PELATIHAN PRAKTIKUM LABORATORIUM VIRTUAL FISIKA MENGGUNAKAN APLIKASI PHET SIMULATION TERINTEGRASI RW-VLAB BAGI GURU DAN SISWA

Authors

  • Sigit Dwi Saputro Prodi Pendidikan Informatika, Universitas Trunojoyo Madura
  • Evy Maya Stefany Prodi Pendidikan Informatika, Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Prodi Pendidikan Informatika, Universitas Trunojoyo Madura
  • Fathoni Misbahul Anwar Prodi Pendidikan Informatika, Universitas Trunojoyo Madura
  • Sahrul Romadhon Prodi Pendidikan Informatika, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v6i4.17692

Keywords:

Training, Physics Virtual Laboratory, Phet Simulation.

Abstract

Abstrak: Praktikum terbukti dapat menunjang optimalisasi konsep pada bidang ilmu sains seperti fisika, biologi, maupun kimia. Terbatasnya alat dan bahan pada laboratorium mengakibatkan mengakibatkan pemahaman konsep fisika masih kurang optimal. Agar siswa tetap melakukan praktikum di tengah keterbatasan alat praktikum dapat dilakukan menggunakan laboratorium virtual menggunakan Phet Simulation. Optimalisasi peningkatan konsep fisika telah dilakukan penelitian melalui pemanfaatan aplikasi Phet Simulation yang berbantuan LKPD reasoning worksheet based virtual laboratory (RW-Vlab). Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah mengetahui respon terhadap pelatihan, keterampilan menggunakan Phet Simulation, dan konsep kelistrikan. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode seminar, dan workshop penggunaan aplikasi Phet Simulation dengan melibatkan guru sejumlah 2, dan siswa sejumlah 51 di SMAN 1 Kamal. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket respon yang dibagikan melalui Google form. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa tingkat persentase respon pelatihan berupa penyampaian pelatihan 84% kategori sangat baik, modul pelatihan 84% kategori sangat baik. Respon terhadap keterampilan Phet Simulation berupa pemahaman Phet Simulation 84% sangat baik, mengoperasikan Phet Simulation 85%. Respon terhadap konsep yang meliputi pemahaman arah arus 83% kategori sangat baik, pemahaman terang lampu 84% termasuk kategori sangat baik.


Abstract: In the sciences like physics, biology, and chemistry, practicums have been shown to help the improvement of conceptual understanding. The limited supplies of tools and materials in the lab lead to a less than complete comprehension of physics ideas. This can be done by employing a virtual laboratory with Phet Simulation so that students can continue to complete practicums while having limited practicum equipment. Through the usage of the Phet Simulation application and the LKPD reasoning worksheet-based virtual laboratory (RW-Vlab), it has been discovered how to best develop physics ideas. Finding out how people respond to training, how well they can use Phet Simulation, and how they understand electrical concepts are the goals of community service projects. This training activity uses seminar methods and workshops on using the Phet Simulation application involving 2 teachers and 51 students at SMAN 1 Kamal. The instrument used was a questionnaire which was distributed via Google form. The results of this training show that the percentage level of training response in the form of training delivery is 84% in the very good category, 84% in the training module is in the very good category. Response to Phet Simulation skills in the form of understanding Phet Simulation 84% very well, operating Phet Simulation 85%. The response to the concept which includes understanding current direction is 83% in the very good category, understanding the light of the lamp is 84% in the very good category.

 

References

Aljanazrah, A. (2020). The Effectiveness Using Virtual Experiments on Students’ Learning in The General Physics Lab. Journal of Information Technology Education: Research, 19(2), 976–995.

Anjana. (2018). Technology for Efficient Learner Support Services in Distance Education. Springer Nature Singapure.

Azzubairiyah, N., E., & Susiyawati, E. (2022). Examining Student Responses of PhET Simulations After Virtual Laboratory Practies. Pijar MIPA, 17(4), 515–519.

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Phet Simulation Bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. J-ABDIPAMAS, 3(2).

Darmaji, Purwaningsih, S., Lestari, N., Riantoni, C., & Falah, H. S. (2023). Pelatihan Phet Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Ipa Dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 739–745. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/14252%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/download/14252/7013

Elisa, E., Mardiah, A., & Ariaji, R. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui PhET Simulation. PeTeKa, 1(1), 15–20.

Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi phet dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45–52.

Jua, S. K., & Ali, M. H. (2023). Pelatihan PhET Simulations Bagi Guru Guna Mendukung Kegiatan Belajar dan Laboratorium Virtual. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas, 2(2), 227–233.

Ramadani, E., & Nana, N. (2020). Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab phet pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA: Literature review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 8(1).

Saputro, S. D. (2022). Learning Physics using PhET Simulation Media assisted Reasoning Whorksheet based Virtual Lab (RW-Vlab) to Improve Dynamic Electricity Concepts. Literasi Nuasantara, 2(3), 866–876.

Saputro, S. D., Tukiran, & Supardi, Z. A. I. (2023). Practicality and problem analysis application of clarity learning model in physics course. Proceeding of International Summit on Education, Technology, and Humanity 2021, 2766, 020057. https://doi.org/10.1063/5.0151605

Sari, A. K., Ramansyah, W., Ningsih, P. R., Risnasari, M., Arif, M., Saputro, S. D., & Effindi, M. A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Bagi Peningkatan Mutu Sosial Tenaga Kerja dan Wanita di Kelurahan Rongtengah Sampang Madura. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151. https://doi.org/10.30651/aks.v1i2.931

Siswanto, J. (2019). Implementasi model IBMR berbantu PhET simulation untuk meningkatkan kemampuan representasi pada pembelajaran fisika. JJurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 96–100.

Sujanem, R., Sutarno, E., & Aris Gunadi, I. G. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP dengan Program Simulasi Phet. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 11–17.

Sya’Bandari, Y., Firman, H., & Rusyati, L. (2018). The validation of science virtual test to assess 7th grade students’ critical thinking on matter and heat topic (SVT-MH). Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012067

Tiandho, Y., Gusa, R. F., Indriawati, A., Aldila, H., & Kurniawan, W. B. (2020). Pelatihan Pengajaran Fisika Berbasis Simulasi Menggunakan Perangkat Lunak PhET Bagi Guru IPA di Bangka sebagai Perangkat Laboratorium Virtual. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(2), 55–61. https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7914

Widyaningsih, S. (2018). Penerapan Simulation PhET pada mata kuliah fisika II di Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Papua. Universitas negeri Papua.

Published

2023-10-03

Issue

Section

Articles