https://sikawan.bolmongkab.go.id/kmbj/ https://survey.petrolab.co.id/pulsa/ https://pelalawankab.go.id/web/ https://lppm.nurulfikri.ac.id/thailand/ https://diskan.bintankab.go.id/pulsa/ https://img-mis.balitower.co.id/ slot16 https://pstf.fib.unej.ac.id/dana/ https://pstf.fib.unej.ac.id/slot16/ https://sinora.unsri.ac.id/sgacor/ https://apps.petrolab.co.id/ https://petrolab.co.id/
TRANSFORMASI : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi <p>TRANSFORMASI : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Mataram. TRANSFORMASI : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT diterbitkan untuk menjadi wahana pendorong perkembangan ilmu sosial dan ilmu politik melalui pengabdian serta kajian kritis terhadap berbagai konsep baru, fenomena dan peristiwa dalam kehidupan sosial dan politik. TRANSFORMASI : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT ini merupakan Jurnal publikasi ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMMat yang ada di bidang pengabdian pada masyarakat dengan cakupan bidang: Pembangunan manusia dan daya saing bangsa, Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, Pengembangan Ekonomi, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, Pengembangan teknologi berwawasan lingkungan, Kebijakan Publik Dan Politik Pemerintahan, Kebencanaan, Bidang perpustakaan, dokumentasi, Informasi dan komputer.</p><table class="MsoTable15Grid4Accent6" style="width: 382.5pt; border-collapse: collapse; border: none; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; mso-yfti-tbllook: 1184; mso-table-lspace: 9.0pt; margin-left: 6.75pt; mso-table-rspace: 9.0pt; margin-right: 6.75pt; mso-table-anchor-vertical: paragraph; mso-table-anchor-horizontal: column; mso-table-left: left; mso-padding-alt: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;" width="510" border="1" cellspacing="0" cellpadding="0" align="left"><tbody><tr style="mso-yfti-irow: -1; mso-yfti-firstrow: yes; mso-yfti-lastfirstrow: yes; height: 13.85pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #70AD47 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; border-right: none; mso-border-top-alt: solid #70AD47 .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-left-alt: solid #70AD47 .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-bottom-alt: solid #70AD47 .5pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; background: #70AD47; mso-background-themecolor: accent6; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 5; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">Journal Title</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border: solid #70AD47 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; border-left: none; mso-border-top-alt: solid #70AD47 .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-bottom-alt: solid #70AD47 .5pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-right-alt: solid #70AD47 .5pt; mso-border-right-themecolor: accent6; background: #70AD47; mso-background-themecolor: accent6; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 1; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;"><span>TRANSFORMASI : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT</span></span></strong><strong></strong></p></td></tr><tr style="mso-yfti-irow: 0; height: 14.95pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; border-top: none; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; background: #E2EFD9; mso-background-themecolor: accent6; mso-background-themetint: 51; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 14.95pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 68; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">Frequency</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border-top: none; border-left: none; border-bottom: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-bottom-themetint: 153; border-right: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-right-themecolor: accent6; mso-border-right-themetint: 153; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-left-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-left-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; background: #E2EFD9; mso-background-themecolor: accent6; mso-background-themetint: 51; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 14.95pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 64; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">3 issues per year ( April, Agustus,<span><span> Desember</span> )</span></span></strong></p></td></tr><tr style="mso-yfti-irow: 1; height: 13.85pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; border-top: none; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 4; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">DOI</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border-top: none; border-left: none; border-bottom: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-bottom-themetint: 153; border-right: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-right-themecolor: accent6; mso-border-right-themetint: 153; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-left-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-left-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><span style="font-size: 7.5pt; font-family: Verdana, sans-serif;"><a href="https://search.crossref.org/?q=Journal+of+Government+and+Politics+%28JGOP%29" target="_blank"><strong><span style="color: blue; background: #F0F0F0;">prefix 10.31764 by</span></strong><strong><span style="color: blue; background: #f0f0f0; text-decoration-line: none;"><!