Pelatihan Desain Pada Siswa Smk Ipiems Surabaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Desain UI/UX Aplikasi Mobile
DOI:
https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i2.15969Keywords:
Workshop, desaign, UI/UX, Figma, SMK IPIEMSAbstract
Pada abad ini perkembangan perangkat mobile sangatlah cepat dan semakin canggih. Kemampuan komputasi perangkat mobile bahkan sebanding dengan laptop atau komputer pribadi. Oleh karena itu masyarakat lebih memilih membawa perangkat mobile daripada laptop. Hal ini pula yang menyebabkan perkembangan aplikasi mobile menjadi sangat cepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Nilai jual aplikasi mobile salah satunya terletak pada design UI/UX, artinya jika aplikasi mobile memiliki design UI/UX yang baik maka besar kemungkinan aplikasi tersebut akan tetap terpakai oleh masyarakat. Universitas Dinamika merupakan kampus yang focus pada perkembangan teknologi informasi, bekerja sama dengan SMK IPIEMS Surabaya mengadakan workshop desaign UI/UX menggunakan aplikasi Figma kepada siswa SMK IPIEMS. Pengetahuan siswa tentang desaign UI/UX untuk aplikasi mobile masih kurang, terutama metode yang benar agar dapat menghasilkan desaign UI/UX yang baik sesuai kebutuhan masyarakat. Pada akhir workshop dilakukan evaluasi terhadap performa pelatih. Hasil evaluasi akan menjadi jawaban apakah siswa dapat menyerap ilmu design UI/UX dengan baik.References
Ramadhani Mukhlis, I., Azi Laga, S., Suprianto, G., Hermansyah, D., Anang Karyawan, M., Suprianto, H., & Hayam Wuruk Perbanas Jl Wonorejo Utara, U. (2023). Pelatihan UI/UX Menggunakan Figma Untuk Meningkatkan Kompetensi Di Bidang Desain Guru MGMP RPL SMK Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, III(1), 80–87. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v3i1.3555
Wardhanie, A. P., & Lebdaningrum, K. (2022). Pengenalan Aplikasi Desain Grafis Figma pada Siswa- Siswi Multimedia SMK PGRI 2 Sidoarjo ( Introduction to the Figma Graphic Design Application for Multimedia Students at SMK PGRI 2 Sidoarjo ). 3(3), 165–174.
Downloads
Published
2023-08-07
Issue
Section
Articles
License
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.    Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini
    Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The Pengaruh Open Access).