Pelatihan Pengemasan Dan Pelabelan Produk Berbasis Potensi Lokal Bagi Masyarakat Di Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat
DOI:
https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i1.4509Keywords:
Masyarakat, Pelatihan, ProdukAbstract
Pengandian yang dilakukan ini ialah bagaimana Produk Berbasis Potensi local Bagi
Masyarakat dikarena masih lemahnya kemampuan manajemen usaha dan motivasi petani gula aren di
Desa Duman dan masalah proses pemasaran yang dilakukan. Metode yang dilakuan dalam pengabdian
ini ialah pelatihan untuk kelompok masyarakat desa dengan sasaran kegiatan ini adalah para petani gula
aren Desa Duman. Hasil dari pengabdian ini Petani dapat melakukan pemanfaatan teknik pemasaran
sederhana dan operasionalisasinya di lapangan yang sesuai dengan kondisi usaha yang bersangkutan,
diharapkan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini para petani dari Desa Duman ini dapat
memaksnimalkan usaha-usaha pemasarannya sehingga produk gula aren ini dapat dikenal lebih luas di
Lombok Barat Khususnya dan Nusa Tenggara Barat umumnya. Hasil Kegiatan pelatihan ini ialah para
Petani gula aren di Desa Duman memperoleh Pengetahuan tentang teknik pemasaran sederhana yang
tepat guna dalam melakukan kegiatannya, seperti pengemasan, pelabelan produk gula aren serta
pemasaran produk. Mengingat peserta pelatihan yang sebagian besar berasal dari tingkat pendidikan
yang kurang memadai, tentunya akan mengalami kendala untuk dapat mengaplikasikan apa saja yang
didapatkan dalam prose pelatihan.
References
Dharmmesta, B.S. & Handoko, H.(2000). Manajemcn Pemascirtm: Analisis Perilaku Konsnmen. Yogyakarta: PBFE Universitas Gadjah Mada. Ferrel, O.C, Hirt, G. & Ferrel, L.(2008). Business: A Changing World. New York: McGraw-Hill Book Company. Kotler, P.(2000), Marketing Management: Millennium Ed. London: Prentice-Hall, Inc. Richard Barrett (2003) "Vocational Business: Training, Developing and Motivating People", Business & Economics -. - Page 51. Robbins, Stephen dan Mary Coulter. (2007). Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall. Griffin, R. (2006). Business, 8th Edition. NJ: Prentice Hall. Stanton, W.J.(2003), Fundamentals of Marketing, McGraw-Hill Book Company.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.    Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini
    Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The Pengaruh Open Access).