--[endif]--></span></strong></a></span></p></td></tr><tr style="mso-yfti-irow: 2; height: 13.85pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; border-top: none; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; background: #E2EFD9; mso-background-themecolor: accent6; mso-background-themetint: 51; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 68; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">ISSN Online</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border-top: none; border-left: none; border-bottom: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-bottom-themetint: 153; border-right: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-right-themecolor: accent6; mso-border-right-themetint: 153; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-left-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-left-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; background: #E2EFD9; mso-background-themecolor: accent6; mso-background-themetint: 51; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 64; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210424331086035" target="_blank"><strong>2797-5940</strong></a></p></td></tr><tr style="mso-yfti-irow: 3; height: 14.95pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; border-top: none; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 14.95pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 4; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">ISSN Print</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border-top: none; border-left: none; border-bottom: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-bottom-themetint: 153; border-right: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-right-themecolor: accent6; mso-border-right-themetint: 153; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-left-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-left-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 14.95pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210611001572924" target="_blank"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">2</span></strong><span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><span style="font-size: 16px;"><strong>797-7838</strong></span></span></a></p></td></tr><tr style="mso-yfti-irow: 4; height: 13.85pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; border-top: none; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; background: #E2EFD9; mso-background-themecolor: accent6; mso-background-themetint: 51; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 68; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">Editor-in-Chief</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border-top: none; border-left: none; border-bottom: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-bottom-themetint: 153; border-right: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-right-themecolor: accent6; mso-border-right-themetint: 153; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-left-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-left-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; background: #E2EFD9; mso-background-themecolor: accent6; mso-background-themetint: 51; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 64; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">Ilham Zitri</span></strong></p></td></tr><tr style="mso-yfti-irow: 5; height: 13.85pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; border-top: none; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 4; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">Publisher</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border-top: none; border-left: none; border-bottom: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-bottom-themetint: 153; border-right: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-right-themecolor: accent6; mso-border-right-themetint: 153; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-left-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-left-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><a href="/index.php/" target="_blank"><span style="font-size: 7.5pt; font-family: Verdana, sans-serif;"><strong><span style="font-size: 12.0pt; font-family: 'Times New Roman',serif; color: blue;">Universitas Muhammadiyah Mataram</span></strong></span></a></p></td></tr><tr style="mso-yfti-irow: 6; height: 13.85pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; border-top: none; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; background: #E2EFD9; mso-background-themecolor: accent6; mso-background-themetint: 51; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 68; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">Contact</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border-top: none; border-left: none; border-bottom: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-bottom-themetint: 153; border-right: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-right-themecolor: accent6; mso-border-right-themetint: 153; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-left-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-left-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; background: #E2EFD9; mso-background-themecolor: accent6; mso-background-themetint: 51; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 13.85pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 64; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">j.transformasi@ummat.ac.id | +62 87863988310</span></strong></p></td></tr><tr style="mso-yfti-irow: 7; mso-yfti-lastrow: yes; height: 14.95pt;"><td style="width: 106.1pt; border: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; border-top: none; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 14.95pt;" valign="top" width="141"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-yfti-cnfc: 4; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><strong><span style="font-size: 12pt; font-family: 'Times New Roman', serif;">Publication</span></strong></p></td><td style="width: 276.4pt; border-top: none; border-left: none; border-bottom: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-bottom-themecolor: accent6; mso-border-bottom-themetint: 153; border-right: solid #A8D08D 1.0pt; mso-border-right-themecolor: accent6; mso-border-right-themetint: 153; mso-border-top-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-top-themecolor: accent6; mso-border-top-themetint: 153; mso-border-left-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-left-themecolor: accent6; mso-border-left-themetint: 153; mso-border-alt: solid #A8D08D .5pt; mso-border-themecolor: accent6; mso-border-themetint: 153; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; height: 14.95pt;" valign="top" width="369"><p class="MsoNormal" style="mso-margin-top-alt: auto; margin-right: 6.0pt; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 6.0pt; line-height: normal; mso-element: frame; mso-element-frame-hspace: 9.0pt; mso-element-wrap: around; mso-element-anchor-vertical: paragraph; mso-element-anchor-horizontal: column; mso-height-rule: exactly;"><span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><span style="font-size: 16px;"><strong><strong><span><strong><span>April, Agustus, Desember</span></strong></span></strong></strong></span></span></p></td></tr></tbody></table> en-US <span id="result_box" lang="id"><span>Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.</span><br />    <span>Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di</span> <span>jurnal ini</span><br />    <span>Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The</span> <span>Pengaruh Open Access).</span></span> j.transformasi@ummat.ac.id (ILHAM ZITRI) yudhieselotho@yahoo.co.id (YUDHI LESTANATA, S.IP.,M.IP) Fri, 08 Dec 2023 00:41:23 +0800 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pelatihan Aplikasi Digital Untuk Masyarakat Dalam Pemasaran Industri Masakan Khas Holat //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/19788 <p>Keunikan industri rumahan makanan “holat” di desa Purbasinomba ini telah menjadi ikon yang perlu dilestarikan dan dikembangkan pada marketplace dalam dunia industri. Akan tetapi, industri makanan khas ini hanya digunakan pada acara-acara masyarakat, misalnya kenduri, pesta perkawinan, dan acara lainnya. Hal inilah membuat pengusul mengembangkan pasar indutri kepada masyarakat diluar daerah Kec. Padang Bolak, Kab. Padang Lawas Utara. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah metode pendekatan kepada masyarakat desa Purbasinomba sebagai mitra. Adapun pendekatan yang dilakukan, yaitu melakukan pelatihan dan penyuluhan mengenai produksi dan pemasaran industri rumahan berupa bahan-bahan untuk makanan tersebut. Mengoptimalkan kreativitas masyarakat dalam memasarkan produk makanan holat dengan model racikan yang sesuai cita rasa. Tujuan dari kegiatan yang dilakukan adalah untuk membantu masyarakat desa Purbasinomba untuk memasarkan produk makanan “holat” secara online dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Selain melakukan pemberdayaan, pengusul juga mengajak Pemerintah daerah ikut berpartisipasi dalam upaya mempromosikan produk “holat” ini pada acara-acara resmi Pemerintah maupun acara keluarga. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa adanya keselarasan antara bisnis industri rumahan holat meningkat dan berkembang setelah dilterapkan aplikasi digital marketplace.</p> Jusrin Efendi Pohan, Burhanuddin Burhanuddin Copyright (c) 2023 Jusrin Efendi Pohan //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/19788 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pengembangan Wirausaha Melalui Digital Marketing Dan Legalitas Usaha Di Desa Ngasin Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/19959 <p>Sektor UMKM di Desa Ngasin memiliki beberapa pilihan mata pencaharian bagi warganya, antara lain produksi telur asin, produksi karpet tenun, produksi songkok/kopyah, dan peternakan itik. Berdasarkan pengamatan eksternal, potensi usaha kecil dan menengah di Desa Ngasin Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik masih belum berkembang. Salah satunya adalah pelatihan dan pelatihan terkait pengembangan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah dalam sebuah pengabdian yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Dimana mata pencaharian petani dan masyarakat kaya telah beralih ke wirausaha khususnya songkok/pek, sehingga diperlukan pelatihan digital