https://sikawan.bolmongkab.go.id/kmbj/ https://survey.petrolab.co.id/pulsa/ https://pelalawankab.go.id/web/ https://lppm.nurulfikri.ac.id/thailand/ https://diskan.bintankab.go.id/pulsa/ https://img-mis.balitower.co.id/ slot16 https://pstf.fib.unej.ac.id/dana/ https://pstf.fib.unej.ac.id/slot16/ https://sinora.unsri.ac.id/sgacor/ https://apps.petrolab.co.id/ https://petrolab.co.id/
SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma <p>Sigma merupakan jurnal ilmiah dalam bidang Teknik Sipil yang dikelola oleh program studi S1 Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Mataram dengan waktu publikasi berkala setiap bulan Februari dan Agustus.</p><p>Sebagai salah satu media publikasi karya ilmiah nasional, Sigma diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan suatu media dalam menyebarluaskan informasi dan perkembangan terkini bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti Teknik Sipil di Indonesia.      </p><p>Artikel ilmiah pada jurnal ini dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris dengan ketentuan keaslian tulisan, bukan merupakan terjemahan atau saduran dari artikel lain dan belum pernah dipublikasikan pada media jurnal manapun.</p><p>Jurnal Sigma menerbitkan artikel berupa hasil penulisan yang mencakup bidang struktur, transportasi, hidro, geoteknik, manajeman konstruksi dan lingkungan.  </p><p><a href="https://docs.google.com/document/d/1DB8bfy0BvPRTXLoTkdKZiwvUoXqi0pi3/edit?usp=sharing&amp;ouid=116520911946730503771&amp;rtpof=true&amp;sd=true" target="_blank">Download Template SIGMA: Jurnal Teknik Sipil </a>  </p> en-US adryanfitra1971@gmail.com (Adryan Fitrayudha) mkilmi74@gmail.com (Muhammad Khalis Ilmi) Thu, 18 Jan 2024 21:39:36 +0800 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 STUDI KUAT TEKAN BETON MUTU SEDANG DENGAN CAMPURAN ABU SEKAM PADI DAN LIMBAH BETON //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21580 <span lang="SV">Kualitas mutu beton sangat tergantung dari kualitas dari masing-masing material penyusunnya. Penggunaan material beton sebagai bahan konstruksi bangunan semakin banyak dijumpai di Indonesia. Salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini adalah limbah bongkaran beton yang akhirnya dibuang dan menumpuk di lahan kosong. Abu sekam padi yang digunakan merupakan limbah pembakaran sekam padi dimana memiliki unsur yang bermanfaat untuk peningkatan mutu beton. Pada penelitian ini, akan dilakukan penambahan abu sekam padi, dan limbah beton pada mutu beton sedang. Metode penelitian yang dilakukan adalah pengujian beton pada umur beton 28 hari dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan matematis. Hubungan antara kuat tekan dan kuat tarik belah beton menggunakan pendekatan matematis yang kemudian dibandingkan dengan SNI T-15-1991. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh terjadinya penurunan kuat tekan beton seiring dengan peningkatan variasi campuran limbah beton. Pada variasi limbah beton 0%  diperoleh kuat tekan yaitu 21,966 MPa. Pada variasi 25% mengalami penurunan sebesar 9,144% sehingga hasil ini tidak memenuhi standar SNI 03-6468-2000 dan pada variasi 50% didapatkan hasil optimum sebesar 12,840% dari hasil ini sempat mengalami kenaikan kuat tekan dari variasi sebelumnya meskipun variasi 50% tetap tidak memenuhi standar SNI 03-6468-2000. Sedangkan pada variasi 75%, dan 100% mengalami penurunan berturut-turut sebesar 10,615%, dan 12,180%.</span> Parhan Ali, Heni Pujiastuti, Nurul Hidayati, Erni Yustissiani Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21580 Thu, 18 Jan 2024 00:00:00 +0800 ANALISIS PENGARUH FAKTOR AIR SEMEN (FAS) TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON NORMAL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21581 <span lang="SV">Beton merupakan suatu elemen dalam konstruksi yang dibentuk oleh campuran semen, air, agregat halus, agregat kasar yang berupa batu pecah atau kerikil, udara serta bahan lainnya. Kualitas beton sangat tergantung dari kualitas dari masing-masing material pembentuk. Faktor Air Semen merupakan salah satu faktor berpengaruh dalam kualitas beton yang terbentuk. Oleh sebab itu dilakukan penelitian mengenai Faktor Air Semen (FAS) terhadap kuat tekan dan kuat tarik beton normal. Sampel beton dengan variasi Faktor Air Semen (FAS) 0,4; 0,5; dan 0,6 yang dicampurkan dengan agregat halus, kasar dan semen kemudian dilakukan <em>curing</em> selama 28 hari dan kemudian akan dilakukan uji. Metode pengujian yang dilakukan yaitu uji kuat tekan dan kuat tarik yang dilakukan untuk mengukur kekuatan beton dengan cara memberikan tekanan dan tarik pada sampel beton hingga beton mengalami kehancuran. Hasil dari penelitian ini diperoleh kuat tekan pada variasi Faktor Air Semen (FAS) 0,4 dengan kekuatan 21,523 MPa, FAS 0,5 memiliki kekuatan 17,932 MPa dan FAS 0,6 dengan kekuatan 11,511. Uji kuat tarik memperoleh hasil bahwa pada variasi FAS 0,4 dengan kekuatan 2,164 MPa, FAS 0,5 dengan kekuatan 2,001 MPa dan FAS 0,6 memiliki kekuatan sebesar 1,145 MPa</span> Aidzul Akbar Azizudin, Heni Pujiastuti, Nurul Hidayati Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21581 Thu, 18 Jan 2024 00:00:00 +0800 REDESAIN JEMBATAN SAMOTA SUMBAWA MENGGUNAKAN BOX GIRDER PRESTRESSED //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21582 <p class="Abstract"><span lang="SV">Jembatan Samota merupakan jembatan yang sudah dibangun di pulau Sumbawa dan akan di desain ulang dengan menggunakan penampang <em>box girder</em> prategang sebagai bentang utama jembatan. Desain rencana jembatan <em>box girder</em> akan dibagi menjadi 2 bentang yang masing-masing bentang terdiri dari 40 m dengan adanya pilar di tengah bentang, dengan total panjang jembatan yaitu 80 m dan lebar jembatan 8 m. Perencanaan jembatan dimulai dengan penjelasan mengenai latar belakang, pemilihan tipe <em>box girder</em>, perumusan, tujuan perencanaan, dan pembahasan. Peraturan yang digunakan dalam perencanaan ini adalah pembebanan untuk jembatan SNI 1725:2016, perencanaan terhadap beban gempa SNI 2833-2016, dan SNI 7833:2012, untuk analisa struktur menggunakan program Microsoft Excel dan penggambaran permodelan jembatan menggunakan aplikasi Autocad 2013. Cakupan penelitian ini meliputi kontrol kehilangan gaya prategang, kontrol tegangan yang terjadi, dan kontrol lendutan. Hasil dari redesain jembatan yaitu digunakan <em>box girder</em> dengan tinggi box 2,4 m dan lebar 10,3 m, terdiri slab atas dengan tebal slab atas bagian tengah 25 cm, slab atas bagian tepi  25 cm, tebal dinding tengah 30 cm dan slab bawah dengan tebal 25 cm. Digunakan 7 tendon dibagi 3 bagian atas penampang dan 4 bagian bawah penampang, setiap tendon terdiri dari 25 <em>strands</em>.</span></p> Nurul Hidayati, Hariyadi Hariyadi, Adryan Fitrayudha, Maya Saridewi Pascanawaty, Yeyen Mega Diana Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21582 Thu, 18 Jan 2024 00:00:00 +0800 STUDI PERANCANGAN JEMBATAN SAMOTA SUMBAWA BESAR MENGGUNAKAN BETON PRATEGANG TIPE U-GIRDER //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21583 <p class="ISI"><span lang="SV">Jembatan Samota merupakan jembatan yang sudah dibangun di pulau Sumbawa dan akan didesain ulang dengan menggunakan beton prategang tipe U-girder sebagai bentang utama jembatan. Perencanaan jembatan dimulai dengan memperhitungkan beban-beban yang bekerja pada jembatan kemudian dilakukan kontrol kekuatan jembatan redesain terhadap beban-beban tersebut. Peraturan yang digunakan dalam perencanaan ini adalah pembebanan untuk jembatan SNI 1725:2016, perencanaan terhadap beban gempa SNI 2833-2016, dan SNI 7833:2012, untuk analisa struktur menggunakan program Microsoft Excel dan penggambaran permodelan jembatan menggunakan aplikasi Autocad 2013. Hasil dari redesain jembatan ini akan digunakan </span><span lang="FI">produk PC H-185 dengan mutu beton K-800 untuk bentang jembatan 40 m</span><span lang="SV">. </span><span lang="FI">Tendon yang diperlukan untuk bentang jembatan 40 m adalah sebanyak 20 buah tendon yang dibagi menjadi 5 untuk bagian sebeah kiri dan 5 untuk bagian sebelah kanan. Tendon terdiri dari 15 strands dengan diameter 15,24 mm, menggunakan jenis <em>strands Seven wire stress relived standart for restress concrete</em>. Adapun beban yang diterima oleh PC U girder adalah 894026,6614 kg.m beban mati sendiri (<em>MS</em>); 65553,044 kg.m beban mati tambahan (<em>MA</em>); 452200 kg.m lajur “<em>D</em>” (<em>TD</em>) ;7138,125 kg.m untuk beban akibat gaya rem (<em>TB</em>); 30034,286 kg.m untuk beban angin (<em>EW</em>); 252037,662 kg.m untuk beban gempa (<em>EQ</em>).