GOVERNMENT ACCOUNTING COMPETENCY IMPROVEMENT FOR TEACHERS

Authors

  • Dani Sugiri Politeknik Keuangan Negara STAN Banten
  • Budi Mulyana Politeknik Keuangan Negara STAN Banten
  • Tanda Setiya Politeknik Keuangan Negara STAN Banten

DOI:

https://doi.org/10.31764/jces.v4i1.2899

Keywords:

Teacher Competence, Government Accounting, Local Finance.

Abstract

Abstrak: Kegiatan peningkatan kompetensi akuntansi instansi pemerintah bertujuan membantu guru akuntansi yang tergabung dalam MGMP Kabupaten Lebak. Para guru mengalami kesulitan dalam memahami dan menyampaikan materi mata pelajaran akuntansi instansi pemerintah. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan selama tiga hari untuk guru akuntansi sebanyak 30 orang. Materi pelatihan berisi mengenai konsep pengelolaan keuangan daerah, konsep akuntansi pemerintah daerah serta praktik akuntansi instansi pemerintah daerah. Kegiatan pelatihan juga diisi dengan microteaching bagi peserta pelatihan dan diskusi mengenai kendala pengajaran laboratorium akuntansi instansi pemerintah daerah di lingkup SMK pada Kabupaten Lebak. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan kemampuan peserta dalam memahami dan menyelesaikan tiga kasus akuntansi pemerintah daerah yang dapat digunakan sebagai bahan pengajaran di kelas. Kegiatan ini juga dapat merumuskan beberapa kebutuhan penyesuaian kurikulum dan bahan ajar mata pelajaran akuntansi instansi pemerintah di lingkup SMK Kabupaten Lebak.

Abstract: Activities to increase the accounting competence of government agencies aim to assist accounting teachers who are members of the MGMP of Lebak Regency. Teachers have difficulty understanding and delivering government agency accounting subject matter. Activities carried out in the form of training for three days for accounting teachers as many as 30 people. The training material contains regional financial management concepts, local government accounting concepts and accounting practices of local government agencies. The training activities were also filled with microteaching for training participants and discussions about the constraints of teaching accounting laboratories of local government agencies in the scope of SMK in Lebak Regency. This activity resulted in an increase in the ability of participants to understand and solve three accounting cases in SKPD that could be used as classroom teaching materials. This activity can also formulate some needs for curriculum adjustments and teaching materials for government agencies in the scope of SMK in Lebak Regency.

Author Biography

Dani Sugiri, Politeknik Keuangan Negara STAN Banten

Jurusan Manajemen Keuangan

Program Studi Perbendaharaan Negara

References

Adriwati, A. (2019). Pendidikan Aparatur Sipil Negara di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui Implementasi Vocational and Technical Education. Journal of Business Administration Economics & …, 1(1), 36–47.

Anggraini, R., Hasanah, N., Fauzi, A., & Utaminingtyas, T. H. (2018). Peningkatan Pemahaman Guru - Guru SMK Melalui Pelatihan Akuntansi Pemerintah Guna Menyiapkan SDM Instansi Pemerintah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(2 SE-Articles). https://doi.org/10.21009/JPMM.002.2.11

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020. Berita Resmi Statistik, (40), 5.

Badan Pusat Statistika. (2020). Statistik Indonesia 2020 Statistical Yearbook of Indonesia 2020. Statistical Yearbook of Indonesia.

Elly Astuti, Juli Murwani, & Sugiharto. (2020). Pelatihan Akuntansi Pemerintahan dan Pengelolaan Dana Desa Pada MGMP Kabupaten Madiun. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2 SE-Articles), 214–221. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3593

Fitria, V., Afriyenti, M., Arza, F. I., & Angelina, M. (2019). Akuntansi Lembaga / Instansi Sumatera Barat. 15–20.

Husein, M. T. (2019). Link and match pendidikan sekolah kejuruan. Journal of Islamic Economics and Bank, 15(2), 39–62. https://doi.org/9 772580 59418

Indonesia, R. (2010). Standar Akuntansi Pemerintahan. Peraturan Pemerintah, (71).

Jan Hoesada. (2016). Bunga Rampai Akuntansi Pemerintahan. In Salemba Empat.

Languju, G. V., Jantje, T., & Rudi, P. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Dan Prosedur Pengeluaran Kas Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1044–1052.

Nordiawan, D., Putra, I. S., & Rahmawati, M. (2008). Akuntansi Pemerintahan.

Pasi, N., Kadir, A., Hukum, F., & Area, U. M. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah Keuangan Berbasis Akrual pada Pemerintah Kebupaten Dairi Implementation of Regional Management Information System Accrual Based to Dairi District Government Sistem Informasi Manajem. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 7(13), 49–63.

Perwita, D. (2017). Upaya Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metrro, 5(2), 9–14.

Sofiarani, N., & Susilo, A. Z. (2019). the Effect of Microteaching and Guided Field Practice (Plt) on Readiness To Become Professional Teacher of the Accounting Education Student State University of Yogyakarta Class of 2015. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 38–45. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28692

Sugiri, D. (2019). Perlakuan atas Tidak Perpenuhinya Nilai Minimal Kapitalisasi Aset: Studi Kasus pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Vol. 3(No. 2), 25–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31092/jmkp.v3i2.525

Wardani, Q., & Listiadi, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga / Instansi Pemerintah Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Volume 8 N(2018), 473–481.

Yusuf, A. R., & Mukhadis, A. (2018). Model Pengembangan Profesionalitas Guru Sesuai Tuntutan Revitalisasi Pendidikan Vokasi Di Indonesia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i2.1613

Downloads

Published

2021-01-11

Issue

Section

Articles