marketing untuk pemasaran produk dan sosialisasi/bantuan legalisasi usaha. mitra Permasalahan utama yang harus diselesaikan bersama mitra adalah meningkatkan media sosial yaitu Facebook dan Instagram untuk mempromosikan produk usaha masyarakat di Desa Ngasin: Tahap 1, Perencanaan Tahap 2, Implementasi. Langkah 3, Evaluasi. Pemberian layanan melalui pelatihan bisnis UMKM ini menghasilkan luaran sebagai berikut: 1. Akun media sosial Facebook dan Instagram 2. Foto dan video promosi produk di usaha masyarakat Desa Ngasin, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Di antara yang menjadi prioritas para mitra adalah permasalahan dari program pengabdian ini adalah bagaimana membuat akun yang digemari masyarakat dan sudah dikenal melalui media sosial. kepada masyarakat yaitu Instagram dan pembuatan sertifikat Nomor Induk Berusaha (NIB). Solusinya berupa pelatihan (coaching dan mentoring) yang dilakukan secara kronologis atau bertahap. Yang pertama adalah memberikan informasi/visi terbuka kepada masyarakat Desa Ngasin tentang pentingnya menggunakan media sosial Facebook dan Instagram. sebagai cara untuk mempromosikan produknya dan yang kedua adalah dengan memberikan pelatihan cara membuat akun Facebook. dan Instagram.</p> Fedianty Augustinah, Sri Roekminiati, Damajanti Sri L, Liling Listyawati, Andry Herawati Copyright (c) 2023 Fedianty - Augustinah //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/19959 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Upaya Peningkatan Pemasaran Umkm Pakaian Adat Di Desa Becirongengor, Wonoayu Sidoarjo Berbasis Pemasaran Digital //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/19994 <em>Salah satu strategi dalam pemasaran saat ini melalui pemasaran digital. Pemasaran digital adalah strategi marketing yang efektif dan relevan dilakukan karena dapat memberikan informasi usaha dan menjangkau pelanggan dalam skala besar. Pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pemasaran digital, pelatihan tentang pengelolaan keuangan dan peningkatan pemasaran UMKM Pakaian adat di Desa Becirongengor, Wonoayu Sidoarjo melalui pemasaran digital. Bentuk pengabdian adalah penelitian deskriptif, dengan tahapan berupa observasi, wawancara, pelaksanaan kegiatan, evaluasi / monitoring dan dokumentasi. Hasil pengabdian masyarakat yaitu lokasi usaha UMKM telah tervalidasi secara digital pada Google Maps, pelaku usaha telah menerapkan sistem manajemen keuangan melalui pembukuan sederhana. Produk pakaian adat sudah memiliki logo dan telah dipasarkan secara digital melalui media sosial Instagram. Berdasarkan upaya pengabdian masyarakat yang dilakukan, diharapkan UMKM Pakaian adat dapat meningkatkan produksi pakaian adat dan memperoleh pelanggan yang lebih luas. </em> Esti Rizkiana Pratiwi, Mawar Diah Pitaloka, Rosa Nur Khofifah, Restu Vivy Nurlia, Dewi Susanti, Aldinanda Rizaldyaji Copyright (c) 2023 Esti Rizkiana Pratiwi, Mawar Diah Pitaloka, Rosa Vivy Nurlia, Restu Vivy Nurlia, Dewi Susanti, Aldinanda Rizaldyaji //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/19994 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pengenalan Teknologi Augmented Reality Pada Pembelajaran Huruf Hijaiyyah di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20138 <p>Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pendidikan dasar Al-Qur’an, khususnya dalam pengenalan huruf hijaiyyah. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual melalui penggunaan kamera AR dan marker. Al-Qur’an sebagai landasan dasar dalam kehidupan umat islam, sehingga Pendidikan dasar Al-Qur’an sejak usia dini sangat penting. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi AR dalam pembelajaran huruf hijaiyyah kepada siswa-siswi. Siswa dan orang tua dari SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong menunjukkan antusiasme dalam mencoba aplikasi yang dirancang, yang mencakup fitur-fitur seperti AR Hijaiyyah, materi, kuis, dan petunjuk. Melalui aplikasi ini, diharapkan siswa tidak hanya dapat melihat huruf hijaiyyah dalam bentuk 3D, tetapi juga meningkatkan pengetahuan mereka melalui materi dan kuis. Penerapan teknologi AR ini diharapkan dapat membantu siswa memahami dan mengaplikasikan huruf hijaiyyah dalam membaca Al-Qur'an, sambil memperkenalkan mereka pada perkembangan teknologi, terutama Augmented Reality.</p><div id="gtx-trans" style="position: absolute; left: 139px; top: 21px;"> </div> Rendra Soekarta, Dewi Astria Faroek, Fitriyani Tella, Ermin Ermin, Nurfitri Nurfitri, Arya Ayu Ningtias Copyright (c) 2023 Dewi Faroek //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20138 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pelaksanaan Program Kkn Internasional Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur-Malaysia Cabang Sanggar Belajar Sungai Penchala //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20158 <p><em>KKN sekarang sudah memiliki banyak jenis dan program yang bisa diikuti oleh mahasiswa, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Untuk mahasiswa di perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) terdapat juga program KKN Mas dengan tingkat nasional dan juga KKN Internasional yang dikelola oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Majelis Diktilitbang. Kegiatan KKN Internasional tahun ini masih diselenggarakan di Malaysia melalui berbagai sanggar belajar (SB) dengan