PELATIHAN PENGGUNAAN FITUR GOOGLE (DRIVE, CONTACT, MEET, CLASSROOM, DAN YOUTUBE) BAGI GURU PENJAS DI KOTA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i3.5744Keywords:
Pelatihan, Fitur Google, Guru PenjasAbstract
Pembelajaran berbasis online menjadi tren baru seiring dengan merebaknya pandemic Covid-19. Kesenjangan digital mulai dari akses internet hingga penguasaan teknologi (gagap teknologi) menjadi permasalahan tersendiri dalam proses penerapan pembelajaran online. Olehnya itu, penting untuk dilakukan pelatihan pemanfaatan fasilitas google dalam proses pembelajaran. Mengingat google menawarkan beragam fitur yang dapat dimanfaatkan dalam menunjang proses pembelajaran. Pada pelaksanaan kegiatan pelatihan ini difokuskan kepada guru Penjas di Kota Jayapura dengan menerapkan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) yang dibagi dalam 3 (tiga) tahapan; persiapan, pelaksanaan dan refleksi. Peningkatan keterampilan para peserta dalam menggunakan fitur google menjadi tujuan akhir dalam kegiatan pelatihan tersebut. Termasuk memberikan motivasi kepada peserta dalam meningkatkan kompetensi literasi digital. Dengan kompetensi literasi digital (digital literacy) yang dimiliki oleh guru akan berpangkal terhadap peningkatkan kualitas pembelajaran di tengah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang demikian pesatnya.References
Alldila, Novita. (2021). “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daringâ€. [Online] Available At : https://kumparan.com/novita-alldila/pemanfaatan-teknologi-sebagai-media-pembelajaran-daring-1wBob46dq65/full (Diakses, 5 November 2021).
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 298-303.
Atikah, R., Prihatin, R.Titik., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PETIK, 7(1), 7-18.
Desfandia, Victoria Yan. (2021). “Pengaruh Era Digital Terhadap Pendidikanâ€. [Online] Available At : Https://Gheroy.Com/Pengaruh-Era-Digital-Terhadap-Pendidikan/ (Diakses 5 November 2021).
Hendriyanto. (2021). “Tantangan dan Terobosan Pendidikan di Era Digitalisasiâ€. [Online] Available At : https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/tantangan-dan-terobosan-pendidikan-di-era-digitalisasi (Diakses 4 November 2021).
Hidayat, W. S. (2013). "Asal Usul Nama Google dan Fakta Unik Lainnya". [Online] Available At:https://tekno.kompas.com/read/2013/06/07/2001406/asal.usul.nama.google.dan.fakta.unik.lainnya (Diakses, 6 November 2021).
Ilham, S. (2021). E-Governance. Deepublish.
Khodijah, Siti. (2018). Telaah Kompetensi Guru di Era Digital dalam Memenuhi Tuntutan Pendidikan Abad Ke-21. Journal of Islamic Education Policy, 3(1), 67-78.
Latif, Abdul. (2020).Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 613-621.
Lubis, S. Jihan. (2018). Pendidikan Dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 2 Tahun 2018,601-603.
Mardiana, T., & Purnanto, A. Wiyat. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 183-188.
Miskiah. (2021). "Tantangan Guru dalam Menghadapi Era 4.0". [Online] Available At : https://bdkpalembang.kemenag.go.id/berita/tantangan-guru-dalam-menghadapi-era-industri-4-0 (Diakses 4 November 2021).
Retnaningsih, Duwi. (2019). Tantangan dan Strategi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pep 2019,1(1), 23-30.
Sari, S. Yulia., Nugroho, A. Dwi., & Purnama, M. D. I. (2021). Urgensi Guru Profesional di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 413-422.
Satariyah. (2020). “Tantangan Guru Gagap Teknologi pada Pembelajaran Jarak Jauhâ€. Berdiati, Ika (ed.). [Online] Available At : https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/tantangan-guru-gagap-teknologi-pada-pembelajaran-jarak-jauh (Diakses, 5 November 2021).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.    Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini
    Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The Pengaruh Open Access).