Penyuluhan Pendataan Produk Dan Desain Sosial Media Bagi UMKM Pada Pusaka Nusantara Kudus

Authors

  • Tri Listyorini Universitas Muria Kudus
  • Endang Supriyati Universitas Muria Kudus
  • Rizkysari Meimaharani Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i2.5465

Keywords:

qasir, umkm, ikm, pendataan data

Abstract

Perkembangan UMKM sebelum masa pandemi COVID-19 sangat pesat sekali. Sejak April 2020 dimasa awal pandemi, banyak usaha-usaha kecil dari masyarakat kudus menjadi menurun. Tidak hanya pedagang kecil saja yang mengalami penurunan, tapi vendor-vendor dan pengusaha besar juga merasakan hal ini. Untuk mendukung hal tersebut, kami tim pengabdi ingin memberikan kontribusi dalam meningkatkan kembali UMKM dengan cara pelatihan pendaatan produk yang rapi serta promosi menggunakan media social. Hal ini didukung dengan aplikasi-aplikasi yang mudah sehingga tidak memperberat dari UMKM/ IKM di Kudus dan sekitarnya. Pelaku UMKM dapat menerapkan pengelolaan data produk agar terstruktur dalam usahanya. Hal ini membantu UMKM dalam mengelola produk dan penjualan. Pengabdian ini menerapkan metode pelatihan dan penerapan dalam mendesain produk serta memasarkan ke media social. Tujuan untuk mengembangkan usaha dari pelaku UMKM. Hasil dari pengabdian ini adalah pelaku UMKM dapat secara mandiri mengelola data produk, dan memasarkan produknya lebih luas dengan memanfaatkan media social dan internet.

References

Suyanto, Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

D. Sihombing, Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia, 2001.

I Gusti Ngurah Aditya Lesmana, “Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATA),†Jakarta, 2012.

R. Y. Aramia Fahriyah, “Keunggulan Kompetitif Spesial sebagai Strategi Keberlanjutan UKM di Era New Normal,†vol. 7, no. 2, pp. 104–110, 2020.

Ahmad Raihan Nuari, “Pentingnya Usaha Kecil Menengah (Ukm) Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia,†2017.

A. J. Ratih Kumala, “Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace),†vol. 7, no. 2, pp. 98–103, 2020.

I. Ramdani, “Analysis of The Cycling Trend During the Pandemic of COVID 19 Towards Small and Medium Enterprises ( UMKM ) Income,†vol. 4, no. 4, pp. 528–535, 2020.

H. Muksin, “Strategi Umkm Dalam Menghadapi Pasar Di Era Pandemi Covid-19 (Umkm Dalam Bidang Kuliner Di Seputaran Gomong Mataram),†Mataram, 2021.

Downloads

Published

2021-10-29

Issue

Section

Articles