Pelatihan Desain Pada Siswa Smk Ipiems Surabaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Desain UI/UX Aplikasi Mobile

Authors

  • I Gusti Ngurah Alit Widana Putra Universitas Dinamika
  • Agus Dwi Churniawan Universitas Dinamika
  • Teguh Sutanto Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i2.15969

Keywords:

Workshop, desaign, UI/UX, Figma, SMK IPIEMS

Abstract

Pada abad ini perkembangan perangkat mobile sangatlah cepat dan semakin canggih. Kemampuan komputasi perangkat mobile bahkan sebanding dengan laptop atau komputer pribadi. Oleh karena itu masyarakat lebih memilih membawa perangkat mobile daripada laptop. Hal ini pula yang menyebabkan perkembangan aplikasi mobile menjadi sangat cepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Nilai jual aplikasi mobile salah satunya terletak pada design UI/UX, artinya jika aplikasi mobile memiliki design UI/UX yang baik maka besar kemungkinan aplikasi tersebut akan tetap terpakai oleh masyarakat. Universitas Dinamika merupakan kampus yang focus pada perkembangan teknologi informasi, bekerja sama dengan SMK IPIEMS Surabaya mengadakan workshop desaign UI/UX menggunakan aplikasi Figma kepada siswa SMK IPIEMS. Pengetahuan siswa tentang desaign UI/UX untuk aplikasi mobile masih kurang, terutama metode yang benar agar dapat menghasilkan desaign UI/UX yang baik sesuai kebutuhan masyarakat. Pada akhir workshop dilakukan evaluasi terhadap performa pelatih. Hasil evaluasi akan menjadi jawaban apakah siswa dapat menyerap ilmu design UI/UX dengan baik.

Author Biographies

I Gusti Ngurah Alit Widana Putra, Universitas Dinamika

Dosen Program Studi S1 Sistem Informasi.

Agus Dwi Churniawan, Universitas Dinamika

Dosen Program Studi S1 Sistem Informasi.

Teguh Sutanto, Universitas Dinamika

Dosen Program Studi S1 Sistem Informasi.

References

Ramadhani Mukhlis, I., Azi Laga, S., Suprianto, G., Hermansyah, D., Anang Karyawan, M., Suprianto, H., & Hayam Wuruk Perbanas Jl Wonorejo Utara, U. (2023). Pelatihan UI/UX Menggunakan Figma Untuk Meningkatkan Kompetensi Di Bidang Desain Guru MGMP RPL SMK Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, III(1), 80–87. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i1.3555

Wardhanie, A. P., & Lebdaningrum, K. (2022). Pengenalan Aplikasi Desain Grafis Figma pada Siswa- Siswi Multimedia SMK PGRI 2 Sidoarjo ( Introduction to the Figma Graphic Design Application for Multimedia Students at SMK PGRI 2 Sidoarjo ). 3(3), 165–174.

Downloads

Published

2023-08-07

Issue

Section

Articles