PEMBERIAN KEGIATAN “MOTIVASI UNTUK LEBIH BAIK†DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2655Keywords:
Motivasi, Napi Anak, LPKA.Abstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan motivasi pada warga binaan anak di LPKA Pekanbaru. Kegiatan dilakukan di LPKA jalan Pemasyarakatan nomor 4, Rumbai, Pekanbaru-Riau. Metode pelaksanaan menggunakan cara ceramah, Tanya jawab dan games. Peserta yang menjadi audiens adalah warga binaan anak sejumlah 40 orang yang dipilih oleh petugas. Usia peserta ditetapkan antara 16–19 tahun. Target luaran yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini adalah agar napi anak memiliki motivasi untuk menjadi lebih baik, agar napi anak memiliki kepercayaan diri yang baik, agar napi anak memiliki fikiran positif, kreativitas positif dan mampu bekerjasama dalam tim. Melalui pemberian kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan anak-anak yang telah menyelesaikan hukuman dapat kembali ke masyarakat dan menjalani kehidupan secara normal. Bagi pelaksana kegiatan diharapkan dapat memberikan pengembangan keilmuan yang dapat menjadi referensi bagi kegiatan pengabdian masyarakat lainnya. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan ditemukan bahwa permainan yang berisi pendidikan nilai dan norma didalamnya dapat menjadi jalan pembelajaran bagi para peserta permainan untuk menghayati betapa pentingnya pemahaman dan semangat kekompakan dan kegotongroyongan.
Abstract: This community service activity is carried out with the aim of providing motivation to child inmates in LPKA Pekanbaru. Activities carried out in Pengayoman street nomor 4, Rumbai, Pekanbaru-Riau. The implementation method uses presentation, questions & answers and games. Participants who became the audience were 40 child-assisted inmates selected by the officers. The age of the participants was set between 16-19 years. The expected output target of community service is that the prisoners of children have the motivation to become better, so that prisoners of children have good self-confidence, so that prisoners children have positive thoughts, positive creativity and be able to work in teams. Through the provision of community service activities, it is expected that children who have completed the sentence can return to the community and lead a normal life. The executor of the activity is expected to provide scientific development that can become a reference for other community service activities. Based on the results of the implementation activity, it was found that games that contain education of values and norms in it can be a way of learning for game participants to appreciate the importance of understanding and the spirit of cohesiveness and mutual cooperation.
References
Imam, A. (2013). Definisi Kepemimpinan oleh Para Pakar.
Kurniawan, K. (2016). EFEKTIFITAS PEMBINAAN MORAL ANAK KELOMPOK B MELALUI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 1(1).
Kurniyawati, R. (2012). Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Marisa, S. i. (2019). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa upaya Mengatasi Permasalahan Belajar. Jurnal Taushiah FAI, 9(2), 20–27.
Maryani, D. (2015). Faktor-faktor penyebab tidak tercapainya tujuan pemidanaan lembaga pemasyarakatan di Indonesia. Jurnal Hukum Sehasen, 1(1), 99–111.
McEwan, D., Ruissen, G. R., Eys, M. A., Zumbo, B. D., & Mark R Beauchamp. (2017). The Effectiveness of Teamwork Training on Teamwork Behaviors and Team Performance : A Systematic Review and Meta-Analysis of Controlled Interventions. PloS One, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1371/Journal.Pone.0169604.
Nadjamuddin, A. (2016). Membangun Karakter Anak lewat Permainan Tradisional Daerah Gorontalo. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2).
Nurdiana, E. W. (2019). Penanaman Nilai Karakter Remaja Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Sains Riset Universitas Jabal Ghafur, 9(3).
Prihartanta, W. (2015). TEORI-TEORI MOTIVASI. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–11.
Romadoni, S. F. (2017). Implementasi kebijakan pembinaan dan pembimbingan sebagai pendidikan karakter bagi narapidana di lembaga Pemasyarakatan klas IIA Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(5), 478–490.
Saidang, S., & Suparman, S. (2019). Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antar Pelajar. EDUMASPUL: Jurnal Penddikan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.140
Sarwono. (2010). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Solfema, Wahid, S., & Pamungkas, A. H. (2018). Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Lingkungan dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2).
Widyaningtiyas, D., & Farid, M. (2014). Pengaruh Experiental Learning Terhadap Keperayaan Diri dan Kerjasama Tim Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(3).
Zaidan. (2014). Norma, Sanksi dan Teori Pidana Indonesia. Jurnal Yuridis, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).