</span></p> Nurul Hidayati, Hariyadi Hariyadi, Yayi Anggraini Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21583 Thu, 18 Jan 2024 00:00:00 +0800 KAJIAN DEBIT BANJIR KALA ULANG 50 TAHUN SUNGAI MENINTING KABUPATEN LOMBOK BARAT //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21585 <p class="Abstract"><span lang="SV">Sungai Meninting adalah salah satu sungai yang ada pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Meninting melintasi di 2 Kecamatan, yaitu daerah hulu berada di Kecamatan Lingsar dan di bagian hilirnya merupakan wilayah Kecamatan Gunung sari, Kabupaten Lombok Barat. Topografi daerah aliran sungai meninting di hilir relatif datar sedangkan di daerah hulu merupakan daerah yang cukup terjal sehingga pada saat musim hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama, akan menyebabkan kapasitas sungai menjadi penuh sehingga terjadi, meluap menggenangi daerah hilir. Kejadia banjir di sungai Meninting pada tahun 2021 menggenangi permukiman penduduk kurang lebih 3.100 rumah, dan menimbulkan kerusakan infra-struktur, seperti jembatan meninting, Genangan persawahan, dan akses jalan terputus. Penanganan pasca banjir segera dilakukan mengingat daerah aliran sungai  Meninting melewati pemukiman warga, sehingga perlu upaya kajian pengendalian banjir dengan upaya melebarkan dasar sungai berdasarkan analisa perhitungan banjir dengan kala ulang 50 tahun, dan untuk mengetahui ketinggian luapan air yang menggenangi daratan dan pemukiman Masyarakat. Dari analisa  debit banjir rancangan Kala ulang 50 tahun diperoleh  nilai debit puncak Q50 t = 136,34 m3/detik pada jam ke 3, dari hasil analisis hidrolika menggunakan program HEC-RAS 5.0.7 terjadi kenaikan muka air banjir sungai Meninting  yang melewati batas tanggul sungai,  antara ±1 m sampai dengan 2 meter dari ketinggian tanggul eksisting. Dari analisa tersebut upaya pengendalian banjir pada sungai Meninting perlu upaya normalisasi sungai dari semula 12 m menjadi 15 m sepanjang 500 m dan melakukan Peninggian Tanggul kiri kanan dari semula menjadi H. + 2 – 2,5  m sepanjang 500 m. </span></p> Juanda Satrya Guntara, Swahip Swahip Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21585 Thu, 18 Jan 2024 00:00:00 +0800 ANALISA TEBAL PERKERASAN LAPIS TAMBAH (OVERLAY) PADA RUAS JALAN ADE IRMA SURYANI KOTA MATARAM MENGGUNAKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN NO.02/M/BM/2017 //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21586 <p class="Abstract"><span lang="SV">Tujuan dari perencanaan penambahan tebal lapisan adalah untuk meningkatkan kekuatan struktur agar dapat melayani lalu lintas yang direncanakan selama umur rencana, sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jalan. Salah satu ruas jalan yang perlu dilakukan pelapisan overlay adalah Jalan Ade Irma Suryani dikarenakan adanya peningkatan volume lalu lintas yang signifikan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode dari Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, metode ini merupakan perbaharuan dari peraturan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian perhitungan dari proyek peningkatan jalan pada ruas jalan Ade Irma Suryani Kota Mataram. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer yang merupakan informasi tentang geometrik jalan dan data sekunder yang merupakan data lendutan Benkelman Beam (BB) dan data lalu lintas harian rata rata. Hasil perhitungan volume lalu lintas didapat nilai CESA4 yaitu 1.810.112 dan CESA5 yaitu 3.662.573, dengan menggunakan LHR pada Hari Kamis, karena terdapat jumlah kendaraan niaga terbanyak, sehingga jenis penangan yang digunakan adalah overlay non struktural, dengan jenis perkerasan yang digunakan yaitu AC-WC/BC Normal. Diketahui dari data lendutan BB, didapat nilai lendutan d wakil yaitu 1,383, maka berdasarkan data lendutan dan data lalu lintas, didapatkan tebal overlay dengan prosedur lendtuan maksimum yaitu 60 mm.</span></p> Mochammad Rivanda Ferdiansyah, Titik Wahyuningsih, Anwar Efendy Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21586 Thu, 18 Jan 2024 00:00:00 +0800 KAJIAN PENAMBAHAN SERBUK LIMBAH PLASTIK PADA CAMPURAN ASPAL PANAS TERHADAP NILAI KARAKTERISTIK MARSHALL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21590 <p class="Abstract"><span lang="SV">Jalan raya merupakan fasilitas transportasi darat yang berperan penting dalam menunjang aktivitas manusia serta mencakup semua bagian jalan, termasuk bagian pelengkap yang dipergunakan bagi transportasi. Kerusakan jalan disebabkan oleh kendaran berat yang melitas secara berlebihan, yang mengakibatkan regangan dan tegangan pada berbagai lapisan permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan serbuk limbah plastik pada campuran Lapis Aspal Beton AC-WC  yang berfungsi sebagai lapis aus yang berhubungan langsung dengan aktivitas lalu lintas. Variasi penambahan serbuk limbah plastik yang digunakan adalah 1%, 3%, 5%, dan 7%. Hasil pengujian <em>Marshall</em> didapatkan Nilai stabilitas optimum pada variasi penambahan serbuk limbah plastik 1%, sedangkan nilai minimum terdapat pada variasi penambahan serbuk limbah plastik 3%. Nilai kelelehan (<em>Flow</em>) semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penambahan serbuk limbah plastik. Nilai <em>Marshall</em> <em>Quotient</em> optimum pada penambahan 1% sebesar 512 Kg/mm, sedangkan nilai minimum terdapat pada penambahan 5 % sebesar 366 Kg/mm. Nilai VMA semakin menurun pada setiap penambahan serbuk limbah plastik. Nilai VIM tertinggi terdapat pada penambahan 1% sebesar 7,24%, sedangkan nilai minimum terdapat pada penambahan 7% sebesar 5,61%. Nilai VFA tertinggi terdapat pada penambahan 7% sebesar 70,18%, sedangkan nilai minimum terdapat pada penambahan 1% sebesar 65,05%. </span></p> Waroatul Hikmayani, Titik Wahyuningsih, Anwar Efendy, Aulia Mutaqqin Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21590 Thu, 31 Aug 2023 00:00:00 +0800 ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL ALAT BERAT EXCAVATOR DAN DUMP TRUCK PADA METODE PELAKSANAAN PEMBERSIHNAN DAN ANGKUTAN SENDIMEN DANAU LEBO //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21589 <p class="Abstract"><span lang="SV">Proyek penataan kawasan Danau Lebo Taliwang memiliki beberapa pekerjaan yang membutuhkan alat berat. Untuk pembersihan dan angkutan sendimen tersebut, sebelumnya diadakan perencanaan produktivitas penggunaan alat berat. Pekerjaan perhitungan ini untuk mengetahui berapa alat yang akan dipakai dan berapa biaya yang perlu dikeluarkan dalam waktu pekerjaan yang ditentukan untuk proyek tersebut.</span><span lang="SV"> </span><span lang="SV">Penelitian ini merupakan metode perhitungan produksi kapasitas alat berat secara aktual. Analisis yang dilakukan yaitu perhitungan produktivitas masing-masing alat berat yang digunakan, dengan menentukan waktu siklus alat, penentuan faktor koreksi alat, perhitungan produksi persiklus, produksi perjam, besarnya harga sewa alat perjam, besarnya biaya dan waktu yang dibutuhkan selama alat bekerja, menentukan harga satuan pekerjaan alat berat yang tepat.</span><span lang="SV"> </span><span lang="SV">Besarnya produktivitas alat berat dengan biaya dan waktu paling efektif dan efisien, menggunakan komposisi alat yaitu alternatif 1, excavator(E1) produktivitas sebesar 559,872 m3/hari, dumptruck(D1) produktivitas sebesar 143,272 m3/hari, dengan total biaya operasional Rp.24.282.400.000,00,dan total waktu pelaksanaan 16 unit  Excavator dan 5 unit dump truck dengan volume galian 2.142.419,40 m3 adalah = 478 hari.</span></p> M.Muslim M.Muslim, Agus Partono, Ahmad Zarkasi, Ringgi Puteri Samengasbumi Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL TEKNIK SIPIL //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/sigma/article/view/21589 Thu, 18 Jan 2024 00:00:00 +0800
https://sikawan.bolmongkab.go.id/kmbj/ https://survey.petrolab.co.id/pulsa/ https://pelalawankab.go.id/web/ https://lppm.nurulfikri.ac.id/thailand/ https://diskan.bintankab.go.id/pulsa/ https://img-mis.balitower.co.id/ slot16 https://pstf.fib.unej.ac.id/dana/ https://pstf.fib.unej.ac.id/slot16/ https://sinora.unsri.ac.id/sgacor/ https://apps.petrolab.co.id/ https://petrolab.co.id/