PELATIHAN ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VISUALISASI SISWA

Authors

  • Juniar Hutagalung Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma http://orcid.org/0000-0001-5514-7649
  • Fifin Sonata Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma
  • Anggara Reinhard Hutahayan Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v6i3.15808

Keywords:

Animation, Visualization Skills, Macromedia Flash 8, Training, Students.

Abstract

Abstrak: Keterampilan visualisasi memainkan peran penting dalam pengembangan pemahaman konseptual dan kreativitas siswa. Namun, siswa sering menghadapi kesulitan dalam memvisualisasikan konsep abstrak. Untuk mengatasi tantangan tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pelatihan animasi menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan visualisasi siswa. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan siswa SMP Negeri 1 Tanjung Morawa, merancang dan mengembangkan materi pelatihan animasi, melaksanakan pelatihan, dan mengevaluasi keefektifan pelatihan animasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan visualisasi siswa 30 orang yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan respon balik peserta yang menyatakan puas dengan kejelasan materi yang diberikan sebesar 85%, merasakan manfaat dari kegiatan ini 90% dan 56% merasa kurang dengan waktu yang diberikan. Siswa memperoleh kemampuan yang lebih baik dalam memvisualisasikan konsep abstrak dan menerapkannya dalam konteks pembelajaran. Selain itu, siswa menunjukkan minat yang lebih besar dalam mengembangkan keterampilan visualisasi melalui animasi sebagai alat pembelajaran yang menarik. Kegiatan pengabdian ini memberikan dampak positif bagi siswa dan lingkungan belajar. Dengan mengembangkan keterampilan visualisasi, siswa dapat memanfaatkan potensi kreatif, mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.

Abstract: Visualization skills play an important role in developing students' contextual understanding and creativity. However, students often experience difficulties in visualizing abstract concepts. To overcome these challenges, this service activity aims to develop and implement animation training using the Macromedia Flash 8 application as an interactive learning medium to improve students' visualization skills. The method used includes analyzing the needs of Tanjung Morawa 1 Public Middle School students, designing and developing animation training materials, conducting training, and evaluating the effectiveness of training animation. The results of the training showed a significant increase in visualization skills in 30 students. This is evidenced by the feedback from the participants who said they were satisfied with the clarity of the material provided by 85%, 90% felt the benefits of this activity and 56% felt less with the time allotted. Students acquire better abilities in visualizing abstract concepts and applying them in learning contexts. In addition, students showed greater interest in developing visualization skills through animation as an engaging learning tool. This service activity has a positive impact on students and the learning environment. By developing visualization skills, students can tap into their creative potential, gain a deeper understanding of learning material, and improve problem-solving skills.

Author Biographies

Juniar Hutagalung, Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Sri Kusnasari, Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rini Kustini, Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Anggara Reinhard Hutahayan, Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Adam, Adwin et al. 2023. “Medan Tembung Regency Pelatihan Penggunaan Media Ajar Di Yayasan Hajjah Siti Syarifah Kecamatan Medan Tembung Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis Jurusan Teknik Komputer Dan Informatika.†ARSY :Aplikasi Riset kepada Masyarakat 3(2): 178–183.

Afni, Sawitri, E., Rizalina. 2023. “Pembuatan Media Pembelajaran Tentang Nama-Nama Hewan Di TK Tahfidz.†Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas 02(01): 58–62.

Andriyani, Suci, and Christy, T. 2018. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Smk Negeri 1 Air Joman – Kisaran.†Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal 1(2): 15–18.

Ardiana, Reni. 2023. “Implementasi Media Berbasis TIK Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini.†Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 103–111.

Ap, Wijanarko, T. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Yayasan Asshodiqiyah Semarang.†SWAGATI: Journal of Community Service 1(1): 17–22.

Belkin, M., Hsu, D., Ma, S., & Mandal, S. (2019). Reconciling Modern MachineLearning Practice and The Classical Bias–Variance Trade-Off. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 116(32), 15849–15854. https://doi.org/10.1073/pnas.1903070116.

Eso, Rosliana, Napirah, M., and Safiuddin. 2023. “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19 Melalui Pelatihan Pembuatan Paket Media Pembelajaran Online Improving Learning Quality During COVID-19 Pandemic Through Training on Creating Onli.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS) 2(1): 42–48.

Feladi, Vindo, Arpan, M, and Verawardina, U. 2017. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Di SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah.†Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(1): 32–42.

