BIMBINGAN TEKNIK KOMUNIKASI BAGI PENGURUS OSIS SISWA SMK NEGERI 1 NARMADA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v6i3.14568Keywords:
Guidance, Technique, Communication.Abstract
Abstrak: Peningkatan kemampuan siswa yaitu 75% dari 20 orang siswa. Kegiatan bimbingan teknik komunikasi yang dilakukan oleh tim pengabdian pada masyarakat kepada siswa pengurus OSIS SMKN 1 Narmada sebanyak 20 orang merupakan bentuk tindak lanjut dari adanya kekurangan siswa dalam teknik dalam berkomunikasi, oleh karena itu kegiatan ini lakukan untuk membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam menyusun kegitan komunikasi baik lisan maupun tulisan. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah dan praktik dalam kegiatan bimbingan. Hasil kegiatan bimbingan menunjukan bahwa proses bimbingan yang dilaksanakan dapat memberi peningkatan terutama dalam peningkatan kecakapan untuk menghasilkan kegiatan komunikasi lisan maupun tulisan yang sesuai dengan kaidah dalam kebahasaan yang baik dan benar.
Abstract: Improved students' abilities, namely 75% of 20 students. The communication technique guidance activity was carried out by the community service team for the Intra School Student Organization of SMKN 1 Narmada as a follow-up to the lack of students in communication techniques. This activity is undertaken to assist students to improve their ability to organize communication activities both orally and written. The method employed in the community service is the lecturing and practicing methods. The results of the guidance activities showed that the guidance process performed can provide improvements, especially in increasing skills to produce oral and written communication activities that are in accordance with the rules of language.
References
Affiifi, Dll. 2014. “Penggunaan Teknik Mind Mapping Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: vol? issue?7–31.
Afnarius, Surya et al. 2019. “Pengabdian Masyarakat Perancangan Konseptual Aplikasi Surat- Perancangan Konseptual Aplikasi Surat-Menyurat Integrasi Data Kependudukan Di Nagari Koto Gadang Dengan.†(1511521022).
Akbar, M. A. (2023). Bimbingan sitasi untuk meningkatkan referensi dan meminimalisisr plagiasi pada karya tulis ilmiah mahasiswa. 6(1), 206–212.
Faisal, Y., & Mahsyar, A. (2019). Pembimbingan Kader Pemuda Motivator Pelestari Lingkungan Hidup. Journal of Character Education Society, 2(1), 19–23. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Ihsani, B. Y., Untari, T., & Darmutika, L. A. (2018). Pelatihan Penulisan Surat Dinas Pada Perangkat Kantor Desa Jatisela Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 23. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.70
Ismail, H., Nizaar, M., Maryani, S., Nurmiwati, N., Hidayati, H., Haifaturrahmah, H., & Erwin, E. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/6510
KE, M. (2016). No Title مقياس Ù…Ù‚ØªØ±Ø Ù„ØªÙ‚ÙŠÙŠÙ… جودة. جلة الإداري، معهد الإدارة العامة، سلطنة عمان، مسقط:, 147(March), 11–40.
Maulana Aieb. (n.d.). No Title. In Komunikasi Tertulis: Arti, Manfaat, Contoh, dan Cara Meningkatkannya. 24 Agu 2022. https://glints.com/id/lowongan/komunikasi-tertulis/
Nurcahya, A. (2012). No Title. tikesmuhgombong.blogspot.com/2012/04/komunikasi-organisasi_2607.html#
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. BPF.
Nurjani. (2022). Pembinaan Kegiatan Pramuka Untuk Meningkatkan. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 620–628.
Nurmiwati, N., Akbar, M. A., Mandala, H., Erwin, E., & Thursina, M. (2022). Pelatihan Konsep Surat-Menyurat: Sebuah Upaya Peningkatan Pembuatan Surat-Menyurat Pada Mahasiswa. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 707–714.
Pujiatna, T., Mascita, D. E., & Gloriani, Y. (2019). Pembinaan Tata Bahasa Indonesia Pada Administrasi Surat-Menyurat Dan Ruang Publik. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 170. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2851
Putera, L. J., & Khairussibyan, M. (2018). Pelatihan Penulisan Kreatif Terstruktur. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 52. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.114
Setiawan, H. R. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47–67. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1081
Susilawati, E. (2016). Komunikasi Organisasi di SMK. Manajer Pendidikan, 10(2), 138–142. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/1247/1044
Susilawati, E. (2016). Komunikasi Organisasi di SMK. Manajer Pendidikan, 10(2), 138–142. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/1247/1044
Tarigan Henry Guntur. (2015). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Zamrodah, Y. (2016). Kajian Teori Komunikasi. 15(2), 1–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).