SOSIALISASI TANGGAP BENCANA PADA MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN LITERASI MEDIA DI LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v2i2.1549Keywords:
Sosialisasi, Tanggap Bencana, Litarasi Media.Abstract
Abstrak: Sosialisasi Tanggap Bencana Pada Masyarakat di Desa Teros Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur Melalui Pendekatan Literasi Media Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Mataram, 2019. Kegiatan  ini  dilaksanakan sebagai bentuk pengamalan Chatur Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengbadian pada masyarakat dalam merespon isu kebencanaan yang berhubungan dengan pencegehan, mitigasi, kesiap-siagaan, dan literasi media. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah tersampainya informasi penanganan kebencanaan dengan menggunakan media sebagai sarana informasi, baik media cetak maupun online, serta pengetahuan praktis tentang cara mengantisipasi bahaya bencana. Tujuan lain adalah mengurangi resiko bencana yang menyebakan terjadi kerugian baik moril maupun materi pada masyarakat. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah metode sosialisasi dengan terlebih dahulu dilakukan observasi awal langsung bertemu dengan perangkat desa dan masyarakat, dengan menggunakan bahasa yang santun dan media yang dapat dipahami oleh masyarakat. Sasaran program pengabdian ini meliputi aparat desa, tokoh masyarakat, masyarakat umum, pemuda, dan para siswa, pada tingkatan, SMP, SMA, dan juga mahasiswa sebagai warga masyarakat setempat. Hasil dalam kegiatan ini adalah tersalurnya berbagai informasi dan langkah penanggunalan bencana yang pada akhirnya dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membentuk kelompok peduli bencana, relawan bencana, dan tersediaanya peta resiko bencana disetiap lingkungan.
Abstract: Disaster response socialization in communities through media literation approaches in Teros village, Labuhan Haji, east lombok. Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Mataram, 2019. This activity was carried out as one realization of the four higher education principles, it is in the field of dedication to the community in responding to disaster issues related to prevention, mitigation, preparedness, and media literacy. The aim of this activity is to gain the information on disaster management through media as a means of information, both on printed and online media. Moreover, it also aims to obtain practical knowledge on how to anticipate the danger of disasters. Another goal is to reduce the risk of disaster which causes both moral and material losses of the community. The method used in this dedication is the method of socialization by first observing the initial direct meeting to the village officials and community by using polite language and media that can be understood by the community. The targets of the service program include village officials, community leaders, the general public, youth, and students at the level of junior high and high school, and also the students in the local community members. The outcome of this activity is expected can contribute to the availability of various information related to the disaster mitigation. In the end, it helps foster community awareness to form disaster care groups, disaster volunteers, and the availability of disaster risk maps in each neighborhood.
References
Art, S. (1995). Media literacy: key to interpreting media massages. Publisher: Preager. USA.
Diposaptono, S. (2007). Mengantisipasi Bencana Gempa bumi, Tsunami, Banjir, Abrasi, Pemanasan Global, dan Semburan Lumpur Sidoarjo. Bogor: Sarana Komunikasi Utama.
Eisenberg, M. B., Lowe, C. A., & Spitzer, K. L. (2004). Information literacy: Essential skills for the information age. ERIC.
Iskandar, I. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(1), 24–34.
Jufriadi, A. (2012). dkk. 2012. Sosialisasi “Penguranagan Resiko Bencana†Di Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang Sebagai Upaya Pendidikan Mitigasi Bencana. Jurnal ERUDIO, 1(1), 50–58.
Melani, R. (2019). Optimalisasi implementasi literasi digital pada pembelajaran PAI: Studi deskriptif di SMAN 1 Nagreg kabupaten Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Permana, C. E., Nasution, I. P., & Gunawijaya, J. (2012). Kearifan lokal tentang mitigasi bencana pada masyarakat Baduy. Hubs-Asia, 10(1).
Potter, W. J. (2018). Media literacy. Sage Publications.
Priambodo, S. A. (2009). Panduan Praktis Menghadapi Bencana. Yogyakarta: Kanisius.
Safko, L., & Brake, D. K. (2009). The Social Media Bible. 1: a upplagan. Hoboken. New Jersey, USA: John Wiley & Sons Inc.
Verry Mardiyanto. (2017). Literasi Informasi Digital Perpustakaan. Yogyakarta: Azyan Mitra Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).