KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP ALUR DARI BUKU FIKSI DAN NON FIKSI SISWA VIII SMP

Authors

  • Suci Anggraini Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Titin Untari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Baiq Desi Milandari Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/telaah.v4i2.1227

Keywords:

Peta Konsep, Buku Fiksi dan Non-Fiksi

Abstract

Abstrak: Keterampilan berbahasa yang paling kompleks adalah keterampilan menulis. Dikatakan kompleks, karena keterampilan menulis menuntut penulis untuk dapat menyusun dan mengorganisasikan isi tulisan serta menuangkan gagasan, perasaan, dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan memberi tahu, meyakinkan dan menghibur para pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan non fiksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 SMP yang berjumlah 33 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode observasi, metode tugas, dan metode dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan rumus Penilaian Acuan Patokan (PAP) dengan menentukan kemampuan individu dan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan kemampuan membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi bahwa kemampuan individu peserta didik yakni, 1) Kelompok berkemampuan tinggi 31 siswa (94%), kelompok berkemampuan sedang 2 siswa (6%), dan kelompok berkemampuan rendah tidak ada (0%). 2) Kemampuan kelompok siswa atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan nilai 80.78 berada pada kategori tinggi dengan rentang skor 70.5-89.

                          

Abstract: The most complex language skills are writing skills. Said to be complex, because writing skills require writers to be able to compile and organize the contents of writing and pour ideas, feelings, in the form of written language for the purpose of informing, convincing and entertaining readers. This study aims to describe the ability to make flow map concepts from fiction and non-fiction books. This type of research is a quantitative descriptive study. The subjects in this study were students of class VIII with 33 people. Data collection methods used in this study are, observation methods, task methods, and documentation methods. Data analysis techniques used the Benchmark Reference Assessment (PAP) formula by determining individual and group abilities. Based on the results of this study, it can be concluded the ability to make flow map concepts from fiction and nonfiction books for class VIII students that the individual abilities of students namely, 1) High-ability groups of 31 students (94%), capable groups moderate 2 students (6%), and low-ability groups are absent (0%). 2) The ability of a student group or Grade Point Average (GPA) with a value of 80.78 is in the high category with a score range of 70.5-89.

References

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Angkasa.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta:Rineka Cipta.

Busairi, M. 2018.“Analisis Kemampuan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018â€.Skripsi tidak diterbitkan.Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Mataram. Mataram.

Dahar, R. W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

________. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Haeruddin. 2018. “Kemampuan Menyunting Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019â€.Skripsi tidak diterbitkan.Progra Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Mataram. Mataram.

Hanisyah, Reni Ayu. 2011. “Penerapan Peta Pikiran (MIND MAPS) Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMK PGRI Babakanmadangâ€.Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta. Diambil tanggal 28 November 2018 Pukul 08:10 Wita.

Ismail, M., L. A. R Laliyo, & L. Alio. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 telagaâ€. Diambil tanggal 24 Januari 2019 Pukul 15:44 Wita.

Kemendikbud, 2016.Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Balai Pustaka.

Landa, Abd. 2016. “Kemampuan Menulis Ringkasan Buku Noniksi pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Belo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2015/2016â€.Skripsi tidak diterbitkan.Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Mataram:Mataram.

Mahsun, 2014.Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Downloads

Published

2019-10-29

Issue

Section

Articles