PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v6i4.16356Keywords:
Scientific Paper, Scientific Literacy, Teacher Professionalism.Abstract
Abstrak: Salah satu komponen profesionalisme guru adalah mampu menulis karya ilmiah. Dimana kegiatan ini tidak saja perlu dilakukan dalam rangka memperolah angka kredit untuk kenaikan jabatan atau untuk keperluan akreditasi akan tetapi merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh guru. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengembangkan profesionalisme guru SD N 9 Peusangan Selatan melalui pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis literasi sains. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah berbasis literasi sains ini di ikuti oleh guru-guru SD Negeri 9 Peusangan Selatan berjumlah 17 orang. Kegiatan pengabdian ini terdiri atas dua sesi. Sesi pertama yaitu pelatihan dan sesi kedua pendampingan dalam penulisan karya tulis ilmiah berbasis literasi sains untuk menghasilkan draft artikel yang siap dipublikasi. Kegiatan pelatihan dilakukan selama satu minggu (4 kali tatap muka). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mampu meningkatkan pemahaman guru-guru SD Negeri 9 Peusangan Selatan tentang penulisan karya tulis ilmiah, hal ini dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretes dan postes sebesar 34,12 serta mampu meningkatkan profesionalisme guru SD Negeri 9 Peusangan Selatan, dilihat dari jumlah draft karya tulis ilmiah yang dihasilkan setelah pengabdian dilakukan.
Abstract: One of the components of teacher professionalism is being able to write scientific papers. This component is not only aimed to obtain credit points for promotion or for accreditation purposes, but also to be one of the abilities that must be mastered by teachers. The purpose of this community service was to develop the teachers professionalism of SD N 9 Peusangan Selatan through training in writing scientific papers based on scientific literacy. The method used in this service community was training and mentoring. The training and mentoring activities for writing scientific papers based on scientific literacy were attended by 17 teachers of SD Negeri 9 Peusangan Selatan. This service activity consisted of two sessions. The first session was training and the second session was mentoring in scientific writing based on scientific literacy to produce draft articles ready to be published. The training activities were carried out for one week (4 face-to-face meetings). This community service activity was able to increase the understanding of the teachers of SD Negeri 9 Peusangan Selatan about writing scientific papers. It can be seen from the increase in the average value of the pretest and posttest which obtained 34.12 and it was able to increase the professionalism of the teachers of SD Negeri 9 Peusangan Selatan due to number of drafts of scientific papers produced after the service was carried out.
References
Anggaira, A. S., & Wulantina, E. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Manager Reference Bagi Guru UPTD SMPN 2 Metro. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 258–269.
Ansori, M. (2021). Pelatihan Pendampingan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SMP Plus Alqodiri Jember Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. As-Sidanah, 3(1), 139–155.
Arta, K. S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17–32.
Gazali, N., Cendra, R., Apriani, L., Aluwis, Idawati, & Sawira, I. (2019). CommunityEducation Engagement Journal. Community Education Engagement Journal, 1(1), 8–14.
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. ADBIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.
Herlandy, P. B., Ismanto, E., Novalia, M., & Alrian, R. (2018). Pelatihan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dan Teknik Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru SMK Negeri 1 Rengat. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 2(1), 38–42.
Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Semarang. Jurnal Varia Humanika, 1(1), 15–20.
Ningsih, S. C., & Aviory, K. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 109–116.
Nurani, D. C., Akhmad, Y., Adikara, F. S., Faida, M., Maghfiroh, A. T. D., Aji, T., & Permana, D. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Mengembangkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Pucuk Rebung (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(2), 130–141.
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 202–211.
Rosyidah;, A. N. K., Ermiana;, I., Widodo;, A., Haryati;, L. F., Novitasari;, S., & ; A. P. A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru di SDN 1 dan 5 Pemenang Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 240–246.
Sa’diyah;, I., & Hamid;, A. (2022). Klinik Menulis Artikel Ilmiah Populer dengan Aplikasi KBM APP Bagi Guru di SMP Zainuddin Waru Sidoarjo. SEWAGATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 795–802.
Safarati, N., Zuhra, F., & Fatimah, F. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Guru Fisika Sma Di Lingkungan Kabupaten Bireuen Dalam Melakukan Praktikum Fisika. Community Development Journal, 3(2), 819–825.
Sagala, D., Supriyono, S., Sutardi, D., & Prihanani, P. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1–8.
Setiawan, A., Mujianto, G., & In’am, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 780–795.
Tohir;, M., Yunus;, A., Jazuly, A., Zahro;, I., & Indrayani;, N. (2022). Pendampingan Penggunaan Reference Manager Mendeley Dengan Gaya “APA Manual 7th Edition†Dalam Menyusun Karya Ilmiah. As-Sidanah, 4(2), 137–152.
Wasehudin;, Nanang, Fatchurroman;, Anshori;, I., Eri, & Murniasih; (2022). Efektifitas Workshop Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAI di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Banten. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 192–198.
Widiana;, I. W., Tristiantari;, N. K. D., Rediani;, N. N., Edi, K. Y., & Sari;, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal Of Community Service Learning, 6(2), 140–149.
Zuhra, F., Nurhayati, N., Safarati, N., Rahma, R., & Jasmaniah, J. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3434–3441.
Zulfika, I. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah. Jurnal IPMAS, 1(2), 83–89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).