Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi (Multi Fungsi) pada Materi KPK dan FPB Kelas IV SD

Authors

  • Ana Nurhasanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suhayati Suhayati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6619

Keywords:

Efektivitas, Media, Papan Musi (Multi Fungsi), KPK dan FPB

Abstract

Abstrak:Peserta didik kelas IV kesulitan memahami pelajaran matematika, salah satu kesulitan tersebut ada pada materi KPK dan FPB. Hal tersebut terjadi karena peserta didik kurang menguasai dasar dari matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, dan peserta didik juga masih bingung menentukan hasil dari KPK dan FPB. Oleh karen itu, perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran. Sehingga guru dan peserta didik harus berperan aktif dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan efektivitas peserta didik maka harus menggunakan media pembelajaran yang tepat salah satunya adalah Papan Musi (Multi Fungsi). Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif melalui metode observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penggunaan media Papan Musi ini membuat peserta didik senang dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

 

Abstract:Fourth grade students have difficulty understanding mathematics, one of the difficulties is in the KPK and FPB materials. This happens because students do not master the basics of mathematics such as addition, subtraction, multiplication and division, and students are still confused about determining the results of the KPK and FPB. Therefore, there is a need for improvement in learning. So that teachers and students must play an active role in the learning process. To increase the effectiveness of students, they must use the right learning media, one of which is the Musi Board (Multi-Function). The method used is descriptive research through the method of observation. Based on the results of research conducted using the Musi Board media makes students happy and active in teaching and learning activities.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Handhika, J. 2012. EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IM3 DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2), 109-114.

Hermawati, Fitria Ayu. 2020. “KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PELANGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS IKAN MAS KECAMATAN SEMARANG UTARAâ€. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Hobri, Susanto, dkk. 2018. Senang Belajar Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jamaludin, Ujang; Rachadtullah, Reza. 2021. Pembelajaran Pendidikan IPS (Teori Konsep dan Aplikasi Bagi Guru Dan Mahasiswa). Bekasi: Nurani.

Jennah, Rodhatul. 2009. MEDIA PEMBELAJARAN. Banjarmasin: ANTASARI PRESS.

Khairiyah, Ummu. 2019. Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. 5 (2), 197-204

Nisa Rahmayanti, Devi Afriyuni Yonanda, & Yeni Dwi Kurino. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PAPAN MUSI (MULTIFUNGSI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(3), 118-122.

Rahmawati, Mega, Suryadi, Edi. 2019. Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4 (1), 49-54.

Rohmawati, Afifatul. 2015. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9(1), 15-32.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles