LITERASI UNTUK ANAK DAN REMAJA MELALUI PEMANFAATAN BAHAN BACAAN

Authors

  • Iskandar Iskandar Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurul Fikriati Ayu Hapsari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Iwin Ardyawin Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v5i3.10288

Keywords:

literasi, bahan bacaan.

Abstract

Abstrak: Literasi Untuk Anak dan Remaja Melalui Pemanfaatan Bahan Bacaan di Desa Dasan Baru Lombok Tengah, Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka aktualisasi Chatur Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengbadian kepada masyarakat dalam merespon tingkat literasi masyarakat yang rendah. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah tersampainya informasi dan pengetahuan tentang pentingnya membaca melalui penyediaan bahan bacaan yang cukup, baik secara jumlah dan kualitas yang diharapakan dapat berdampak pada peningkatan literasi. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah sosialisasi yang terlebih dahulu dilakukan observasi dan diskusi secara rutin dengan pihak-pihak yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, dengan menggunakan bahasa yang santun dan media yang dapat dipahami oleh masyarakat. Sasaran program pengabdian ini meliputi anak dan remaja yang masih aktif sekolah, yang tidak memiliki bahan bacaan yang cukup di tempat tinggalnya. Hasil dalam kegiatan ini adalah tersampainya informasi dan langkah-langkah yang terukur yang dapat dilakukan oleh anak dan remaja dalam membiasakan dan membetuk budaya baca yang baik, melalui pemanfaatan bahan bacaan secara langsung. Disamping itu dengan adanya kegiatan ini akhirnya peserta menyadari betapa literasi membaca dapat merubah peradigma berfikir dan menaikan taraf pengetahuan yang dapat membantu proses belajar di sekolah meraka.

Abstract: The Use of Reading Materials to improve the Literacy for Children and Adolescents in the Village of Dasan Baru, Central Lombok, 2022. This activity was dedicated for actualizing the Chatur Dharma of University in the field of community service. It was one effort in responding to the low level of societies’ literacy. This activity aimed at spreading out the information related to the importance of reading. However, it could only be achieved by provisioning the sufficient reading material for the society, both in quantity and quality. Subsequently, this activity was expected to have an impact on improving the societies’ literacy. This activity employed socialization method which was done through regular observations and discussions with the parties who were involved in the implementation of community service. The targets of this service program were children and adolescents who were still active in school, but they did not have sufficient reading materials in their homes. The result of this activity is the delivery of information and measurable steps that can be taken by children and adolescents in forming a good reading culture through the use of directly reading materials. Besides, from this activity, participants finally realized how important the reading literacy is; it could change the paradigm of thinking and raise the level of knowledge which can help enhancing the learning process at their school.

References

Ampuni, S. (1998). Proses Kognitif dalam pemahaman bacaan. Buletin Psikologi, 6(2).

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1).

Ardyawin, I. (2020). Urgensi pengembangan koleksi sebagai upaya menyediakan koleksi yang berkualitas di perpustakaan. Jurnal Adabiya, 20(1), 86–108.

Elvina, R., & Rahmah, E. (2013). Pengelolaan Perpustakaan Keliling di Kantor Perpustakaan, Arsip, danDokumentasi Kabupaten Pesisir Selatan. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 251–258.

Fahmy, Z., Purwo Yudi Utomo, A., Edy Nugroho, Y., Tetty Maharani, A., Akhla Alfatimi, N., Izmi Liyana, N., Galih Kesuma, R., & Titi Wuryani, dan. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121–126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469

Hendrayani, A. (2018). Peningkatan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik kelas rendah melalui penggunaan reading corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Husna, A. N., Syaidah, W. D. F., Nisaa, U. F., Maharani, J. N., Briliani, A. T., & Putra, D. N. (2022). Digital literacy program to solve problematic internet use during Covid-19 pandemic for PKK families in Paremono, Mungkid, Magelang. Community Empowerment, 7(6), 1089–1099.

Husna, A. N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Anggraini, D. E., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program Literasi Digital untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Desa Sedayu, Muntilan, Magelang. Community Empowerment, 6(2), 156–166.

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144–152.

Joko, B. S. (2019). Memperkuat Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sma Di Balikpapan. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2), 123–141.

Kiasati, A. I., & Heriyanto, H. (2022). Pengaruh layanan kotak literasi cerdas terhadap minat baca masyarakat di Pangandaran. Daluang: Journal of Library and Information Science, 2(1), 13–30.

Maryani, N., Ichsan, M., & Khairunnisa, K. (2017). Signifikansi Metode Guide Reading Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Teori Membaca Nyaring. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 126–139.

Nugrahani, F., Imron, A., & Widayati, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Karakter. Jurnal Widyaprana, 48(1), 50–64.

Perpustakaan Nasional, R. I. (2012). Kebijakan pengembangan koleksi perpustakaan nasional. Perpustakaan Nasional RI.

Putri, W. A., & Santoso, T. (2015). Efektivitas Pelayanan Perpustakaan Keliling Di Kota Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01).

Rohana, R., Furbani, W., & Ardyawin, I. (2018). Literatur Keislaman Dalam Pendidikan Pondok Pesantren (Studi di Madrasah Diniyah Nurul Islam Dasan Baru, Murbaye, Lombok Tengah). Jurnal Ulul Albab, 22(1).

Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123.

Umum, P. P. P. (1992). Perpustakaan Nasional RI. Jakarta.

Witarsa, R., Nurmalina, N., & Mufarizuddin, M. (2021). Penyuluhan Literasi Digital Desa Ridan Permai. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1104–1111.

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles