SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA MUTU DAN DAYA PIKAT KEMASAN PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v1i2.1519Keywords:
Sosialisasi, Mutu, Kemasan, ProdukAbstract
Keberhasilan suatu produk di pasar, didukung beberapa hal penting, diantaranya kemasan. Peran penting kemasan pada sebuah produk yang akan dijual. Selain bisa menambah nilai estetika, desain kemasan juga bisa menarik perhatian sekaligus bahan promosi.Selain itu produk yang sudah memasuki proses kemas biasanya juga bisa bertahan lebih lama serta bisa melindungi produk dari bahaya kerusakan saat proses pendistribusian. Kemasan adalah pembungkus atau wadah yang biasa dimanfaatkan untuk mencegah atau meminimalisasi adanya kerusakan pada barang di dalamnya. Adapun definisi pengemasan adalah suatu proses memberi wadah atau pembungkus untuk suatu produk. Misalnya, melindungi dari sinar matahari secara langsung, kelembaban udara, oksigen, pemcemaran dari virus atau kumas, dan benturan. Pengemasan produk bisa digunakan sebagai media petunjuk bagi konsumen melalu informasi atau tanda yang terdapat pada kemasannya. Berdasarkan pertimbangan itu, Dosen Universitasn Indonesia Timur (UIT) Makassar, yang terdiri dari dosen Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, menggelar sosialisasi akan pentingnya mewujudkan kemasan produk yang baik, kepada sejumlah Usaha Kecil Mikro (UKM) di Kota Makassar, dihadiri kurang lebih 15 pelaku usaha.References
Amstrong, K. dan. (2010). Pengertian kualitas produk. Jackson R.S. Weenas - Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.
Hanidah II; Santoso MB ; Mardawati E; Setiasih IS. (2018). Pemberdayaan Pengrajin “Pindang Cue†Desa Jayalaksana Melalui Teknik Pengemasan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat I, 7(1), 14–18.
Herawati, H. (2008). Penentuan umur simpan pada produk pangan. Jurnal Litbang Pertanian.
Kartawan, K., Rinandiyana, L., & Kurniawan, D. (2016). Pengembangan Usaha Melalui Peningkatan Kemampuan Bersaing Produk Umkm Dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(2).
KemenkesRI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 Tahun 2013. , Kementrian Kesehatan Republik Indonesia § (2013).
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2012). Packaging Desing. Successful Product Branding from Concept to Shelf, John Wiley&Sons. In Inc., New Jersey.
Philip Kotler dan Gery Amstrong. (2012). pengaruh lokasi, kualitas pelayanan terhadap keputusaan pembelian.
Rachmat, A. R., & Pamungkas, A. (2014). Faktor-Faktor Kerentanan yang Berpengaruh Terhadap Bencana Banjir di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Teknik Pomits.
Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk di tinjau dari bahan kemasan,bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap kehhghffffputusan pembelian pada produk minuman mizone di kota semarang. Jurnal STIE Semarang.
Widiastini, N. M. A., Arini, R. P., & Andiani, N. D. (2014). Pengemasan makanan lokal sebagai produk wisata kuliner di Bali. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 19(2), 121–133.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).