Penerapan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Atph Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Mislaini Mislaini SMKN I Lingsar

DOI:

https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6617

Keywords:

Penerapan, Metode Eksperimen Prestasi Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian tentang  Penggunaan Metode Eksperimen pada Pembelajaran Materi Sifat Bahan dan  Kegunaannya Terhadap Hasil dan Respon Belajar Siswa Kelas X ATPH SMKKPP N Mataram bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen.Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tes.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang bersifat kolaboratif. Teknik yang digunakan yaitu observasi langsung dan pengukuran dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi guru dan lembar soal.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Pada siklus I  skor kemampuan guru mengelola kegiatan pembelajaran sebesar 45 (rata-rata 3,0) dan pada siklus II sebesar 51(rata-rata3,4). Ada peningkatan sebesar 6,0.  Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus Imencapai 65,20 dan 80,74 pada siklus II, ada peningkatan sebesar 15,54.

Abstract: Research on the Use of Experimental Methods in Learning Materials Properties of Materials and Their Uses on Learning Outcomes and Responses of Students of Class X ATPH SMKKPP N Mataram aims to determine student learning outcomes against the use of experimental methods in learning temperature and heat materials. This study used experimental research methods. Data collection techniques were carried out by tests. The research method used is a descriptive method with a collaborative classroom action research (CAR). The technique used is direct observation and measurement with data collection tools in the form of teacher observation sheets and question sheets. This research was carried out in two cycles. In the first cycle the score the ability of teachers to manage learning activities is 45 (an average of 3.0) and in the second cycle it is 51 (an average of 3.4). There is an increase of 6.0. While the average student learning outcomes in the first cycle reached 65.20 and 80.74 in the second cycle, there was an increase of 15.54.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas

Arifin, Mulyati, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Malang: UM Press.

Arikunto, Suharsini. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2002. Beberapa Model Pengajaran dan Strategi Belajar dalam Pembejaran IPA Fisika. Jakarta: Dirjen Didasmen.Hamalik,

Oemar. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Masidjo. 2001. Penilaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisisius.

Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 2004. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful, Sagala. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu emecahkan Problematika Belajar. Bandung: CV. Afabeta.

Suhardjono.(2003).Penelitian TindakanKelas.Jakarta: Depdiknas

SuwarsihMadya.(2007).RencanaPenelitianTindakan.Yogyakarta:LembagaPenelitianIKIPWardani,

IG.A.K,dkk.(2007).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Universitas Terbuka

W.J.S. Poerwadarminta.(1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka.

Agnes, Soejanto. (1981). Bimbingan ke Arah Belajar Yang .Sukses Jakarta: aksara Baru.

Nasution, S. didaktik dan Kurikulum. Bandung: Zemmars.

Martiningsih.(2007), Macam-Macam Metode Pembelajaran/html. Tersedia pada: http:/Blogspot.comp.

Eka Gunawan (2009), Macam-Macam Metode Pembelajaran/html. Tersedia pada :http//nilaieka .blogspot.com.

Departemen Pendidikan Nasional.(2005) Metode Eksperimen. Jakarta.

M. Dahlan, (1984). Model-Model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro.

Seminar, Kasnendra.(1982). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Majalah Pembinaan Pendidikan Nomor 142, Hlm 28.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles