IDENTIFIKASI OBJEK WISATA DAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA WISATA (STUDI DI DESA TETEBATU KABUPATEN LOMBOK TIMUR)
DOI:
https://doi.org/10.31764/jabb.v4i2.19723Keywords:
Pariwisata, identifikasi, desa wisataAbstract
Indonesia memiliki sumber daya alam yang dapat dikembangkan menjadi potensi sumber pariwisata. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu provinsi yang menjadi prioritas pengembangan pariwisata di Indonesia. Keberadaan desa wisata yang akhir-akhir ini terus dikembangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Daerah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dimana data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa identifikasi objek wisata di desa Tetebatu penting untuk dilakukan guna meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada pendapatan masyarakat. Usaha yang dilakukan berbagai pihak untuk membantu masyarakat sudah banyak dilakukan oleh pemerintah desa, kelompok sadar wisata dan badan pengelola desa wisata untuk membentuk UMKM dimana masyarakat terbantu dari segi pendapatan.
References
Agustina, L., ISWANTO, D., & SELVA, S. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN YANG DIGUNAKAN OLEH INDUSTRI KERAJINAN GERABAH GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN (Studi Kasus, Di Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah). JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB). https://doi.org/10.31764/jabb.v4i1.7606
Anju, A., Mintasrihardi, M., & Rohana, R. (2022). ANALISIS PERKEMBANGAN BISNIS PARIWISATA DI MANGGARAI BARAT NUSA TENGGARA TIMUR (NTT) DENGAN ADANYA PEMBANGUNAN TEMPAT-TEMPAT TERBARU. JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB). https://doi.org/10.31764/jabb.v3i2.8212
Awaluddin, M., & Hidayat, R. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Kegiatan Peningkatan Produktivitas Manusia Sebagai Tantangan Pemerintah Daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik.
Damayanti, F., Saputra, M. H., & Rahmawati, F. (2023). Dampak Citra Merek dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen pada Pengguna Produk PT. Unilever Indonesia. JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB). https://doi.org/10.31764/jabb.v4i1.14033
Fikri, A. A., Arifin, S., & Fahruddin, M. F. (2022). FORMULASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN DESA WISATA KAMPUNG BUNGA DESA BANYU URIP, KECAMATAN KEDAMEAN, KABUPATEN GRESIK. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Goeldner, C. A., & Ritchie, J. R. B. (2006). Tourism: Principles, Practices,Philosophies (10th ed.).
Hendra, A., 1, N., & Hidayat, R. (2022). Evaluasi Pengelolaan Ekowisata: A Systematic Literature Review. Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/KolaborasiK.
Hidayat, R., & Ferbiyanti, I. (2023). Pelayanan Publik di Kota Mataram: Program Public Safety Center (PSC) 119 Mataram Emergency Medical Service (MEMS). Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi. https://doi.org/10.31334/transparansi.v6i1.3086
Mustamin, M., Hidayat, R., & Alfian, Y. (2020). Peranan Kepemimpinan Kepala Desa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemulihan Pembangunan Fisik Pasca Gempa (Studi Di Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat). JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik). https://doi.org/10.31764/jiap.v8i2.2794
Prayogo, R. R. (2018). Perkembangan Pariwisata Dalam Perspektif Pemasaran. PT Lontar Digital Asia.
Selva, S., Tri Yunarni, B. R., & Hidayat, R. (2016). PENGARUH DIMENSI-DIMENSI NILAI YANG DIPERSEPSIKAN, KEPUASAN, KETERLIBATAN, DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v2i2.125
Tashandra, N. (2022). Mengenal Desa Tetebatu di NTB, Keindahannya Diakui Dunia. Kompas.Com.
Website
https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/tetebatu, di akses pada 20 desember 2022.
https://NTBprov.go.id, di akses pada 20 desember 2022.