WORKSHOP PUBLISH OR PERISH UNTUK GURU DI SMP NEGERI 20 KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1282Keywords:
Publish or Perish, Guru, Menulis, Workshop, Karya Tulis Ilmiah.Abstract
Abstrak: Fokus kegiatan pengabdian ini berupa workshop dengan tema publish or perish (publikasikan atau tersisihkan) dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam kegiatan menyusun dan mempublikasikan karya tulis ilmiah. Metode pendekatan yang digunakan yaitu pelatihan dengan Participatory Learning Method (PLM) yang diimplementasikan pada 17 guru di SMP Negeri 20 Kota Serang. Materi yang diberikan berupa isu yang berkembang dalam dunia pendidikan, inovasi dalam metode dan media pembelajaran, serta metode penelitian pendidikan tindakan kelas. Para guru juga mendapatkan pendampingan penyusunan penulisan karya tulis ilmiah. Hasil kegiatan ini berupa tiga artikel yang telah melalui penyeleksian dipublikasikan di Jurnal GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Serang Raya. Kegiatan ini memberikan indikasi positif bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan dampak yang baik sebagai permulaan untuk membangun motivasi dalam menulis dan mempublikasikan karya tulis ilmiah. Hasil kegiatan ini menjadi bahan refleksi dan pertimbangan tim pengabdian Universitas Serang Raya dan pihak sekolah untuk bekerjasama menyelenggarakan kegiatan lanjutan dan berkesinambungan.
Abstract: The focus of the community learning service program was a ‘publish or perish’ workshop to improve the ability of teachers in writing and publishing scientific papers. Participatory Learning Method (PLM) was used to achieve the goals that implemented in each 17 teacher in SMP Negeri 20 Kota Serang as the participant. The material provided is about education’s issues, innovation in teaching and learning methods, and Classroom Action Reasearch methods. The teachers also received assistance in writing scientific papers. As a result, three selected articles published in the GAUSS Journal: Journal of Mathematics Education, Universitas Serang Raya. The value provides a positive indication to the community learning service program. It has a good impact as a beginning to build motivation in writing and publishing scientific papers. The results of this activity were a reflection and consideration of the Universitas Serang Raya as an organizer team and the school to work together to carry out follow-up and continuous activities.
References
Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Damayanti, A. R. (2019). Gaya Selingkung Artikel Jurnal Di Indonesia.
Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan etika profesi guru. Bandung: Alfabeta.
Hafiar, H. (2015). Peningkatan Pendidikan Dan Pengembangan Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Katapang Melalui Partisipasi Dalam Publikasi Akademis Di Media Massa. Dharmakarya, 4(2).
Isma Widianty. (2012). IbM Perempuan Korban trafficking di jawa barat (Proposal Usul Program IPTEKS Bagi Masyarakat UPI). Bandung; Tidak diterbitkan.
Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.
PERMENPAN, R. B. (2009). Nomor 16 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta.
Rooijakkers, A. (1980). Mengajar dengan Sukses: Petunjuk untuk merencanakan dan menyampaikan pengajaran. Gramedia, diterbitkan dengan kerjasama YKPTK.
Sartika, T. (2019). Analisis Gaya Selingkung 5 Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Terbaru di Indonesia.
Supriani, Y., Giyanti, G., & Sholahudin, U. (2018). Pemanfaatan Produk Preloved Untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Experiential Learning. KUAT: Keuangan Dan Akuntansi Terapan, 2(2).
Wasino, W., Amin, S., & Azinar, T. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal untuk Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. JURNAL PANJAR: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 104–106.
Wening, S. (2009). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru SMK. INOTEKS, 13(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).