berbagai mitra yang sudah ditentukan. Kegiatan ini diawali dengan persiapan, analisis situasi dan pelaksanaan program. Hasil kegiatan ini yaitu pelaksanaan program kegiatan terdiri dari program akademik, keagamaan, kebudayaan dan kesehatan. Kegiatan ini memberikan manfaat untuk anak-anak Indonesia untuk menambah pengetahuan mereka tentang Indonesia seperti kebudayaan, suku-suku, kepulauan dan tentunya mengenal Muhammadiyah. </em></p> M Farfan, Rahmad Hidayat, Ayatullah Hadi Copyright (c) 2023 Rahmad Hidayat //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20158 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pembinaan Pelaporan Keuangan Sesuai Standar Akuntansi Keuangan //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20244 Perkembangan bisnis kecil menengah tak terbendung khususnya di Jawa timur. namun demikian tata kelola keuangan dari bisnis ini kurang professional. Para pengelola bisnis ini tidak tahu bagaimana mencatat keuangan dari bisnis nya. Yang mereka tahu adalah berapa sisa uang saat ini yang ada. Fungsi pencatatan keuangan penting bagi pemilik bisnis. Dari pencatatan tat kelola keuangan bias diketahui kekakayaan sebenarnya, bisa diketahui kewajiban yang harus dibayar, bias diketahui laba yang dimiliki dalam bisnis. Fungsi lapaoran keuangan ini juga bisa dijadikan dasar untuk pertanggungjawaban kepada para stake holders. Karena itulah pengabdian pembinaan ini dilakukan bersama mitra praktisi. Pembinaan terkait dengan bagaimana penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku. Dari pembinaan yang telah dilakukan, para pengelola bisnis ini baru memahami tahapan membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan relatif mudah dan sangat bermanfaat bagi pengambil keputusan. Zaki Baridwan Copyright (c) 2023 Zaki Baridwan //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20244 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pembinaan Menulis Puisi Siswa SMP Negeri 8 Kota Serang //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20270 <p>Kegiatan menulis puisi memiliki tujuan agar memberikan pembinaan dan pelatihan dalam sebuah bidang kepenulisan karya sastra bagi para siswa SMP. Pembinaan ini berupaya untuk menghasilkan kemampuan literasi yang kreatif dan unik pada siswa, khususnya melalui keterampilan menulis. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai cara untuk mendekatkan sekolah dan siswa dengan karya sastra. Metode pelaksanaan ini dilakukan dengan cara memberikan pembimbingan. Puisi yang mereka buat bervariasi, baik dalam bentuk tifografi, tema, dan isinya. Para siswa terlihat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan pembinaan penulisan karya sastra di sekolah dapat membantu siswa dan pihak sekolah lebih mengenali literasi sastra, terutama dalam hal bidang kepenulisan karya sastra.</p> Saskia Amanda, Iin Nuryati, Bagus Awan Prayogo, Ade Anggraini Kartika Devi, Herwan Herwan, Eka Yatni Copyright (c) 2023 Saskia Amanda, Iin Nuryati, Bagus Awan Prayogo, Ade Anggraini Kartika Devi, Herwan Herwan, Eka Yatni //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20270 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA UMKM //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20330 <p><em>Masih rendahnya pemanfaatan digital marketing dan pengelolan keuangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi hal penting yang harus diperhatikan.  Hal ini dikarenakan bahwa usaha yang digeluti selama ini teknik pemasarannya masih secara konvensional, belum memiliki logo dan packaging yang bagus maupun pencatatan keuangan yang belum maksimal ditambah dengan literasi keuangan yang rendah. Lokasi kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Kediri Selatan Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengenai pentingnya digital marketing dan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Metode yang digunakan adalah sosialiasi dan pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pemahaman pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentang digital marketing dan pengelolaan keuangan menjadi meningkat dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyadari untuk segera mengaplikasikan wawasan yang diperoleh dari kegiatan ini dikarenakan digital marketing dan pengelolaan keuangan yang baik dan benar mampu meningkatkan omset atau penjualan sehingga berdampak terhadap peningkatan kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). </em></p> Agus Khazin Khazin Fauzi, Sofiati Wardah, Baiq Desthania Prathama, Baehaki Syakbani, Lalu Mimbar, Khaerul Hadi, I Nengah Arsana, Yuli Astini, Anna Apriana Hidayanti, Muhammad Rizky Hadi Copyright (c) 2023 Agus Khazin Khazin Fauzi, Sofiati Wardah, Baiq Desthania Prathama, Baehaki Syakbani, Lalu Mimbar, Khaerul Hadi, I Nengah Arsana, Yuli Astini, Anna Apriana Hidayanti, Muhammad Rizky Hadi //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20330 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Transformasi Mesin Pengelolaan Sampah Organik Di Desa Mojotrisno Untuk Mendukung Ketahanan Pangan //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20346 <p>Pengelolaan sampah mencakup berbagai tugas, termasuk pengumpulan bahan sampah, transportasi, pemrosesan, dan daur ulang. Pengelolaan sampah di desa Mojotrisno berubah menjadi program Berseri (Bersih and Lestari) dengan tujuan meningkatkan keberlanjutan