STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INDONESIA

Authors

  • Irwandi Irwandi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Baiq Usniati Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Taufik Taufik Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Iwon Susilowati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.21009

Keywords:

Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Kemampuan Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara motivasi belajar, gaya belajar, dan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMAN 2 Mataram. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif, penelitian melibatkan 122 siswa dengan pengumpulan data melalui kuesioner untuk menilai motivasi dan gaya belajar serta analisis dokumen hasil ujian semester. Hasilnya menunjukkan sikap positif dan minat tinggi siswa terhadap belajar bahasa Indonesia, dengan beragam gaya belajar termasuk visual, auditori, baca-tulis, dan kinestetik. Namun, hasil belajar menunjukkan perlunya peningkatan strategi pengajaran dan dukungan sumber daya tambahan untuk mencapai standar akademik yang lebih optimal.

References

Amelia, I. (2021). Hubungan Gaya Belajar Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 1 Pinang Jaya. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ar-Rozaq, M. N., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2022). Hubungan Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Secara Daring Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Di Smk Pgri 1 Kota Pasuruan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(7), 2548–2964. Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id

Dirianzani, L., Hardiningtyas, D., & Perusahaan Rokok Adi Bungsu, A. (2014). Analisis Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Borongan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Mediasi (Studi Kasus: Perusahaan Rokok Adi Bungsu Malang). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 2(5), 131584. Https://Www.Neliti.Com/Publications/131584

Fleming, N. (2006). Learning Styles Again: Varking Up The Right Tree! Educational Developments, 4(7). Www.Vark-Learn.Com

Humendru, E., & Harefa, A. O. (2023). Analisis Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Sd. Jurnal Suluh Pendidikan (Jsp), 11(2).

Jampel, I. N. (2016). Analisis Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran , 49(3).

Marlina, L., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2).

Muhyidin, A. (2022). Pemertahanan Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Pemelajaran Sastra Di Sekolah - Kemendikbudristek. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa . Https://Badanbahasa.Kemdikbud.Go.Id/Artikel-Detail/769/Pemertahanan-Nilai-Nilai-Budaya-Lokal-Dalam-Pemelajaran-Sastra-Di-Sekolah

Permana, A. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Formatif, 6(3).

Solikhan, U. (2022). Penguatan Peran Bahasa Indonesia Sebagai Modal Menuju Bahasa Internasional | - Kemendikbudristek. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa.

Https://Badanbahasa.Kemdikbud.Go.Id/Artikel-Detail/3491/Penguatan-Peran-Bahasa-Indonesia--Sebagai-Modal-Menuju-Bahasa-Internasional

Susanti, R. D. (2023). Pembelajaran Apresisasi Sastra Di Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 11(1). Http://Johnherf.Wordpress.Com/2007/03/13/

Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hubungan Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Tanete Rilau A. Jurnal Bionature, 16(1).

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles