PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT PRATIKUM GEOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA DI KOTA ENDE

Authors

  • Sunimbar Sunimbar Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Nusa Cendana
  • Bella Theo T. Pamungkas Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Nusa Cendana
  • Sukmawati Sukmawati Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Nusa Cendana
  • Mikael Samin Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v6i4.18056

Keywords:

Geography Practicum Tools, Geography Learning, Geography Teacher.

Abstract

Abstrak: Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pendidik pengampu mata pelajaran geografi melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan alat-alat pratikum geografi. Kegiatan ini di laksanakan oleh tim pengabdian masyarakat program studi pendidikan geografi FKIP UNDANA berjumlah 6 orang dan di ikuti oleh 25 guru geografi di kota Ende. Target yang ditetapkan dalam pengabdian bagi masyarakat yaitu guru-guru geografi yang berada pada jenjang SMA/MA di wilayah Kota Ende. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah penyelenggaraan inservice berupa pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yangdilaksanakan adalah pelatihan menggunakan alat pratikum geografi. kemampuan guru di lihat melalui hasil obsevasi. Hasil menunjukan guru-guru sangaat antusias dalam pratikum ini, kemampuan guru meningkat dalam penggunaan alat pratikum geografi.

Abstract: The purpose of this activity is to improve the quality and capacity of educators who teach geography subjects through increasing knowledge and skills in using geography practicum tools. This activity was carried out by the community service team of the geography education study program FKIP UNDANA totaling 6 people and attended by 25 geography teachers in the city of Ende. The targets set in community service are geography teachers who are at the high school/MA level in the Ende City area. The method used in achieving these goals is the implementation of inservice in the form of training and mentoring. The training carried out is training using geography practicum tools. The teacher's ability is seen through the results of observation. The results showed that teachers were very enthusiastic in this practicum, the ability of teachers increased in the use of geography practicum tools.

References

Gadeng, A. N., Urfan, F., Himayah, S., Furqan, M. H., Desfandi, M., & Azis, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Geografi Untuk Materi Penginderaan Jauh di Sekolah Menengah Atas. Majalah Geografi Indonesia, 36(2), 148. https://doi.org/10.22146/mgi.64988

Gil, T. O., & Destura, R. G. (2021). Navigating the National Geographic Standards in the Philippine Social Studies Curriculum. Asian Journal of Education and Social Studies, 42–55. https://doi.org/10.9734/ajess/2021/v24i430585

Hadi, H. (2020). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran Geografi Abad 21. 11, 220–232.

Hasnah, N. (2023). Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Geografi. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8051738

Magdalena, I., & Hidayah, A. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B Sdn Kunciran 5 Tangerang. 3.

Maryani, D. H. E., Rohman, S. N., Pd, S., Putra, E., & Pd, S. (n.d.). Program Studi Magister Pendidikan Geografi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Nofrion, N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode “Jumping Task†Pada Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 9(1), 11. https://doi.org/10.24114/jg.v9i1.6043

Nofrion, N., & Wijayanto, B. (2018). Learning Activities In Higher Order Thinking Skill (HOTS) Oriented Learning Context. Geosfera Indonesia, 3(2), 122. https://doi.org/10.19184/geosi.v3i2.8126

Raden Adinda Zalfa, Rizka Putri Ayuning, & Rustini, T. (2023). Pengembangan Spatial Literacy Untuk Meningkatkan Pembelajaran Geografi Di Sekolah Dasar. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 173–182. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.787

Siloto, E. N. T. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. Sepren, 4(02), 194–209. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.1155

Trisnawaty, F. (n.d.). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 4 SD. Satya Widya, 33(1).

Ulfa, S. W. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Biologi. JURNAL BIOLOKUS, 1(1), 1. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i1.314

Widyastuti, M., & Ss, D. R. (2017). Pemanfaatan Laboratorium Geografi Untuk Pembelajaran Geografi SMA.

Wirantaka, A. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Berbagi Praktek Baik Pembelajaran Daring Di SDN Tersan Gede 1. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.42.746

Published

2023-10-31

Issue

Section

Articles