STRATEGI PEMASARAN SUSU KUDA LIAR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA PENYARING KECAMATAN MOYO UTARA KABUPATEN SUMBAWA)

Authors

  • Lalaila Jarening Universitas Muhammadiyah Mataram
  • H. Abdurrahman Abdurrahman Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ismail Ismail Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jabb.v3i2.7602

Keywords:

Strategi Pemasaran, Pendapatan, Marketing Mix

Abstract

ABSTRAK

Peran strategi pemasaran dalam suatu perusahaan sangat penting. Agar perusahaan dapat mempunyai tujuan untuk  kinerja suatu perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan dapat menjalankan secara efektif dan efisien khusus dibidang  pemasaran. Kerhasilan pengusaha dapat di tentukan bagaimana menjalankan   strategi pemasarannya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran seperti apakah yang  digunakan dalammemasarkan produk susu kuda liar oleh masyarakat  DesaPenyaring untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.  Jenis penelitia yang digunakan yaitu peneliti melakukanturun langsung kepada masyarakat dengan   Menggunakan  pendekatan kualitatif. Pengumpulan data peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data, Teknik analisisdata dan menggunakan marketing mix. 

Hasil peneliti menggunakan strategi pemasaran yang telah di lakukan oleh para pengusaha yang mencakup teorimarketing mix 4P yaitu, produk, harga, tempat, dan promosi. Yang sudah berjalan dengan maksimal. Sehingga pendapatan masyarakat desa penyaring meningkat setiap tahunnya. Dari strategi pemasaran tersebut penulis dapat membantu dalam peningkatan pendapatan masyarakat desa penyaring. 

References

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.

Bandung: Alfabeta.

Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko. 2013. Manajemen Pemasaran.

Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta. Berman, Berry and Joel R.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa

Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Ansar, Rahmat Sahbani, Dan Hary Kurniawan, (2017). “Uji kerja alat srilisasi kemasan

sinar ultra violet (uv) untuk produk susu kuda liarâ€.Jurnal abdi insani Unram:ISSN 2356-2935

Daryanto, 2011. Manajemen Pemasaran : Sari Kuliah, Cetakan I, Satu Nusa,

Bandung

Danang Sunyoto. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Public Relation. Bandung: CV Pustaka Setia

Hurriyati, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung: ALFABETHA

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers

Hurriyati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CVAlfabeta.

Fred, R David. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep,. Edisi 12.Jakarta: Salemba Empat.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik, Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran (Marketing Management) (Edisi 13). U.S.A : Pearson Prentice Hall

Kotler. Phillip dan Amstrong. (2011). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Bumi Aksara. Jakarta.

Lexy J. Moleong, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bambang Waluyo, 1991,Penelitian Hukum Dalam Praktek, (Sinar Grafika,Jakarta)

Soebagyo, Joko. 1997. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta : PT.Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparyanto dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media Sattar. 2017. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Deepublish.

Miles, B. Mathew Dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Downloads

Published

2022-11-23

Issue

Section

Articles