PELATIHAN STRATEGI FEEDBACK EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN KEPADA GURU SMK
DOI:
https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2880Keywords:
Strategi Feedback Efektif, Pembelajaran.Abstract
Abstrak: Memberi feedback dalam setiap pembelajaran diyakini efektif untuk menjawab masalah belajar, asalkan guru bisa memahami langkah dan strategi yang sesuai karakter siswa, untuk itu pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh karena itu guru-guru SMK Islam Darussalam sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti ini. Target program ini agar guru bisa menguasai, memahami, dan menerapkan strategi umpan balik (feedback) dalam setiap pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu pembinaan secara partisipatif. Adapun teknik pelaksanaan program ini akan dilakukan secara tim yang terdiri dari dosen, ditugaskan untuk mendampingi guru-guru agar pelaksanaan pelatihan berjalan secara optimal. Pelatihan ini dikhususkan guna memantapkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan kreativitas mengajar guru di kelas serta memahami metode memberi feedbcak afektif. Program pelatihan ini dilaksanakan di SMK Islam Darussalam dengan melibatkan guru sebagai peserta. Berdasarkan hasil pelaksanaan pelatihan bahwa kemajuan kegiatan hingga laporan ini dibuat telah mencapai 90% mengacu pada proposal yang telah disusun sebelumnya dan serta berdasarkan target awal bahwa: (1) Guru sangat antusias mengikuti proses pelatihan, (2) Guru sudah bisa memahami strategi umpan balik (feedback), (3) Ada inovasi baru bagi guru untuk memecahkan masalah kesulitan belajar siswa, (4) adanya respon baik guru bahwa 85% guru sangat puas, (5) dari mitra yaitu kepala sekolah berharap kegiatan seperti sangat bermanfaat sehingga dapat dilanjutkan kembali untuk program pengabdian berikutnya.
Abstract: Providing feedback in each learning is believed to be effective to answer learning problems, provided that teachers can understand the appropriate steps and strategies of the student's character, therefore this training is urgently needed therefore the teachers of SMK Islam Darussalam are in desperate need of training like this. The target of this program is for teachers to master, understand, and implement feedback strategies in each learning. The method used in this training is participatory coaching. The technique of implementing this program will be carried out in a team consisting of lecturers, assigned to accompany the teachers so that the implementation of the training runs optimally. This training is devoted to strengthening and improving teachers' ability to develop the creativity of teaching teachers in the classroom and understand the methods of providing effective feedback. This training program was conducted in SMK Islam Darussalam by engaging teachers as participants. Based on the results of the implementation of the training that the progress of the activities until this report was made has reached 90% refers to the proposals that have been drawn up earlier and based on the initial target that: (1) Teachers are very enthusiastic to follow the training process, (2) Teachers can already understand feedback strategies, (3) There are new innovations for teachers to solve students' learning difficulties, (4) there is a good response of teachers that 85% of teachers are very satisfied, (5) from the partner that is the principal hopes such activities are very useful so that it can be resumed for the next devotional program.
References
Anas, M., & PdI, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.
Anisah, U. K. (2011). Analisis deskriptif komunikasi interpersonal dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid PAUD Anak Prima pada proses pembentukan karakter anak. UPN" VETERAN" YOGYAKARTA.
BalRam, R. (2017). Pengaruh metode praktikum disertai feedback terhadap hasil belajar dan respon siswa kelas X pada materi larutan. Tanjungpura University.
Gusnita, E. (2018). PENGARUH PELATIHAN DAN DISIPLIN MENGAJAR DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN OLEH GURU SD NEGERI DI KECAMATAN TOAPAYA BINTAN. PERADA, 1(2), 119–128.
Mustofa, K. (2010). Model pendidikan dan pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Mutrofin, M. (2019). Evaluasi Program Teks Pilihan Untuk Pemula.
Putro Widoyoko, S. E. (2020). Laporan penelitian: Evaluasi Program Pembelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Kabupaten Purworejo Tahun 2018/2019.
Saddam, S. (2019). INTEGRASI NILAI-NILAI KONSERVASI HABITUASI KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG MELALUI KEGIATAN AKADEMIK. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 27–34.
Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
Sari, A. A. (2017). Komunikasi antarpribadi. Deepublish.
Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Sumarno, S. (2016). PENGARUH BALIKAN (FEEDBACK) GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (SUATU KAJIAN TEORITIS DAN EMPIRIK). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 115–125.
Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI. Graha Ilmu.
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 22.
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JCES (Journal of Character Education Society) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).