 81–91.

Darmansyah. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan *. Prosiding Jurnal International Conference On Special …, 1–14.

Ghanny, H. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar. Jurnal Madaniyah, 8(2), 189–202.

Kalimah, S., Wijayanto, A., & Maryono. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu PembelajaranPeserta Didik Sekolah Dasar Pada Era New Normal. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Imu Kependidikan, 5(3), 536.

Pribadi, R. E. (2017). Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di PapuaPribadi, R. E. (2017). Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Papua. EJournal Ilmu Hubungan Internasional. eJournal Ilmu Hubungan Internasional, 5(3), 917–932.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Rohmah, N., & Aflahani, A. P. E. (2019). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Pemanfaatan Teknologi. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 261. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5743

Safitri, A. O., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang Berkarakter Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5328–5335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Salam, A., & Hamdu, G. (2022). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penerapan Education for Sustainable Development ( ESD ) dalam Media Pembelajaran Elektronik di Kelas V Sekolah Dasar : Perspektif Guru agenda global bertajuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals ( SDGs ) sebagai usaha menjaga kualitas Kementerian. 9(1), 161–172.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Warshina, J. (2014). Peranan Tik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, Vol. 18(No.2), hal 156-164.

-

Downloads

Published

2023-04-15