TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Usaha Kecil Menengah Kawasan Dasan Sari, Taman UdayanaKota Mataram 2017)

Authors

  • Mega Diana Pratiwi Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Handoyo Wirastomo Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jabb.v1i1.2277

Keywords:

Pencantuman Harga Dalam Menu Dan Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara signifikan pencantuman harga dalam menu terhadap keputusan pembelian konsumen.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung sebagai konsumen di Usaha Kecil Menengah Kawasan Dasan Sari, Taman Udayana Kota Mataram dan sampel
dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan sampel kuota atau (quota sampling), dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jenis Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisa regresi sederhana, karena hanya terdapat dua variabel yang akan diukur pengaruhnya. Variabel-variabel tersebut terdiri dari variabel pencantuman harga dalam menu sebagai variabel independen (X) dan keputusan pembelian konsumensebagai
variabel dependen (Y).  Setelah melalui proses pengujian, hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh valid dan reabilitas serta terdapat pengaruh pencantuman harga terhadap keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini bermaksud memberikan rekomendasi bagi para pemilik Usaha Kecil Menengah dalam upaya memenuhi kepuasan pelanggan dalam keputusan pembelian mengenai pencantuman harga dalam menu, maka diharapkan hasil penelitian ini dapat diterapkan, karena hal ini sangat penting guna memudahkan seorang konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk (makanan atau minuman), serta diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji dan memperluas cakupan penelitiannya baik dari segi variabel, responden, metode maupun lokasi penelitiannya.

References

Abdullah, Thamrin, Francis Tantri, 2012, Manajemen Pemasaran, Jakarta :

Rajawali Pers

Amir, M. Taufik, 2005, Dinamika Pemasaran.Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada

Hartono, 2008, SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian, Yoyakarta, Penerbit : Pustaka Pelajar

Komariah, Kokom, Wiranti, 2010,Modul Menu dan Resep Kontinental, Kementrian Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta : tidak diterbitkan

Oentoro, Deliyanti, 2012, Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta : LaksBang PRESSindo

Pantiyasa, I Wayan, 2013, Metode Penelitian, Yogyakarta, Penerbit : CV. Andi Offset

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta : Erlangga

Pitana, I Gde, I Ketut Surya Diarta, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Edisi Kesatu, Yogyakarta : Andi

Pusat Bahasa, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Edisi Ketiga, Jakarta : Balai Pustaka

Setiadi, J. Nugroho, 2003, Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Penerbit : Prenada Media

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Bandung. Cetakan Kelima, Alfabeta

Sugiyono, 2015, Statistika untuk Penelitian,Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2020-05-27

Issue

Section

Articles