PELATIHAN TANGGUH BENCANA SEROJA UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN WARGA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v5i4.10308Keywords:
literasi bencana, peserta didik, SD Inpres Kuanheum.Abstract
Abstrak: Bencana cuaca ekstrem yang dipicu siklon tropis Seroja telah berdampak luar biasa kepada masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada awal April 2021 lalu BMKG merilis adanya dua bibit siklon tropis yang dapat berdampak pada cuaca ekstrem. Salah satunya siklon tropis 99S yang kemudian dikenal luas sebagai Siklon Seroja. Upaya mitigasi bencana perlu di sampaikan kepada masyarakat terutama pada siswa sekolah dasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan umum terkait sadar bencana dan pemahaman mengenai pentingnya literasi kebencanaan dan spesifikasi cara pencegahan (pra bencana), menanggulangi (pasca bencana) serta evakuasi mandiri (tanggap darurat) yang dapat dilakukan oleh siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode kontekstual berbantuan media booklet. Untuk mengetahui peningkatan belajar siswa, siswa diarahkan untuk mengerjakan soal pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tingkat literasi terkait mitigasi bencana bagi siswa SD Inpres Kuanheum masih kurang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya hasil evaluasi kegiatan yang menunjukkan siswa belum terbekali dengan edukasi mitigasi yang cukup. Penggunaan media berupa booklet ringkas inovatif sesuai untuk diterapkan bagi siswa sekolah dasar SD Inpres Kuanheum untuk menggugah ketertarikan dalam membaca dan belajar. Edukasi literasi mitigasi bencana harus diimbangi dengan integrasi dalam materi pelajaran formal di sekolah dan pembiasaan secara berkelanjutan.Â
Abstract:Â The extreme weather disaster triggered by tropical cyclone Seroja has had a tremendous impact on the people of East Nusa Tenggara (NTT). In early April 2021, BMKG released two tropical cyclones that could have an impact on extreme weather. One of them was tropical cyclone 99S which became widely known as Cyclone Seroja. Disaster mitigation efforts need to be conveyed to the community, especially to elementary school students. This community service activity aims to provide general insights related to disaster awareness and understanding of the importance of disaster literacy and specifications on how to prevent (pre-disaster), overcome (post-disaster) and self-evacuation (emergency response) that can be carried o ut by elementary school students. The method used is a contextual method assisted by the media booklet. To find out the improvement of student learning, students are directed to do pre-test and post-test questions. The results of the activity showed that the level of literacy related to disaster mitigation for students of SD Inpres Kuanheum was still lacking. This is shown by the results of the evaluation of activities that show that students have not been equipped with sufficient mitigation education. The use of media in the form of innovative concise booklets is suitable to be applied to elementary school students of SD Inpres Kuanheum to arouse interest in reading and learning. Disaster mitigation literacy education must be balanced with integration in formal subject matter in schools and ongoing habituation.
References
Bronfenbrenner, U. (n.d.) 1986. Ecology of the Family as a Context for Human Development: Research Perspectives. 20.
Bronfenbrenner dan Morris. 1988. The Ecology of Developmental Processes.
In W.Damon(Series Ed.) & R. M. Lerner (Vol. Ed.), Handbook of Child
Psychology: Vol. 1: Theoretical Models of Human Development,(New
York: Wiley), h. 234
Brown, L. M., Haun, J. N., & Peterson, L. (2014). A proposed disaster
literacy model. Disaster Medicine and Public Health Preparedness,
(3), 267–275.
Dyah Lyesmaya & Luthpi Saepuloh. 2015. Model Pembelajaran Literasi Melalui Pendekatan Proyek Media Cetak di Sekolah Dasar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter. Prosiding Seminar Nasional Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi ISBN 978-602-98647 4-8. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pemerintah-persiapkan-kesiapsiagaan bencana-di-satuan-pendidikan
Kemendikbud. 2015. Modul 3 Pilar 3 - Pendidikan Pencegahan Dan
Pengurangan Risiko Bencana. Biro Perencanaan Dan Kerjasama Luar
Negeri Sekretariat Jenderal Kemendikbud: Jakarta
Labudasari, E. (2020). Literasi bencana di sekolah: sebagai edukasi untuk meningkatkan pemahaman kebencanaan. 16(1), 8.
Muktaf, Z. M. (2017). Studi Literasi Bencana dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. Retrieved on December, 13, 2018.
Prakoso, B., Widana, I. D. K. K., & Subiyanto, A. (2021). Pendidikan dan Literasi Bencana Dalam Kerangka Tri Sentra Pendidikan untuk Generasi Tangguh Bencana. Jurnal Manajemen Bencana (JMB), 7(1).
Priyowidodo, G., & Luik, J. E. (2013). Literasi mitigasi bencana tsunami untuk masyarakat pesisir di Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Ekotrans, 13(1), 47–61.
Pradina, A. T., & Pratama, M. M. A. (2021). Peningkatan literasi mitigasi bencana gempa bumi melalui booklet ringkas inovatif bagi siswa sdn wonoayu kecamatan wajak kabupaten malang. 3(3), 9.
Prakoso, B. (2021). Pendidikan dan literasi bencana dalam kerangka tri sentra pendidikan untuk generasi tangguh bencana. 7(1), 18.
Rofidahsiti. 2017. Kesiapsiagaan Warga Sekolah Dalam Upaya
Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Patean Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Provinsi
Jawa Tengah). Jurusan Geografi FAKULTAS Ilmu Sosial
Universitas Negeri Semarang. Skripsi Tidak di terbitkan.
Saddam, S., Lestanata, Y., Isnaini, I., Ihsan, I., Saoki, M., & Jafar, M. U. A. (2018). Pelatihan Pertolongan Pertama Search And Rescue (PP-SAR) Air Nasional Korps Sukarela Palang Merah Indonesia dan Relawan Perguruan Tinggi Se-Indonesia. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 43–58.
Salwa Salsabila, & Rachmah. (2021). Pembelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar dengan Metode Demonstrasi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 115–120. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.83
Setyowati, D. L. (n.d.). 2019. pendidikan kebencanaan. 38.
Suarmika, p. e., & utama, e. g. (n.d.). 2017. pendidikan mitigasi bencana di sekolah dasar. 7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).