PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA RA MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DAN BERMAIN

Authors

  • Umar Manshur Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Nadia Ainun Nufus Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Fitria Eka Putri Rinjani Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v6i4.17589

Keywords:

Arabic Languange, Vocabulary, Playing and Singing Method.

Abstract

Abstrak: Bahasa Arab memiliki peranan yang penting dalam dunia pendidikan. Meningkatkan kosa kata bahasa Arab pada usia dini akan memberi dasar yang kuat untuk memahami dan mengetahui lebih dalam tentang bahasa tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah langkah awal dalam memperkenalkan bahasa arab kepada mitra guna memberi pemahaman dan pengetahuan mengenai budaya bahasa arab dan mampu mengembangkan kemampuan berbahasa arab di masa depan. Kegiatan ini melibatkan murid TK NU Inen Lemo sebanyak 40 orang dan kegiatan ini bertempat di TK NU Inen Lemo Desa Beleka. Metode yang digunakan adalah metode bermain dan menyanyi, karena dapat membantu perkembangan otak dalam mengingat materi dan melatih pengembangan kosa kata serta kemampuan bicara pada mitra. Hasil evaluasi menggunakan metode wawancara diperoleh tingkat penguasaan kosa kata bahasa arab siswa rata-rata mencapai 80,2%.


Abstract: The Arabic language plays an important role in education. Increasing Arabic vocabulary at an early age will provide a strong foundation for understanding and knowing more about the language. The purpose of this activity is the first step in introducing Arabic to partners in order to provide understanding and knowledge of Arabic language culture and be able to develop Arabic language skills in the future. This activity involved 40 partners. The method used is the method of playing and singing, because it can help the development of the brain in remembering the material and train the development of vocabulary and speech skills in partners. The evaluation results using the interview method obtained the level of mastery of Arabic vocabulary of students on average reached 80.2%.

 

References

Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1)halaman?. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.39-56

Hikmah Maulani, Nalahuddin Saleh, Asep Sopian, & Shofa M Khalid. (2022). Sastra Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Anak Dini di Tk Al-Quran (TKQ). Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 175–185. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v15i2.1770

Hs, A. I., & Suriningsih, W. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Roda Putar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Taman Kanak - Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 291–303. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.11381

Husna, L., & Ma’ruf, A. (2019). Implementasi Metode Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Dan Inggris (di Taman Kanak-kanak PesantrenAnak Sholeh Al-Ihlas Capang). Mafhum, 4(1), 43–60.

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889

Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2020). Pengajaran Kosakata untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab. Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS), 1(1), 13–24.

Munawwarah, H., & Hibana, H. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2989

NAsrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., Khansa, S., & Afifa. (2020). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab. Jumat Pendidikan …, 1(1), 28–35.

Puspa Putri, D. A. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 156. https://doi.org/10.31602/tji.v10i3.2230

Ramadhan, S., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Utile: Jurnal Kependidikan, III(2), 180–189. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/75

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Salim, A. G. (2015). Peran Kitab Suci Al Qur’an dalam Menjaga Eksistensi Bahasa Arab. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.577

Syifa’uddin, M. R., Muriyatmoko, D., Umami, J., & Akbar, A. K. (2022). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Rambu Rambu Lalu Lintas Berbahasa Arab. Prosiding.unimus.ac.id, 51–62.

Yunita, Y., Aini, S. Q., Putra, A. A., Siregar, R., & ... (2023). Pengenalan Mufrodat Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Taud Al-Fatih Pekanbaru. Community Education ….

Zukhaira, Z. (2021). ABATAMA (Al Abwab At Tahwiliyah Al Maudhi’iyah): Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Tk/Ra B Di Kota Semarang. Taqdir, 6(2), 117–134. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6567

Published

2023-10-03

Issue

Section

Articles