DEVELOPMENT OF STUDENT CAPITAL MARKET LITERACY IN PUBLIC COMPANIES

Authors

  • Astri Handari Universitas Siliwangi
  • Linda Septiana Universitas Siliwangi
  • Tine Badriatin Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2383

Keywords:

Literasi, Pasar Modal, Go Public.

Abstract

Abstrak: Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Siliwangi sebagai wadah sarana edukasi yang memiliki salah satu peran untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan pada mahasiswa dan juga untuk mensosialisasikan tentang pasar modal. KSPM melaksanakan kegiatan visit emiten dalam rangka pemberdayaan mahasiswa umumnya dan mahasiswa fakultas ekonomi pada khususnya melalui pengenalan seluk beluk mengenai perusahaan-perusahaan yang sudah go public. Perusahaan yang dikunjungi oleh KSPM yaitu PT Chitose International Tbk. yang berada di Jl. HMS Mintareja Sarjana Hukum,Baros,Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.PT Chitose International Tbk.yang mulai menginjak sebagai perusahaan go public dengan jumlah peserta 30 orang mahasiswa, yang mana listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 ini memiliki kode saham CINT. Fokus yang diambil dari PT Chitose Tbk. yaitu mahasiswa dapat memahami lebih jauh terhadap tingkat pertumbuhan prosentase dari perusahaan tersebut dalam perannya sebagai investor. Kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu pengenalan proses produksi pada PT Chitose Tbk pada bidang furniture dari tahap pembuatan awal sampai akhir. Dilanjut dengan pengenalan marketing PT Chitose International Tbk. dalam mempromosikan dan saluran distribusi produknya ke berbagai daerah di Indonesia.

Abstract: The Siliwangi University Capital Market Study Group as an educational facility that has a role to develop the ability and knowledge of students and also to socialize about the capital market. KSPM conducts issuers' visit activities in the context of empowering general students and economics faculty students in particular through an introduction to the ins and outs of companies that have gone public. The company visited by the KSPM is PT Chitose International Tbk. which is on Jl. HMS Mintareja Bachelor of Laws, Baros, Cimahi Tengah, Cimahi City, West Java. PT Chitose International Tbk. Which started to step on as a publicly listed company with 30 participants from financial management students, which listing on the Indonesia Stock Exchange in 2014 has a CINT stock code. Focus is taken from PT Chitose Tbk. that is, students can further understand the percentage growth rate of the company in its role as an investor. Another activity carried out was the introduction of the production process at PT Chitose Tbk in the furniture sector from the initial manufacturing stage to the end. Followed by the introduction of marketing PT Chitose International Tbk. in promoting and distributing its products to various regions in Indonesia.

Author Biographies

Astri Handari, Universitas Siliwangi

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Linda Septiana, Universitas Siliwangi

Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Tine Badriatin, Universitas Siliwangi

Prodi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi Bisnis

References

Astuti, N. F. (2020). Tujuan pasar modal da peranannya dalam perekonomian nasional.

Badriatin, T. (2019). KSPM Goes To Ormawa for Capital Market Literacy And Education. JCES (Jurnal of Character Education Society), 2(2).

Badriatin, T., & Rinandiyana, L. R. (n.d.). New Investor Class Program As A Means To Increase Capital Market Literation And Inclusion In Faculty Of Economic Students Of Siliwangi University Through Gibei-Fe Unsil-Reli.

Badriatin, T., Rinandiyana, L. R., & Sudiarti, S. (2020). PELATIHAN INVESTASI SEJAK DINI MELALUI PASAR MODAL PADA MAHASISWA BARU POLITEKNIK TRIGUNA TASIKMALAYA. Journal of Character Education Society, 3(1), 8–16.

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Bandung : Alfabeta.

Faozan, A. (2013). Konsep Pasar Modal Syariah Muqtasid. Jurnal Ekonomi Dan Perbankam Syariah, 4(2), 287. https://doi.org/Https://Doi .Org/10.29264/Jinv.V14i2.4119

Kemu, S. Z. (2017). Literasi Pasar Modal Masyarakat Indonesia. Kajian, 21(2), 161–175.

Mubarok, F. khusnul. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah. INOVASI, 14(2).

Rianti, E. (2019). Literasi Investasi Pasar Modal Perlu Terus Digencarkan.

Sukmono, N. (2019). Literasi Pasar Modal dan Investasi Masih Minim. Gatra.Com.

Supriadi, F., & Hariyanto, D. (2017). Faktor Pertimbangan Masyarakat Memilih Daftar Efek Syariah. Jurnal Manajemen Motivasi, 13(1), 802. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.29406/Jmm.V13i1.509

Suradji. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta:UNS Press.

Tohirin. (2014). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah. Jakarta : Pt Rajagrafindo Persada.

Widodo. (2020). Perwakilan BEI Bangka Belitung Ajak Mahasiswa Kunjungan Visit Emiten ke PT Timah Tbk.

Zuhra, W. U. N. (2017). Indeks Literasi Pasar Modal yang Masih Jauh Tertinggal.

Downloads

Published

2020-10-13

Issue

Section

Articles