dan kapasitas desa untuk pengelolaan sampah, adaptasi perubahan, dan mitigasi. Dalam upaya meningkatkan efisensi dan efektivitas pengelolaan sampah tersebut Tim Abdimas UK Petra melakukan serangkaian kegiatan mulai dari diskusi, workshop dan implementasi pemrosesan bahan sampah organik sehingga pemberdayaan masyarakat di desa Mojotrisno melibatkan partisipasi aktif masyarakat melalui program pengelolaan sampah organik maupun non organik, sehingga tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari. Pemerintah Desa Mojotrisno sendiri telah bertransformasi dan menunjukkan upaya desa dalam mengembangkan kapasitas dalam pengelolaan sampah, adaptasi, dan mitigasi perubahan melalui aktivitas kegiatan di TPS 3R. Beberapa transformasi yang telah dilakukan, antara lain dengan melakukan peremajaan mesin pencacah dan pengadaan mesin pengayak bahan sampah organik serta perbaikan proses dekomposter sehingga komposisi pupuk kompos memenuhi standar yang diharapkan, selain itu Pemerintah desa Mojotrisno terus berkolaborasi dengan institusi pendidikan serta bersinergi dengan pihak ketiga yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam pengelolaan sampah yang dapat membantu dalam penguatan pengelolaan sampah secara professional sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengatasi melonjaknya harga pupuk kimia serta mengantisipasi kurangnya pasokan ketersediaan pupuk bagi tanaman pertanian di desa Mojotrisno.</p> Ian Hardianto Siahaan, Ninuk Jonoadji, Victorius Roy, Jerry Hermanto, Suratno Lourentius Copyright (c) 2023 Ian Hardianto Siahaan //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20346 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pendampingan Anak Sungai Nyalo Belajar Bahasa Inggris Dalam Mendukung Desa Wisata Melalui Media Flashcards //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20371 <em>Sungai Nyalo adalah salah satu tujuan wisata populer di Sumatera Barat. Dalam upaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat mendukung kegiatan pariwisata di masa mendatang, diperlukan pendampingan untuk mempersiapkan generasi penerus desa wisata sejak dini. Salah satu aspek pentingnya adalah kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Agar bahasa Inggris dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, perlu diperkenalkan sejak dini dengan menekankan keanekaragaman lingkungan di Nagari Sungai Nyalo. Metode yang digunakan melibatkan: 1) mendampingi anak-anak Nagari Sungai Nyalo dalam belajar bahasa Inggris dengan tujuan mempersiapkan generasi penerus Nagari Sungai Nyalo yang mahir menggunakan bahasa Inggris, dengan memanfaatkan media Flashcard. 2) Membentuk kelompok belajar bahasa Inggris yang ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Hasil dari kegiatan ini mencakup dua kegiatan utama. Pertama, menentukan anak-anak Nagari yang akan mendapatkan pendampingan belajar bahasa Inggris dengan membangun hubungan yang erat antara anak-anak dan lingkungannya, sesuai dengan usia dan ketertarikan mereka. Kedua, membentuk kelompok belajar bahasa Inggris dengan mengidentifikasi kebutuhan anak-anak Nagari Sungai Nyalo dalam meningkatkan empat keterampilan berbahasa Inggris, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Implikasi dari kegiatan ini adalah agar anak-anak Sungai Nyalo terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari</em>. Rini Afriani, Endang Sepdanius, Siti Fatimah, Evelynd Evelynd Copyright (c) 2023 Endang Sepdanius //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20371 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Sosialisasi Literasi Digital Dalam Mengantisipasi Sexting di Media Sosial Di Pondok Pesantren Banjarbaru //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20387 <p>Program pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada sosialisasi literasi digital dalam mengantisipasi bahaya yang mengintai anak remaja Banjarbaru di media sosial seperti informasi hoaks, sexting dan cyberbullying. Peningkatan kasus sexting di internet semakin menjadi pola baru dalam aksi pornografi. Efek dari penggunaan media sosial yaitu memberikan ruang kepada anak-anak atau remaja untuk bertemu dengan orang lain lebih luas di luar dari kontrol orang tua mereka dan orang dewasa lainnya. Kebijakan dalam menangani sexting pada remaja mendapatkan respon yang rendah dari orang dewasa hingga dianggap menyimpang dari norma agama. Hal ini yang menjadi faktor orang tua di Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengawinkan anak mereka meskipun anak tersebut masih di bawah umur. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi FISIP UNISKA MAB Banjarmasin di Pondok Pesantren Tahfiuzul Qur’an Raudlatul Mutaalimin Annahdliyah (RMA) Kecamatan Guntung Manggis, Banjarbaru, Kalimantan Selatan sekaligus mitra dalam pengabdian ini. Dengan teknik penyuluhan pada kegiatan tersebut, sosialisasi ini memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para peserta bahwa media sosial akan dianggap berbahaya ketika tidak digunakan dengan tepat. Keamanan data pribadi menjadi prioritas penting untuk menghindari kekerasan seksual terjadi. Selain itu, santri dalam menggunakan media sosial membutuhkan pendampingan orang dewasa, baik orang tua selama di rumah atau ustadz dan ustazah ketika mereka di pondok pesantren, agar apa yang diakses di media sosial dapat terkontrol. Penyuluhan ini penting dilakukan agar bahaya pornografi yang merambah ke sexting dapat teratasi sedini mungkin</p> Rizki Apriliyanti, Risa Dwi Ayuni, Ade Nur Atika Sari, Randi Yudha Pangestu Copyright (c) 2023 rizki Apriliyanti //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20387 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA EDAMAME ORGANIK DI LAMPUNG TIMUR //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20452 <p>Edamame sebagai bahan pangan penting memiliki potensi untuk dikembangkan karena tingkat permintaan pasar yang tinggi dan bisa dibudidayakan pada semua jenis tanah, berpeluang dikembangkan masyarakat Lampung Timur. Budidaya edamame organik diperlukan agar usaha pertanian yang dilakukan memberdayakan masyarakat dan mendukung pertanian ramah lingkungan. Kegiatan pengabdian bertujuan memberdayakan kelompok tani Podo Rukun Pekalongan dan Kelompok Wanita Tani Fajar Ayu Purbolinggo di Lampung Timur dengan pembelajaran dan ketrampilan budidaya edamame secara organik. Pengetahuan awal sebelum kegiatan kelompok belum pernah menanam edamame, kurang dari 50% peserta tahu budidaya organik, pupuk kompos dan pupuk cair, biopestisida, refugia, injektior ventury dan pengedalian hama terpadu tetapi belum pernah membuat atau mengaplikasikan. Pasca kegiatan pengetahuan dan ketrampilan peserta 75% menguasai dan memiliki persepsi yang bagus untuk budidadaya edamame, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan memberdayakan peserta.</p> Agus Sutanto, Achyani Achyani, Riswanto Riswanto, Sulis Anjarwati, Nina Ikhwati Wahidah, M. Khoirudin Copyright (c) 2023 Agus Sutanto, Achyani Achyani, Riswanto Riswanto, Sulis Anjarwati, Nina Ikhwati Wahidah, M. Khoirudin //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20452 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0800 Peningkatan Literasi Keuangan Pada Remaja Di SMKN 3 Sumbawa //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20488 <p><em>Literasi keuangan menggambarkan kemampuan seseorang dalam mengelola keuangannya secara bijak hingga tercipta merdeka finansial. Merdeka finansial akan terwujud dengan membiasakan budaya menabung dan investasi sedini mungkin. Namun, remaja sebagai generasi muda di Indonesia khususnya secara umum belum memiliki tingkat literasi yang baik</em><em>. Tujuan dari pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan kepada remaja khususnya para siswa-siswi di SMKN 3 Sumbawa Besar tentang pentingnya literasi keuangan. Metode pelaksanaan berupa sosialisasi dan workshop dengan memberikan materi, ceramah, dan diskusi/tanya jawab yang dilakukan secara offline. Hasil dari kegiatan ini yaitu siswa-siswi di SMKN 3 Sumbawa Besar belum cukup memiliki tingkat literasi keuangan yang baik hal ini di tunjukkan dengan beberapa anak yang telah melakukan investasi namun dengan adanya kegiatan pengabdian ini mahasiswa bisa mengetahui mengenai literasi keuangan, trik dan tips investasi yang baik. Selain itu, kegiatan ini mampu memberikan peningkatan pemahaman tentang literasi keuangan sebesar 85% (mengalami kenaikan sebesar 25% dari sebelumnya)</em></p> Serli Oktapiani, Muhammad Nur Fietroh, Nurasia Nurasia, Hartini Hartini, Aris Sugiarto, Agus Santoso, Abdul Salam, Wirentake Wirentake, Hanifah Sri Nuryani, Sri Andriani, Sherwin Ary Busman, Nova Adhitya Ananda Copyright (c) 2023 Serli Oktapiani, Muhammad Nur Fietroh, Nurasia Nurasia, Hartini Hartini, Aris Sugiarto, Agus Santoso, Abdul Salam, Wirentake Wirentake, Hanifah Sri Nuryani, Sri Andriani, Sherwin Ary Busman, Nova Adhitya Ananda //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20488 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pendampingan Masyarakat Nagari Tiku Selatan Dalam Penggunaan Literasi Digital Untuk Mendukung Wisata Berbasis Web Di Provinsi Sumatera Barat //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20628 <p>Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan potensi wisata, terutama dalam budaya, kuliner, dan alamnya yang memukau. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, maka pemanfaatan literasi digital menjadi sangat penting untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di provinsi Sumatera barat. Melalui pendampingan masyarakat Nagari Tiku Selatan dalam penggunaan literasi digital, diharapkan masyarakat dapat lebih berperan aktif dalam mengembangkan dan mempromosikan wisata berbasis web, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan berdampak positif bagi ekonomi di daerah. Dengan memiliki pemahaman tentang teknologi dan media sosial, masyarakat dapat mencari informasi tentang destinasi wisata, even-even wisata, fasilitas, dan aktivitas yang tersedia secara <em>real-time., A</em>plikasi wisata berbasis web, telah membantu mendukung perekonomian dengan mempromosikan produk warga lokal di Nagari Tiku Selatan.