Pengenalan Teknologi Augmented Reality Pada Pembelajaran Huruf Hijaiyyah di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong

Authors

  • Rendra Soekarta Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Dewi Astria Faroek Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fitriyani Tella Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ermin Ermin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nurfitri Nurfitri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Arya Ayu Ningtias Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20138

Keywords:

Augmented Reality, Huruf Hijaiyyah, Teknologi

Abstract

Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pendidikan dasar Al-Qur’an, khususnya dalam pengenalan huruf hijaiyyah. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual melalui penggunaan kamera AR dan marker. Al-Qur’an sebagai landasan dasar dalam kehidupan umat islam, sehingga Pendidikan dasar Al-Qur’an sejak usia dini sangat penting. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi AR dalam pembelajaran huruf hijaiyyah kepada siswa-siswi. Siswa dan orang tua dari SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong menunjukkan antusiasme dalam mencoba aplikasi yang dirancang, yang mencakup fitur-fitur seperti AR Hijaiyyah, materi, kuis, dan petunjuk. Melalui aplikasi ini, diharapkan siswa tidak hanya dapat melihat huruf hijaiyyah dalam bentuk 3D, tetapi juga meningkatkan pengetahuan mereka melalui materi dan kuis. Penerapan teknologi AR ini diharapkan dapat membantu siswa memahami dan mengaplikasikan huruf hijaiyyah dalam membaca Al-Qur'an, sambil memperkenalkan mereka pada perkembangan teknologi, terutama Augmented Reality.

 

References

Dewi, N. A. (2020). Aplikasi Pengenalan Buah dan Binatang Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini, 8-14.

Indah Purnama Sari, I. H. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer, 209-215.

Junaidi, M. S. (2023). Pendidikan Kesehatan Gigi dan Peningkatan Keterampilan Menyikat Gigi Menggunakan Aplikasi Virtual Reality pada Anak USia Dini di Desa Pondok Meja Tahun 2023. J-Dinamika, 247-252.

Rendy Munadi, N. F. (2022). Media Pembelajaran Tematik Belajar Sholat Menggunakan Augmented Reality (AR) Untuk Sekolah dasar Al-Quran Madani Kabupaten Cianjur. Prosiding Community Service & Engagement Seminar (COSECANT) 2022 "Digital Transformation for Sustainability".

Rizqi Putri Nourma Budiarti, E. S. (2022). Pengenalan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pembelajaran Digital di Pondok Pesantren Al Muin Syarif Hidayatullah. Communautaire: Journal of Community Service, 90-97.

Syifaul Fuada, N. A. (2023). Penggunaan Augmented Reality di Google Chrome Android Sebagai Media Pengenalan Binatang Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdia Masyarakat Ipteks, 56-64.

Downloads

Published

2023-12-08

Issue

Section

Articles