PEMBERDAYAAN ANAK DALAM PENINGKATAN KESEHATAN GIGI DAN GIZI
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v6i3.15766Keywords:
Children, Education, Nutrition, Dental Health.Abstract
Abstrak: Masalah gizi, serta gizi mulut pada anak ialah salah satu masalah kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian. Sebagian besar anak-anak masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut mereka sendiri. Salah satu penyebabnya ialah minimnya edukasi yang mereka dapatkan terkait kesehatan gigi dan gizi mereka. Padahal, tingkat kebersihan gigi dan mulut anak akan semakin baik jika pengetahuan mereka tentang kesehatan gigi dan mulut semakin baik. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini ialah pemberdayaan anak dalam peningkatan gizi dan kesehatan gigi melalui edukasi kepada anak-anak di Asrama Yatim Mizan Amanah Bukit Cinere mengenai gizi serta kesehatan gigi serta mulut. Metode yang digunakan ialah diskusi melalui focus group discussion terkait gizi dan kesehatan gigi, demonstrasi cara menyikat gigi yang baik dan benar, serta evaluasi dengan pre-test dan post-test. Jumlah peserta pada kegiatan ini adalah 14 anak. Hasil rata-rata nilai pre-test ialah 82.85 dan mengalami peningkatan pada post-test menjadi 96,42. Terdapat peningkatan pada pengetahuan anak-anak di Asrama Yatim Mizan Amanah Bukit Cinere sebelum dan sesudah pemberdayaan anak dalam peningkatan gigi dan gizi. Selain itu, melalui kegiatan ini, peserta juga dapat mendemonstarikan cara menyikat gigi dengan baik dan benar.
Abstract: Nutritional problems, as well as oral nutrition in children, are one of the health problems that need attention. Most children still have a low level of awareness about maintaining the health of their teeth and mouth. It can happen because they need for more dental health and nutrition education. The story of dental and oral hygiene of children will be better if their knowledge about dental and oral health improves. This community service aims to empower children in improving dental health and nutrition by educating children at Mizan Amanah Bukit Cinere Orphanage about nutrition and dental and oral health. The method used is education through focus group discussions on dental health and nutrition, demonstrating how to brush your teeth properly, and evaluation with a pre-test and post-test. The number of participants in this activity was 14 children. The average pre-test score was 82.85, which increased in the post-test to 96.42. There was an increase in the children's knowledge at the Mizan Amanah Bukit Cinere Yatim Dormitory before and after, empowering children to improve their teeth and nutrition. In addition, through this activity, participants also can demonstrate how to brush their teeth properly and correctly.
References
Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak-Anak di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati, 4(1), 65–70. Diambil dari http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati
Anggina, D. N., Tanzila, R., & Salim, N. K. (2020). Penyuluhan Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut Sebagai Upaya Pencegahan Gigi Berlubang Pada Anak Pra Sekolah di TK Chiqa Smart Palembang. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 3(2), 295–301.
Arsyad. (2018). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Pada Murid Kelas IV dan V SD. Media Kesehatan Gigi, 17(1), 1–8.
Fadilah, N. A., Putri, S. A., Nadya, W., & Herbawani, C. K. (2022). Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 664–673.
Jumriani, & Hadi, S. (2021). Pengetahuan Orang Tua Tentang Pertumbuhan Gigi Anak. Media Kesehatan Gigi, 20(1), 1—8.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama RISKESDAS 2018.
Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 143–148.
Mardalena, I. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Gizi Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Minarni, Mardian, A., Zulfikri, & Gusnedi. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam pembuatan Yoghurt dengan Xylitol untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Gigi dan Mulut Masyarakat. JEUMPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 55–61.
Nisa, D., Riana, I., Safira Meidiza Putri, K., Aulia Hidayat, N., Rahma Tsania, S., & Amar Muslih, R. (2021). Penyuluhan Kesehatan Gigi Melalui Metode Audio Visual dan Demonstrasi pada Anak MI. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(44), 36–48. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Pariati, & Lanasari, N. A. (2021). Kebersihan Gigi dan Mulut Terhadap Terjadinya Karies Pada Anak Sekolah Dasar di Makassar. Media Kesehatan Gigi, 20(1), 49–54.
Pratiwi, E., Haryani, W., & Purwati, D. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Menggunakan Flip-chart Terhadap Tingkat Pengetahuan Menyikat Gigi Bagi Siswa Sekolah Dasar Remaja Parakan. Journal of Oral Health Care, 7(2), 77–87. Diambil dari http://dx.doi.org/10.29238
Sitohang Justi. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3(4), 681–687.
Sumarni, N., Rosidin, U., & Sumarna, U. (2020). Penyuluhan Kesehatan Tentang Jajanan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Jati III Tarogong Kaler Garut. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 289–297. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28026
Wijayanti, H. N., & Rahayu, P. P. (2019). Membiasakan Diri Menyikat Gigi Sebagai Tindakan Utama Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia, 1(2), 7–12.
Yuniarly, E., Amalia, R., & Haryani, W. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut anak sekolah dasar. Journal of Oral Health Care, 7(1), 01–08. Diambil dari http://dx.doi.org/10.29238
Yusmanijar, & Abdulhaq, M. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Perilaku Perawatan Gigi dan Mulut Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun di SD Islam Al Amal Jaticempaka, 80—91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).