</p><p><em> </em></p> Ardieansyah Ardieansyah, Rozali Ilham, Rotzami Rotzami, Asmungi Asmungi, Deri Amanda Ricola, Muhammad Haerul Alifkah, Aji Bayu Ramadhan Copyright (c) 2023 Ardieansyah Ardieansyah, rozali ilham, Rotzami Rotzami, Asmungi Asmungi, deri amanda ricola, muhammad haerul alifkah, aji bayu ramadhan //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20628 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pelatiahan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Guru PPKN SMP Se Kota Mataram //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20559 <p><em>Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan kondisi perkembangan teknologi informasi yang semakin maju begitu pesatnya. Perubahan mendasar sedang terjadi dalam dunia pendidikan yang popular dengan istilah “fenomena disrupsi” dengan tanda-tanda sebagai berikut; (1) belajar tidak lagi terbatas pada paket-paket pengetahuan terstruktur namun belajar tanpa batas sesuai </em><em>minat (continuum learning), (2) pola belajar menjadi lebih informal, (3) keterampilan belajar mandiri (self motivated learning) semakin berperan penting, dan (4) banyak cara untuk belajar dan banyak sumber yang bisa diakses seiring pertumbuhan MOOC secara besar-besaran. Dengan adanya perubahan yang terjadi dalam dunia pendidkan, banyak pilihan pendekatan pembelajaran yang ditawarkan untuk dapat menjawab tantangan tersebut, salah satunya adalah pendekatan pembelajaran berbasis TPACK. Pendekatan pembelajaran TPACK menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan peserta didik abad 21. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para guru di sekolah mitra tentang konsep pembelajaran berbasis TPACK, Selain itu, guru memiliki kompetensi merancang dan menerapkan pembelajaran berbasis TPACK sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran secaraa holistik hak siswa sesuai dengan karakteristik peserta didik abad 21 dapat terpenuhi sebagaimana mestinya. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah melakukan serangkaian kegiatan pelatihan penerapan pembelajaran berbasis TPACK. Kegiatan pelatiahan ini akan diikuti oleh guru PPKn di SMP se Kota Mataram sebagai peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa seluruh tahapan kegiatan berjalan dengan baik dan telah terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam penerapan pembelajaran berbasis TPACK. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru-guru PPKn di SMP se Kota Mataram. Hal ini dibuktikan dengan guru-guru PPKn Se kota Mataram sebagai peserta pelatihan sudah memiliki pengetahuan </em><em>yang baik tentang pembelajaran berbasis TPACK. Perbandingan hasil pretest dengan posttest juga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Kemudian guru-guru PPKn se kota Mataram sudah bisa membuat rancangan pembelajaran yang berbasis TPACK.</em></p> Edy Kurniawansyah, Ismail Ismail, Edy Harianto, Lalu Sumardi, Ahmad fauzan Copyright (c) 2023 Edy Kurniawansyah, Ismail Ismail, Edy Harianto, Lalu Sumardi, Ahmad fauzan //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20559 Tue, 12 Dec 2023 00:00:00 +0800 Meningkatkan Hard Skill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Pelatihan Penggunaan Geogebra //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20393 <p>Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan hard skill mahasiswa calon guru matematika melalui pelatihan intensif penggunaan GeoGebra, dengan Program Studi Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA sebagai mitra utama. Masalah yang diidentifikasi adalah kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi yang diperlukan untuk mengajar matematika dengan teknologi, khususnya dalam menggunakan GeoGebra sebagai alat bantu. Solusi yang diusulkan adalah penyelenggaraan workshop GeoGebra yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengajar dan memanfaatkan teknologi ini secara efektif. Target luaran melibatkan peningkatan pemahaman konsep GeoGebra, keterampilan dalam mengoperasikan sofware ini, kemampuan merencanakan sesi pembelajaran interaktif, dan keterampilan dalam mengevaluasi penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Langkah-langkah pelaksanaan mencakup workshop intensif dengan presentasi, demonstrasi, dan latihan praktis, materi yang mencakup pengenalan GeoGebra, penggunaan fitur utama, pembuatan aktivitas pembelajaran, serta evaluasi. Selama dan setelah pelatihan, mahasiswa mendapatkan bimbingan dan evaluasi berkala untuk memastikan perkembangan dan penguasaan hard skill mereka. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan ini, beberapa kesimpulan dapat diambil antara lain 1) Kegiatan pelatihan GeoGebra berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep dan potensi penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Mahasiswa telah mampu memahami manfaat alat ini dan potensinya dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif; 2) Pelatihan ini juga efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan dan memanfaatkan fitur-fitur GeoGebra untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran yang interaktif. Mahasiswa mampu membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.</p> sanapiah sanapiah, Yuntawati Yuntawati, Masjudin Masjudin, Ade Kurniawan, Eliska Juliangkary Copyright (c) 2023 sanapiah sanapiah, Yuntawati Yuntawati, Masjudin Masjudin, Ade Kurniawan, Eliska Juliangkary //ojs-upgrade.ummat.ac.id/index.php/transformasi/article/view/20393 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0800
https://sikawan.bolmongkab.go.id/kmbj/ https://survey.petrolab.co.id/pulsa/ https://pelalawankab.go.id/web/ https://lppm.nurulfikri.ac.id/thailand/ https://diskan.bintankab.go.id/pulsa/ https://img-mis.balitower.co.id/ slot16 https://pstf.fib.unej.ac.id/dana/ https://pstf.fib.unej.ac.id/slot16/ https://sinora.unsri.ac.id/sgacor/ https://apps.petrolab.co.id/ https://petrolab.co.id/