Hutabarat, Ida M., Wahyudi, I., and Sampebua, M.. 2022. “Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash.†Jurnal Pengabdian Papua 6(3): 85–89.

Hutagalung, J., & Maya, W. R. (2022). Digitalisasi Masjid Era Society 5 . 0 Menggunakan Teknologi Qris Pada Kas Masjid Al-Muslimin. JCES (Journal Of Character Education Society), 5(1), 151– 160

Ismawan, F., Prasetya, R., & Setiawan, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi macromedia flash dan aplikasi office sebagai media pembelajaran berbasis animasi guru himpaudi, 04(06), 610– 620

Layaliya, F. N., Haryadi, & Setyaningsih, N. H. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Studi Pustaka). Metalingua, 6(2), 81-84.

Liss, Harsiwi, U. B, Nugroho, A., Ardiansyah, M. C. 2018. “PKMS Inovasi Sistem Peredaran Darah Dan Pembelajarannya.†NAFATIMAH : Jurnal Pemberdayaan Mayarakat Nusantara 1(1): 16–25.

Lubis, Siddik, B., and Siregar, E. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash.†SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(1): 396-401.

Maharani, Faridatul Lian, Alfi Laila, and Rian Damariswara. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar.†Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(2): 212–227.

Prima, Rissa, Rulviana, V., Laksana, M., and Pratama, D., P. 2022. “Pelatihan Pengembangan Multimedia Interaktif Guna Mengoptimalisasi Pembelajaran Matematika SD.†Maret 03(01): 17–24. https://doi.org/10.54147/jpkm.v3i01.

Qamariah, Zaitun. 2023. “Pendampingan Mahasiswa Bahasa Inggris Dalam Pembuatan Media Pendampingan Mahasiswa Bahasa Inggris Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Mengajar Remote Area.†JURNAL ALTIFANI 3(March): 228–234.

Rahmadhani, Elfi . 2019. “Guru Melek Teknologi: Pelatihan Pembuatan Media Berbasis Macromedia Flash.†J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2): 165–69.

Riswanto. 2018. “Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Fisika Virtual Bagi Guru-Guru Muhammadiyah Kota Metro.†Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2(3): 102-108.

Setiawan, Satria, H., Suwela, N. 2023. “Pembelajaran Multimedia Di Era Revolusi

Industri 4 . 0 Pada SMK Yapimda Jakarta Selatan Abstrak Pendidikan , Dengan Memanfaatkan Multimedia Dalam Proses Pembelajaran Dan Pelatihan Akan Oleh Siswa Dan Guru . D.†Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat 1(3): 201–210

Sonata, F., Wiguna, D. P., & Hutagalung, J. (2020). Pemanfaatan Google Forms Pada Organisasi Peneliti Sebagai Upaya Kontribusi Meningkatkan Minat Riset Di Kota Medan. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 105–110.

Sudaryono, Dewi Immaniar Desrianti, and Shohifa Nadia Maulida. 2018. “Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada Ra Yasir Tangerang.†ICIT Journal 4(2): 168–179.

Sundari, Sri, Nurhidayat, S, C., Rudiyanto, and Kusuma, A. 2022. “Pengabdian Integritas : Jurnal Pengabdian.†Pengabdian 6(2): 339–347.

Susiani, Saptuti, T, Salimi, and Hidayah, R. 2021. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.†Journal of Empowerment Community 3(1): 1–8.

Wahyusari, R., Widyassari, A. P., & Rahayu, R. D. (2021). Media pembelajaran interaktif untuk mengenal anggota tubuh sapi dan bangun datar pada kelompok bermain Al-Istighfar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2). 197-206.

Wibowo, N., Arief, Supandi, A, Andri. A, and Widiyarto, S. 2020. “Pemanfaatan Pembelajaran ICT Dalam Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Guru SMP.†Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 4(2): 228–230.

Wuarlela, M. (2020). Variasi Metode dan Media Pembelajaran Berani untuk Mengakomodasi Modalitas Belajar. Arbitrer: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 261-272.

Yanti, April, F., Thohir, M. A, Sukarelawan, and Hendri Noperi. 2023. “Presentation-Based Macromedia Flash Design on Static Electricity Material for Junior High School Students.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 7(1): 70-77.

Yuliana, D. E, Utomo, Y. B, Erwanto, D, Faizin, M. 2022. “Penerapan Aplikasi ‘Smart Class’ Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Sekolah Dasar.†Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas 8(2): 1–23.

Downloads

Published

2023-07-01

Issue

Section

Articles