PENINGKATAN PENGELOLAAN USAHA PADA UMKM DI JAKARTA

Authors

  • Yustikarani Julianti Pambudi Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT, Politeknik APP Jakarta
  • Rinandita Wikansari Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT, Politeknik APP Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v6i3.15398

Keywords:

MSMEs, Marketing Management, Brand Identity.

Abstract

Abstrak: Perkembangan UMKM di Indonesia meningkatkan iklim persaingan usaha, yang membuat setiap UMKM berupaya meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. UMKM harus mampu memberikan keunikan dari segi produk dan branding agar dapat menjadi pembeda dan nilai lebih bagi konsumen. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pelatihan mengenai pembuatan identitias usaha seperti logo, kemasan dan pembuatan katalog produk untuk mendukung proses rebranding. Pengabdian masyarakat dilakukan pada satu mitra UMKM makanan ringan yaitu Mulyasari Snack. Tahapan kegiatan diawali dengan identifikasi awal kondisi UMKM, pelatihan secara tatap muka dan daring, pendampingan implemetasi dan ditutup dengan presentasi hasil pendampingan oleh UMKM. Melalui proses pelatihan, mentoring dan coaching, UMKM Mulyasari Snack berhasil melakukan rebranding menjadi Mulasari Snack. Rebranding yang dilakukan terdiri dari perubahan nama, logo, dan kemasan. Selain itu untuk meningkatkan kegiatan pemasaran produk Mulasari Snack juga membuat katalog produk. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan UMKM memberikan dampak yang siginifikan dengan melakukan rebranding, UMKM berhasil mendaftarkan merek dagangnya ke HAKI.

Abstract: The development of MSMEs in Indonesia increases the climate of business competition, which makes every MSMEs strive to improve product and service quality. MSMEs must be able to provide uniqueness in terms of products and branding so that they can become a differentiator and add value to consumers. The community service activities aim to provide mentoring and training on the creation of business identities such as logos, packaging and product catalogue to support the rebranding process. The community service is done on one UMKM partner of snack, Mulyasari Snack. The stage of activity begins with the initial identification of UMKM conditions, face-to-face and online training, accompanying implementation and concludes with the presentation of accompanied results by UMKM. Through the process of training, mentoring and coaching, UMKM Mulyasari Snack managed to rebranding into a Mulasari snack. Rebranding consists of changing the name, logo, and packaging. In addition to improving product marketing activities, Mulasari Snack also makes a product catalog. The activity of devotion to the community of accompanying UMKM gives a significant impact by doing rebranding, UMKM managed to register its trade mark right.

References

Christofer, O., Singkoh, F., & Kumayas, N. (2019). Peranan Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa (Suatu Studi di Dinas Koperasi dan UKM). Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–10.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Kadeni, K., & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548

Muntazori, A. F., & Listya, A. (2021). Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal melalui Desain Logo. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(3)(Ekonomi UMKM), 342–351.

Muntazori, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. (2019). Branding Produk UMKM Pempek Gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177. https://doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252

Nofrizal, N., Lubis, N., Hardi, H., Maryanti, S., N, A., & Widayat, P. (2021). Pengaruh Keunikan Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Oleh-Oleh Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 219–226. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.219-226

Nuvitasari, A., Citra Y, N., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i3.21144

Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Nf, A. G., & N, D. R. (2018). Penguatan produk UMKM “ Calief †melalui strategi branding komunikasi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 348–354.

Permana, I. A., M. Ramdan, A., & Mulia Z, F. (2019). Kekuatan Keunikan Produk dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 181–191. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.608

Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., & Simangunsong, P. B. N. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Abdimas Iptek, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3381

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Bilancia, 11(1), 33–59. https://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/blc/article/view/298/216

Surya, A. (2021). Analisis Faktor Penghambat UMKM di Kecamatan Cileungsi. 11(2), 342–350.

Syukriah, A., & Hamdani, I. (2013). Peningkatan Eksistensi Umkm Melalui Comparative Advantage Dalam Rangka Menghadapi Mea 2015 Di Temanggung. Economics Development Analysis Journal, 2(2), 110–119.

Yusnita, M., & Wibawa, D. P. (2020). Menakar Peran Pemerintah Dan Akademisi Terhadap Pengembangan UMKM. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3020

Downloads

Published

2023-07-01

Issue

Section

Articles