PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA PERIKANAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v5i4.10768Keywords:
Digital Marketing, Pindang Ikan, UMKM, Usaha Perikanan.Abstract
Abstrak: Kelompok usaha pindang bandeng di Kabupaten Bekasi memulai usaha dalam bidang perikanan sekitar 20 tahun. Selama perjalanan usahanya, produk pindang ikan bandeng diproduksi dan distribusikan secara konvensional. Sumber daya manusia merupakan salah satu keterbatasan dalam pengembangan usaha pindang bandeng. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi pelaku usaha pindang bandeng terkait pemanfaatan teknologi digigal untu mendukung aktivitas usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu berupa seminar pemberian materi dan workshop keterampilan teknologi digital. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan dalam proses pengemasan produk dan pemasaran menggunakan digital marketing. Seluruh peserta kegiatan menyatakan bahwa pendampingan pelaku usaha perikanan ini bermanfaat untuk mereka. Melalui kegiatan ini para peserta memeroleh pengetahuan, dan keterampilan tentang proses produksi dan pemasaran usaha pindang menggunakan teknologi digital. Diperlukannya tindak lanjut dan waktu pendampingan yang lebih panjang dalam upaya membuat pelaku usaha lebih mudah beradaptasi dan mandiri.
Abstract:Â Pindang bandeng business group in Bekasi Regency started a business in the fishery sector for about 20 years. During the course of its business, milkfish pindang products were produced and distributed conventionally. Human resources are one of the limitations in the development of milkfish pindang business. This activity is carried out to provide understanding and skills for milkfish pindang business actors regarding the use of digital technology to support business activities. The method used in the activity is in the form of seminars on providing material and workshops on digital technology skills. The results of the activity evaluation show that there is a change in knowledge in the process of product packaging and marketing using digital marketing. All participants of the activity stated that the assistance of fishery business actors was beneficial for them. Through this activity, participants gain knowledge and skills about the production process and marketing of pindang businesses using digital technology. The need for follow-up and longer mentoring time in an effort to make business actors more adaptable and independent.
References
Araina, E., Sulistyaningrum, T. W., & Firlianty, F. (2020). Edukasi Mengenai Peranan Mahluk Hidup Dan Kandungan Nilai Gizinya Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(1). 141-149. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1382
Ati Kusmiati. (2022). Pemberdayaan UMKM Olahan Ikan Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 234–242. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.879
Haqiqiansyah, G., & Sugiharto, E. (2021). Profil dan Kinerja Usaha Olahan Perikanan di Kelurahan Sarijaya Kecamatan Sanga Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pertanian Terpadu, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.36084/jpt..v9i1.307
Hardjanto, K., & Windoatmoko, W. (2021). Profil Usaha Pemindangan Ikan pada Sentra Pengolahan Ikan Kota Magelang. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 15(3), 261–276.
Hikmayani, Y., & Yulisti, M. (2016). Dampak Ekonomi Program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (Pump) Pada Usaha Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Perikanan. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan. 10 (2). 229-240. https://doi.org/10.15578/jsekp.v10i2.1262
Hudaya, Y., Hubeis, A. V., Sugihen, B., & Fatchiya, A. (2017). Pemberdayaan Pengolah Ikan Skala Rumah Tangga Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan. 12 (2). 189-202. https://doi.org/10.15578/jsekp.v12i2.6433
Prasetyo, B., Hubeis, M., Purwanto, B., Agatis, J., & Darmaga, K. I. P. B. (2020). Evaluasi Bantuan Modal Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan di Kabupaten Bogor (Studi Kasus UKM Penerima Bantuan PUMP-P2HP Tahun 2012-2014). Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. 15 (1). 10–18.
Rachmah, Q., Indriani, D., Hidayah, S., Adhela, Y., & Mahmudiono, T. (2020). Pendidikan Gizi Gemar Makan Ikan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Pencegahan Stunting Di Desa Gempolmanis Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. Amerta Nutrition, 4 (2). 165-170. https://doi.org/10.20473/amnt.v4i2.2020.165-170
Sari, D., A., & Suprapto, R. (2019). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Pengolahan Ikan Melalui Analisis Swot. Stability: Journal of Management and Business, 1 (2). 110-122. https://doi.org/10.26877/sta.v1i2.2857
Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. 13 (1). 19-28. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28
Sigalingging, R. I. K., Soebhakti, H. O., & Susilawati, T. (2020). Penyuluhan Pengolahan Perikanan pada Poklahsar di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan , Jawa Barat [ Fishery Processing Extension at Poklahsar in Darma District , Kuningan. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 14(3), 315–328.
Surasno, D. M., Mansyur, S., Rahayu, A., & Kurniawan, D. (2022). Edukasi Pemanfaatan Makanan Berbasis Pangan Lokal di Kelurahan Gubukusuma Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022. Jurnal Biosaintek. 4 (2), 57–60.
Syahril, S., et al., (2021). Peningkatan Nilai Tambah Ikan Melalui Metode Pemindangan Di Desa Ketupat Kecamatan Raas. Jurnal Abdimas Sosek: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi. 2 (3). 16-18. http://journal.pdmi-pusat.org/index.php/jas/article/view/52
Trisngati, U., Genarsih, T. (2022). Edukasi Gemar Ikan: Upaya Peningkatan Kesadaran dan Kepedulian Sosial Mahasiswa. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2 (1). 779–784. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Wijaya, S., Fadhillah, M., Mulyanti, P. P., Utari, S. A., Kedokteran, F., Jakarta, U. M., & Dahlan, J. K. H. A. (2021). Edukasi Pentingnya Gizi Seimbang Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswi Tataboga Sma Plus Pgri Cibinong. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).