PENINGKATAN KOMPETENSI KELOMPOK ILMIAH REMAJA SMA DALAM MENULIS KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS TOOLS ICT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v6i4.17628Keywords:
Scientific Writing, Articles, Youth Scientific Groups, ICT Tools.Abstract
Abstrak: Kompetensi menyusun karya tulis ilmiah saat ini sangat penting dimiliki oleh setiap siswa. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman atau kompetensi siswa sebagai bekal ketika akan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Kami telah memberikan informasi kepada 34 siswa yang tergabung dalam kelompok ilmiah remaja di jenjang SMA di Lombok Tengah. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi tentang artikel ilmiah berstandar jurnal terkareditasi nasional, kemudian diakhiri dengan diskusi dan pemberian tes evaluasi sebanyak enam soal kepada peserta. Hasil evaluasi diperoleh informasi bahwa rata-rata pemahaman siswa sebesar 81 dengan nilai terendah sebesar 50 dan tertinggi sebesar 100. Ini menunjukkan kegiatan telah terlaksana dengan baik. Di masa mendatang diharapkan kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan agar diperoleh pemahaman yang maksimal oleh siswa pada setiap indikator capaian.
Abstract: The competence of compiling scientific papers is currently very important for every student. So it is necessary to make efforts to improve these competencies as provisions when going to higher education. We have provided information to 34 students who are members of youth scientific groups at the high school level in Central Lombok. The activity began with the delivery of material on scientific articles of national standardized journals, then ended with a discussion and giving an evaluation test of six questions to the participants. The evaluation results obtained information that the average student understanding was 81 with the lowest score of 50 and the highest of 100. This shows that the activity has been carried out well. In the future, it is hoped that activities like this will continue to be carried out in order to obtain maximum understanding by students on each achievement indicator.
References
Abidin, Z., & Nasirudin, N. (2021). Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 119–134. https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.50
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Awalludin, A., & Lestari, Y. (2017). Pengembangan Modul Menulis Makalah Pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 121. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.762
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678
Firmansyah, B., Khotimah, H., Trisnawati, I., Sachiyah, K., Haqiqiyah, N. B., Astuti, S. M. D., & Mukarromah, S. D. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Peserta Didik Di Sdn 2 Cipeujeuh Kulon. Journal of Education Management, 4(1), 74–81.
Harahap, M. (2017). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140–155. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625
Mandailina, V., Rahmaniah, R., Rahmi, S. A., Rosada, Selva, & Syaharuddin. (2021). Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Publikasi Ilmiah Bagi Dosen. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 151–156.
Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06
Nofianti, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 120. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p120-129
Ria Yuni Lestari. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, UCEJ, Vol. 1, No. 2, 136–152.
Sa’diyah, H. (2018). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah Untuk Mengembangkan Bakat Siswa Ips Di Man Model Bojonegoro. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 5(1), 49. https://doi.org/10.18860/jpips.v5i1.7331
Saudah, N., Susilowati, Y., Hikmah, N., Rohayu, R., Zubaidah, R., & Syaharuddin, S. (2021). Pengenalan Kode Etik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyusun Makalah. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 78. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6402
Sulfasyah, S., & Arifin, J. (2017). Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2). 1-8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.506
Syaharuddin, S., Mandailina, V., Pramita, D., Rahmaniah, R., Rosada, R., & Negara, H. R. P. (2021). Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Dan Sitasi Karya Ilmiah Dosen Melalui Workshop Managemen Software Mendeley. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1367
Syazali, M., Widiade, I. K., Nursaptini, N., Putu Nina S, N. L., & Hasnawati, H. (2020). Evaluasi Keterampilan Menulis Makalah Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 546. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2775
Trismanto. (2017). Keterampilan Menulis Dan Permasalahannya. Bangun Rekaprima, 3(1), 62–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1,%20April.764
Zulkifli, Z., & Wirdanengsih, W. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfizd di SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 198–206. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.23
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).